Presiden Jokowi Dipastikan Nonton MotoGP Mandalika pada Hari Minggu

Prabowo dan Gibran belum dipastikan hadir menonton MotoGP

Mataram, IDN Times - Presiden Joko Widodo alias Jokowi dipastikan datang menonton balapan MotoGP Mandalika, Minggu (29/9/2024) besok. Sedangkan kedatangan Presiden Terpilih dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka belum ada kepastian untuk datang menyaksikan MotoGP Mandalika 2024.

"Yang jelas pasti datang adalah pak presiden. Konfirmasi terakhir dari Paspampres yang akan hadir juga Bapak Panglima TNI, Bapak Kapolri, dan beberapa menteri yang dilist akan hadir. Sedangkan kalau presiden terpilih atau wakil presiden terpilih kita belum dapat informasi," kata Direktur Pamobvit Polda NTB Kombes Pol. Suprayitno di Media Center Indonesia MotoGP Mandalika, Sabtu (28/9/2024).

1. Fokus pengamanan Presiden

Presiden Jokowi Dipastikan Nonton MotoGP Mandalika pada Hari MingguSituasi di belakang paddock tempat Presiden Jokowi jika menonton MotoGP di Mandalika. (IDN Times/Linggauni)

Suprayitno menjelaskan aparat keamanan fokus untuk mengamankan kedatangan Presiden Jokowi pada Minggu (29/9/2024) besok. Aparat kepolisian telah merencanakan sterilisasi jalur yang akan dilalui Presiden Jokowi bersama rombongan.

"Jalur depan sirkuit kita mau bikin contraflow. Supaya nanti menghindari penumpukan atau kemacetan apabila pejabat VVIP melewati rute yang sudah ditentukan. Karena kedatangan penonton yang menyaksikan MotoGP, makanya kita bikin sterilisasi jalur," jelasnya.

Baca Juga: Menparekraf Pastikan MotoGP Mandalika Berlanjut hingga 2027

2. Belum ada agenda Jokowi selain nonton MotoGP

Presiden Jokowi Dipastikan Nonton MotoGP Mandalika pada Hari MingguSesi latihan bebas ketiga MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Sabtu (28/9/2024) (IDN Times / Linggauni)

Suprayitno menambahkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Paspampres terkait kedatangan Jokowi ke Lombok. Informasi yang diperoleh untuk sementara Jokowi hanya menonton MotoGP, belum ada agenda yang lain di NTB.
Dari Bandara Internasional Lombok, Jokowi langsung menuju Sirkuit Mandalika.

"Hanya presiden yang bisa masuk paddock. Sedangkan rombongan lain masuk VIP Premiere dilakukan pemeriksaan di sana," terangnya.

Suprayitno menegaskan pihaknya akan menegakkan SOP. Siapa pun yang tidak memiliki tiket maka tidak boleh masuk ke Sirkuit Mandalika. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi dalam upaya menjaga keamanan selama event MotoGP Mandalika 2024.

3. Kunjungan ke-19 Jokowi

Presiden Jokowi Dipastikan Nonton MotoGP Mandalika pada Hari MingguSesi Latihan Bebas 1 (FP1) MotoGP Mandalika, Jumat (27/9/2024) (IDN Times / Linggauni)

Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Lalu Gita Ariadi menjelaskan kedatangan Presiden Jokowi pada Minggu (29/9/2024) besok menjadi kunjungan ke-19 yang dilakukan ke NTB. Gita meminta semua persiapan berjalan dengan baik tidak hanya menyangkut aspek keamanan, tetapi juga kenyamanan serta kelancaran seluruh rangkaian acara

Gita menegaskan penyambutan Presiden harus dilakukan dengan sebaik-baiknya sebagai bentuk penghormatan dan keseriusan NTB dalam menyelenggarakan event internasional seperti MotoGP. Kehadiran presiden bentuk dukungan pemerintah pusat terhadap penyelenggaraan MotoGP di NTB.

Oleh karenanya, eks Pj Gubernur NTB ini menekankan semua persiapan, termasuk infrastruktur, transportasi, dan protokol keamanan, terkoordinasi dengan baik.

Gita menginstruksikan kepada seluruh OPD dan instansi terkait untuk bekerja sama dan memastikan semua aspek teknis telah siap sebelum kunjungan berlangsung.

Baca Juga: MGPA Gak Mau Rugi, MotoGP Mandalika Jadi Tontonan Orang Kaya?

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya