Pertamina Pastikan Stok BBM di NTB Aman selama Ramadan

Konsumsi BBM dan LPG diprediksi meningkat

Mataram, IDN Times - PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus memastikan stok bahan bakar minyak (BBM) dan LPG di Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam kondisi aman selama Ramadan dan Idulfitri 1445 Hijriah. Pertamina melakukan monitoring berkala terkait ketersediaan stok di agen dan pangkalan resmi.

Area Manager Communication, Relation and CSR Pertamina Patra Niaga Region Jatimbalinus, Ahad Rahedi menjamin pasokan BBM dan LPG aman di setiap Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan pangkalan resmi di NTB selama bulan Ramadan hingga usai Idulfitri.

"Distribusi ke seluruh SPBU di NTB selama bulan ramadan ini terpantau normal dan lancar," ungkap Ahad, Kamis (21/3/2024).

1. Konsumsi BBM dan LPG diprediksi meningkat

Pertamina Pastikan Stok BBM di NTB Aman selama RamadanArea Manager Communication Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Ahad Rahedi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Konsumsi BBM dan LPG di NTB diprediksi mengalami peningkatan selama Ramadan tahun 2024. Peningkatan tersebut disebabkan bertambahnya konsumsi masyarakat terutama LPG, baik itu subsidi maupun nonsubsidi dibandingkan konsumsi normal harian.

Proyeksi Konsumsi BBM untuk masa Ramadan Idul Fitri (RAFI) untuk Gasoline seperti Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Turbo meningkat 5,9 persen terhadap konsumsi normal harian. Sebelum Ramadan, yaitu Januari 2024, konsumsi BBM sebanyak 1.478 KL per hari. Sedangkan LPG terdapat kenaikan sebesar 8 persen dari konsumsi normal harian sebesar 443 metrik ton per hari.

Untuk memastikan pemenuhan kebutuhan atas proyeksi peningkatan konsumsi tersebut, Pertamina memastikan keandalan operasional di Terminal BBM dan LPG, mobil tangki untuk pendistribusian hingga SPBU dan SPBE.

“Atas dasar proyeksi kenaikan konsumsi tersebut kami mempertebal stok tiap harinya tergantung prediksi lonjakan konsumsi harian,” terang Ahad.

Baca Juga: NTB Catat 723 Anak Dapat Dispensasi Nikah Sepanjang 2023

2. Konsumsi gasoil diprediksi turun

Pertamina Pastikan Stok BBM di NTB Aman selama RamadanBuild Up Stock BBM oleh Pertamina Patra Niaga ke Kepulauan Karimunjawa, Jepara. (Dok. Pertamina Patra Niaga RJBT)

Meskipun konsumsi BBM dan LPG terdapat kenaikan, namun untuk konsumsi Gasoil seperti Bio Solar, Dexlite dan Pertamina Dex diprediksi akan turun sebesar 9 persen terhadap konsumsi normal harian bulan Januari 2024 sebesar 457 KL per hari.

Ahad menjelaskan penurunan konsumsi gasoil dikarenakan adanya larangan melintas untuk truk logistik dan berhentinya aktivitas industri jelang dan pascalebaran.

Sedangkan konsumsi avtur diprediksi akan naik 20 persen terhadap konsumsi normal harian 65 KL per hari. Ahad menyebut stok LPG per 20 Maret 2024 sebesar 2.870 metrik ton atau hampir 8 kali lipat konsumsi normal harian.

Untuk BBM Gasoline mencapai 12.125 KL atau 6 kali lipat konsumsi normal harian. Sedangkan Gasoil sebesar 12.836 KL atau hampir 7 kali lipat konsumsi normal harian dan untuk Avtur 1.673 KL atau 25 kali lipat konsumsi normal harian.

Selama periode Ramadan dan Idulfitri, Pertamina melakukan penguatan stok BBM dan LPG dengan menyiagakan layanan SPBU kantong yang berada di 4 titik. Yaitu SPBU 5483311 Gerung Lombok Barat, SPBU 5583307 Rintam Lombok Barat, SPBU 5483508 Bandara Lombok di Lombok Tengah dan SPBU 5383612 Bagikpapan Lombok Timur.

3. Layanan motoris pengantar BBM pada kondisi emergency

Pertamina Pastikan Stok BBM di NTB Aman selama RamadanSidak pasokan LPG 3 Kg di Pulau Sumbawa. (dok. Pertamina)

Ahad menambahkan, Pertamina juga penyediakan 4 titik layanan motoris pengantar BBM melalui Pertamina Delivery Service (PDS) untuk konsumen yang membutuhkan pengantaran BBM pada kondisi emergency yang dapat diakses melalui panggilan ke nomor 135.

Di mana, pengendara dapat menyebutkan wilayahnya, dan motoris terdekat akan segera mendatangi konsumen tersebut. Untuk layanan Motoris di NTB terdapat di SPBU 5483304 Meninting Senggigi Lombok Barat, SPBU ⁠5483202 Kekalik Kota Mataram, SPBU 5483508 Bandara Lombok dan SPBU ⁠5484301 KM4 Sumbawa.

Ahad mengatakan Pertamina bersinergi dengan instansi terkait, pemerintah daerah serta aparat penegak hukum dalam rangka melakukan pengawasan dan penertiban kepada masyarakat.

Serta pengamanan penyaluran di masa Ramadan dan Idulfitri di wilayah NTB agar penyaluran BBM dan LPG khususnya produk subsidi dapat berjalan lancar dan dinikmati oleh masyarakat yang berhak.

Masyarakat diimbau agar bijak dalam menggunakan BBM dan LPG bersubsidi sesuai dengan kebutuhan dan peruntukan.

Baca Juga: Pilgub NTB 2024, Deklarasi Pasangan Zul- Rohmi Jilid II Usai Lebaran

Topik:

  • Linggauni
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya