Pertamina: Tak Ada Kerusakan Fasilitas BBM dan LPG Akibat Gempa Dompu

Pasokan BBM dan LPG dipastikan berjalan normal

Mataram, IDN Times - PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus memastikan tidak ada fasilitas BBM dan LPG yang mengalami kerusakan akibat gempa magnitudo 5,2 di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (7/4/2024) pukul 22.57 WITA.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Ahad Rahedi memastikan sarana dan fasilitas (sarfas) di Integrated Terminal BBM, SPBU, SPBE, Agen LPG maupun Pertashop dalam keadaan aman dan tidak mengalami kerusakan. Pasokan BBM dan LPG dilaporkan dalam keadaan normal.

"Seluruh lembaga penyalur baik BBM maupun LPG di Pulau Sumbawa, khususnya Kabupaten Dompu masih beroperasi normal," kata Ahad di Mataram, Senin (8/4/2024).

1. Cek seluruh sarana dan fasilitas di Dompu

Pertamina: Tak Ada Kerusakan Fasilitas BBM dan LPG Akibat Gempa DompuArea Manager Communication Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Ahad Rahedi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ahad mengungkapkan pihaknya sudah melakukan pengecekan terhadap seluruh sarana dan fasilitas di wilayah kabupaten Dompu. Mulai dari Integrated Terminal BBM Bima, Depot LPG dan seluruh front liner SPBU dan Pertashop serta Agen yang melayani masyarakat dalam keadaan aman.

Di NTB sendiri terdapat beberapa sarana fasilitas Pertamina Patra Niaga antara lain 3 Terminal BBM, 2 Terminal LPG, lebih dari 88 SPBU, 13 SPBE dan 88 Agen LPG. Pascagempa Dompu, Pertamina langsung melaksanakan pemeriksaan untuk stok, pulau pompa, area tangki timbun dan sarfas pendukung lainnya di SPBU dan SPBE Pertamina.

“Seluruh SPBU, SPBE dan Pertashop terpantau aman, tidak ada gangguan pasokan BBM dan LPG semuanya tetap berjalan normal," tambah Ahad.

Baca Juga: Sukses Pesona Khazanah Ramadan, Perputaran Rp3 Miliar di IC NTB

2. Siaga layani kebutuhan BBM dan LPG

Pertamina: Tak Ada Kerusakan Fasilitas BBM dan LPG Akibat Gempa DompuDepot LPG. (dok. Pertamina)

Pertamina Patra Niaga regional Jatimbalinus hingga saat ini masih terus bekoordinasi dengan BMKG NTB dan pemerintah setempat untuk mengantisipasi potensi gempa susulan.

Terpisah, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Petrus Ginting menyampaikan pascagempa di kabupaten Dompu yang terjadi di masa mudik lebaran ini, secara nasional Pertamina Patra Niaga tetap dalam kondisi siaga melayani kebutuhan BBM dan LPG untuk pemudik, termasuk di wilayah NTB.

”Sebanyak 115 terminal BBM, 71 DPPU (Depot Pengisian Pesawat udara) dan 30 terminal LPG terus beroperasi menyediakan kebutuhan BBM dan LPG bagi masyarakat,” sebut Irto.

3. Pertamina siagakan IEDCC selama 24 jam

Pertamina: Tak Ada Kerusakan Fasilitas BBM dan LPG Akibat Gempa DompuSPBU di Kabupaten Dompu pascagempa magnitudo 5,2. (dok. Pertamina)

Untuk memberikan keamanan pasokan energi bagi masyarakat di masa Ramadan dan Idul Fitri, kata Irto, Pertamina menyiagakan Integrated Enterprise Data & Command Center (IEDCC) selama 24 jam. IEDCC merupakan pusat informasi penyaluran energi mulai dari Upstream, Kilang, Perkapalan, Terminal BBM hingga ke SPBU.

"Melalui Command Center akan terkoneksi dengan CCTV di 88 SPBU NTB untuk memantau layanan BBM dan stok BBM di SPBU secara real time," terangnya.

Baca Juga: Emje Apparel Jersey Lokal NTB yang Tembus Pasar Internasional  

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya