Pos Marshal Diperbanyak di Tikungan 10 Sirkuit Mandalika, Ada Apa?

140 track marshal kawal WSBK Mandalika 2023

Lombok Tengah, IDN Times - Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menerjunkan sebanyak 140 track marshal di kejuaraan dunia World Superbike (WSBK) Mandalika 2023. Dari 17 tikungan Sirkuit Mandalika, pos marshal di tikungan 10 yang paling banyak.

"Di mana titik yang sering ada accident di situ posnya banyak untuk mengevakuasi rider lebih cepat dan event ini supaya lancar. Seperti tikungan 10 ada 3 pos marshal," terang Chief Track Marshal WSBK Mandalika 2023, Alexander Wiguna, Jumat (3/3/2023).

1. Terjunkan 140 track marshal kawal WSBK Mandalika 2023

Pos Marshal Diperbanyak di Tikungan 10 Sirkuit Mandalika, Ada Apa?Marshal (motogp.com)

Alex menyebutkan jumlah track marshal yang diterjunkan pada gelaran WSBK Mandalika 2023 sebanyak 140 orang. Mereka ditempatkan pada 35 pos yang tersebar di setiap tikungan Sirkuit Mandalika.

Setiap tikungan dibangun pos marshal. Dimana, dalam satu pos terdapat 4 orang marshal. Pembangunan pos marshal di masing-masing tikungan disesuaikan desain sirkuit dan seringnya terjadi kecelakaan.

Ada yang hanya satu pos dan dua pos marshal. Namun, khusus di tikungan 10, terdapat 3 pos marshal. "Kita ada track Marshal, flight Marshal, medical, rescue. Di setiap pos ada semua. Khusus track marshal sebanyak 140 orang," sebutnya.

Baca Juga: Warga Lingkar KEK Mandalika Diberikan 2.500 Tiket Gratis Nonton WSBK  

2. Minimal harus bisa berbahasa Inggris

Pos Marshal Diperbanyak di Tikungan 10 Sirkuit Mandalika, Ada Apa?Chief Track Marshal WSBK Mandalika 2023, Alexander Wiguna. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Mantan pembalap ini menyebutkan ada sejumlah keahlian yang harus dimiliki seorang track marshal. Minimal harus bisa berbahasa Inggris. Selain itu, seorang track marshal juga harus cekatan.

"Keahliannya pertama komunikasi. Karena harus cepat, waktu singkat dan respons sangat cepat. Kerja sama tim harus sangat maksimal. Track Marshal juga harus menguasai bahasa Inggris. Karena di situ ada Dorna dan FIM," terangnya.

3. Tidak lagi datangkan marshal dari luar negeri

Pos Marshal Diperbanyak di Tikungan 10 Sirkuit Mandalika, Ada Apa?Sejumlah Marshal Mandalika yang bertugas pada saat MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika (IG Marshal Mandalika)

Alex menambahkan MGPA tidak lagi mendatangkan track marshal dari luar negeri. Saat ini, ratusan track marshal yang bertugas di WSBK Mandalika 2023, semuanya dari dalam negeri.

Dengan pengalaman 4 kali menggelar event balap dunia, NTB sudah mandiri dari sisi tenaga marshal. Dimana, Sirkuit Mandalika telah menggelar WSBK tiga kali dan satu kali MotoGP.

"Kita sangat bangga teman-teman dari NTB dan Indonesia sudah mandiri dan membuktikan kita bisa. Semua track marshal dari dalam negeri. Ada 2 orang dari FIM Asia yang melakukan pelatihan," terangnya.
Sebagaimana diketahui, Sirkuit Mandalika memiliki panjang 4,31 km dengan lebar 15

meter. Sirkuit Mandalika memiliki 17 tikungan dengan 11 tikungan mengarah ke kanan, dan 6 tikungan mengarah ke kiri.

Sirkuit Mandalika juga memiliki dua service road, yakni service road inner yang memiliki panjang 3,8 km dan lebar 14 meter. Kemudian service road outer dengan panjang 4,32 km dan lebar 14 meter.

Baca Juga: ASN dan Pelajar NTB Diminta Nonton WSBK Mandalika 2023 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya