Pj Gubernur NTB: MotoGP Mandalika 2024 Ditargetkan 80 Ribu Penonton

Tiket termurah Rp700 ribu dan termahal Rp20 juta

Mataram, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi menyebutkan MotoGP Mandalika 2024 ditargetkan sebanyak 80 ribu Penonton. MotoGP Mandalika 2024 akan digelar pada 27 - 29 September 2024.

Pada Sabtu, 24 Februari 2024, akhir pekan kemarin, Gita menghadiri launching tiket MotoGP Mandalika 2024 di Jakarta. Dengan launching harga tiket MotoGP lebih awal, para penggemar MotoGP di Indonesia diharapkan dapat mengatur jadwal untuk datang menyaksikan aksi para pembalap MotoGP di Pertamina Mandalika Street Circuit.

"Kalau tidak salah 80.000 penonton targetnya," sebut Gita dikonfirmasi di Kantor Gubernur NTB, Senin (26/2/2024).

1. Tiket pesawat dan tarif kamar hotel jadi atensi

Pj Gubernur NTB: MotoGP Mandalika 2024 Ditargetkan 80 Ribu PenontonHotel Pullman Mandalika. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Gita mengatakan mulai dari sekarang para penggemar MotoGP bisa mengatur jadwal untuk menyaksikan aksi para pembalap dunia secara langsung di Sirkuit Mandalika.

Dua hal yang menjadi atensi pemerintah daerah dalam penyelenggaraan MotoGP 2024 adalah persoalan harga tiket pesawat yang mahal dan tarif kamar hotel yang tak terkendali pada saat event.

Terkait tarif kamar hotel, Gita meminta pelaku usaha perhotelan supaya jangan melakukan tindakan yang kontraproduktif.

"Menaikkan harga yang tidak terkendali dari ketentuan yang sudah ada. Mereka kan juga merasakan dampak kalau mempermainkan harga," kata mantan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB ini.

Apa yang terjadi pada tahun sebelumnya harus menjadi pembelajaran. Karena hal-hal yang bersifat spekulatif akan mendatangkan kerugian. Wisatawan atau penonton tidak mau datang kembali karena tarif kamar hotel yang tak terkendali.

Baca Juga: Astindo NTB Jual Paket Nonton MotoGP Mandalika 2024 Mulai Rp4 Juta

2. Integrasikan event MICE dengan MotoGP

Pj Gubernur NTB: MotoGP Mandalika 2024 Ditargetkan 80 Ribu PenontonSirkuit Mandalika. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Gita menambahkan pihaknya juga akan mengintegrasikan event MICE dengan gelaran MotoGP Mandalika 2024. Menjelang gelaran MotoGP Mandalika, ada event MICE skala nasional yang digelar di NTB.

"Jadi pada saat terselenggaranya event MICE seperti rakornas, sambil mengikuti peserta dapat bonus menonton. Kami mengarahkan teman-teman OPD menyelenggaran event MICE. Sehingga ada surprise, mereka antusias datang ke NTB," ujar Gita.

Ia meminta pelaku wisata supaya memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan yang datang ke NTB, baik pelaku perhotelan, transportasi dan lainnya. Pemda akan mencari cara jitu untuk mendatangkan wisatawan atau tamu di tengah masih mahalnya harga tiket pesawat ke Lombok.

3. Harga tiket MotoGP Mandalika 2024 paling murah Rp700 ribu

Pj Gubernur NTB: MotoGP Mandalika 2024 Ditargetkan 80 Ribu PenontonInstagram

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) merilis harga tiket MotoGP seri Indonesia dan Asia Road Racing Championship (ARRC) 2024. Penjualan dengan sistem pre-booking dibuka mulai 24 Februari hingga awal Maret 2024.

Dengan pembelian tiket pre-booking, penonton dapat menikmati keuntungan seperti kemudahan mengatur jadwal serta mempersiapkan kebutuhan transportasi dan akomodasi selama menonton balapan.

Direktur Utama MGPA Priandhi Satria menyebut ada empat kategori tiket MotoGP Mandalika 2024, yaitu VIP Class (Premier, Deluxe), Premium Grandstand (Zone A, B, J, K), Regular Grandstand (Zone C, D, E, F, G, H, I), dan Festival/General Admission.

Harga tiket untuk masing-masing kategori yaitu Tiket Festival (Sabtu - Minggu) dengan harga Rp 700.000, Regular Grandstand Zone E, F, G (Sabtu - Minggu) Rp 800.000, dan Regular Grandstand Zone C, D, H, I (Sabtu - Minggu) Rp 1.000.000.

Kemudian, Premium Grandstand Zone J, K (Sabtu - Minggu) Rp 2.000.000, Premium Grandstand Zone B (Sabtu - Minggu) Rp 2.300.000, Premium Grandstand Zone B (Sabtu - Minggu) Rp 2.500.000, VIP Deluxe Class (Jumat - Minggu) Rp 15.000.000, dan VIP Premiere Class (Jumat - Minggu) Rp 20.000.000.

Baca Juga: Innalillahi, Empat Petugas Pemilu di NTB Meninggal Dunia

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya