Pj Gubernur NTB Mutasi 76 Pejabat, Eselon II Segera Menyusul

Dapat izin gelar mutasi setelah 6 bulan jadi Pj Gubernur

Mataram, IDN Times - Penjabat Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi memutasi 76 pejabat eselon III dan IV lingkup Pemprov NTB, Senin (25/3/2024). Termasuk Direktur RSUD NTB dr. Lalu Herman Mahaputra yang dikukuhkan karena perubahan status rumah sakit menjadi tipe A.

Lalu Herman Mahaputra dikukuhkan menjadi pejabat eselon II A, dari sebelumnya eselon II B. Gita mengatakan mutasi pejabat lingkup Pemprov NTB tidak berhenti sampai di sini, tetapi akan diikuti mutasi jabat eselon II.

"Segera kita mutasi lagi, besok sudah ada usulannya lagi. Ada sejumlah jabatan eselon II sama Wakil Direktur RSUD NTB yang lowong," kata Gita.

1. Lakukan penataan birokrasi

Pj Gubernur NTB Mutasi 76 Pejabat, Eselon II Segera MenyusulPj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sebagai Pj Gubernur NTB, Gita mengatakan akan melakukan penataan birokrasi lingkup Pemprov NTB. Pejabat eselon III dan IV yang ada saat ini berpotensi mengisi jabatan eselon II yang lowong. Namun, nantinya akan dilakukan seleksi terbuka.

"Kita terus akan dilakukan penataan birokrasi. Karena pilar untuk akselerasi pembangunan dan pemerintahan itu kan birokrasi. Ndak boleh birokrasi timpang, ada yang tidak terisi, segera kita lakukan pengisian," ujar Gita.

Untuk itu, setelah mutasi 76 pejabat lingkung Pemprov NTB ini akan segera diajukan usulan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Gita mengungkapkan mutasi pejabat membutuhkan proses yang panjang. Karena Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan melihat secara detil masa jabatan pejabat yang akan dimutasi.

Baca Juga: Tak Ada Anggaran untuk MXGP 2024, Pemprov NTB akan Dukung dengan Doa

2. Mutasi pertama setelah enam bulan menjabat Pj Gubernur NTB

Pj Gubernur NTB Mutasi 76 Pejabat, Eselon II Segera MenyusulPj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi menyalami pejabat yang dimutasi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Gita menjelaskan mutasi yang dilakukan ini merupakan kali pertama sejak menjabat Pj Gubernur NTB. Gita dilantik menjadi Pj Gubernur NTB oleh Mendagri Tito Karnavian pada 19 September 2023.

"Apa yang terjadi hari ini sebuah rangkaian proses yang panjang. Pada 20 Maret kemarin, saya mengikuti proses evaluasi kedua di Kemendagri. Artinya mutasi ini setelah 6 bulan saya menjadi Pj Gubernur," ungkapnya.

Tertundanya mutasi pejabat karena adanya momentum Pemilu 2024. Setelah pemilu usai, maka keluar izin melakukan mutasi pejabat dari Mendagri.

"Sejak pelantikan 19 September 2023, sesungguhnya mutasi dilarang bagi penjabat kepala daerah. Tetapi fakta lapangan karena ada kekosongan jabatan karena ada pejabat yang pensiun. Larangan itu gugur kecuali meminta izin kepada Mendagri," tuturnya.

3. Jabatan eselon II yang lowong

Pj Gubernur NTB Mutasi 76 Pejabat, Eselon II Segera MenyusulMutasi pejabat Pemprov NTB. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Saat ini ada sejumlah jabatan eselon II lingkup Pemprov NTB yang lowong. Antara lain, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip, Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah, Empat Wakil Direktur RSUD NTB.

Selain itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Kepala BPKAD NTB juga akan lowong karena akan memasuki masa pensiun. Untuk itu, pejabat eselon II yang memasuki pensiun pada Mei 2024, jabatannya akan dilakukan seleksi terbuka.

"Kenapa proses mutasi ini panjang, itu terjadi karena saya mengikuti proses itu. Saya pastikan tidak ada satu proses itu terlewatkan," terangnya.

Baca Juga: Dishub NTB Prediksi Jumlah Pemudik Mencapai 3 Juta Orang

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya