Pertamina Jamin Pasokan BBM dan Avtur selama Event MotoGP di Lombok

Permintaan avtur diproyeksi meningkat 190 persen

Mataram, IDN Times - Jelang perhelatan MotoGP Mandalika atau IndonesianGP 2023, Pertamina menjamin pasokan BBM dan avtur mendukung kelancaran pelaksanaan event kelas dunia tersebut. MotoGP 2023 akan kembali digelar di Sirkuit Mandalika pada 13 - 15 Oktober.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus) Dwi Puja Ariestya mengatakan pihaknya menjamin pasokan kebutuhan energi selama sepekan menuju gelaran acara Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023.

“Kami menjamin kesiapan stok BBM dan juga Avtur untuk kebutuhan masyarakat yang akan turut serta menonton turnamen motor kelas dunia tersebut,” kata Ari dalam keterangannya, Selasa (10/10/2023).

1. Permintaan avtur meningkat

Pertamina Jamin Pasokan BBM dan Avtur selama Event MotoGP di Lombok(Ilustrasi maskapai penerbangan) ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Saat ini, kebutuhan energi di Provinsi NTB ditopang tiga Supply Point utama, yakni Integrated Terminal (BBM & LPG) Ampenan di Pulau Lombok, Terminal BBM Bima dan Badas di Sumbawa, serta 2 Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) yaitu DPPU BIL dan Salahudin.

“Untuk kebutuhan BBM di Lombok akan disuplai dari TBBM Ampenan dengan total kapasitas terminalnya sebesar 40.034 kiloliter (kl) untuk semua produk dan kebutuhan avtur disuplai melalui DPPU BIL dengan total kapasitas sebesar 1.261 kl,” sebut Ari.

Ari mengatakan terdapat tambahan penerbangan, baik pesawat kargo maupun penumpang di Bandara Internasional Lombok (BIL). Sehingga Pertamina akan memastikan suplai avtur pesawat terbang tercukupi dengan mempersiapkan upgrading stok untuk mengantisipasi kenaikan konsumsi avtur selama perhelatan lomba balap motor tersebut berlangsung.

Selama 7 hari, yaitu pada 12 - 18 Oktober 2023, permintaan avtur diproyeksi akan mengalami kenaikan lebih dari 190 persen atau sebesar 198 kl dari normal harian 68 kl.

“Fokus kami untuk memenuhi suplai energi, terutama avtur, agar kebutuhan avtur pesawat terbang di BIL bisa terpenuhi,” ucap Ari.

Baca Juga: Jadwal Kapal Rute Banyuwangi - Lombok pada 10 - 11 Oktober 2023

2. Permintaan BBM di SPBU diproyeksi meningkat 43 persen

Pertamina Jamin Pasokan BBM dan Avtur selama Event MotoGP di LombokPengisian BBM di SPBU. (dok. Pertamina)

Sementara itu, untuk BBM, Pertamina akan melakukan build up stok BBM mencapai 60 persen lebih di SPBU. Hal ini disebabkan karena terdapat proyeksi peningkatan sales sebesar 43 persen atau sebesar 2.747 kl dari rata-rata normal harian sebesar 2.214 kl.

Hal tersebut dilakukan karena jumlah kendaraan roda 2 maupun roda 4 atau lebih pada saat perhelatan MotoGP Mandalika dirediksi akan meningkat. Oleh karena itu, Terminal BBM Ampenan akan menambah transportir dan jam layanan operasional ditambah 4 jam lebih awal.

Selain itu, Pertamina juga menyiapkan beberapa layanan tambahan, di antaranya layanan 24 jam untuk SPBU jalur wisata saat gelaran MotoGP 2023 dan satu modular khusus pertamax turbo untuk konsumsi BBM operasional race termasuk safety car.

“Masyarakat diimbau membayar menggunakan nontunai untuk mempercepat antrean pengisian BBM. Saat ini di Lombok terdapat jalur khusus pembayaran nontunai MyPertamina Line untuk mempercepat pelayanan dan memangkas antrean,” ucap Ari.

3. Pelanggan Pertamax Turbo dan Pertamax Dex dapat merchandise MotoGP

Pertamina Jamin Pasokan BBM dan Avtur selama Event MotoGP di Lombokpengisian bahan bakar minyak jenis Pertamax dan Pertamax Turbo di SPBU . IDNTimes/Holy Kartika

Untuk mendukung kemeriahan event MotoGP di Mandalika, Pertamina akan memberikan merchandise exclusive MotoGP dalam Program GP Experience kepada para pelanggan setia Pertamax Turbo dan Pertamina Dex yang berlangsung dari 10 sampai 15 Oktober 2023.

Pertamina juga ikut mendukung pertumbuhan ekonomi di kawasan Mandalika dan sekitarnya melalui bazar UMKM yang diadakan pada saat perhelatan balap motor tersebut.

"Sebanyak 40 pelaku UMKM yang berasal dari masyarakat sekitar pulau Lombok turut berpartisipasi dalam bazar UMKM Pertamina Grand Prix of Indonesia di Mandalika. Harapannya event ini memberikan kemaslahatan bagi masyarakat Lombok," sebut Ari.

Baca Juga: Jadwal dan Tiket Kapal Rute Bali - Lombok pada Selasa 10 Oktober 2023

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya