Peringatan BMKG: Waspada Angin Kencang Melanda NTB 5 Hari Kedepan

Sejumlah warga tertimpa pohon tumbang di Lombok

Mataram, IDN Times- BMKG Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid (ZAM) Lombok mengeluarkan peringatan dini waspada angin kencang dalam lima hari ke depan di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB). Hujan lebat disertai angin kencang berpotensi melanda wilayah NTB pada13 - 17 Maret 2024.

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi ZAM Lombok Aprilia Mustika, Rabu (13/3/2024) menjelaskan angin kencang yang melanda NTB akibat adanya bibit siklon tropis 91S dan 94S di selatan Pulau Jawa.

"Akibat adanya bibit siklon tropis tersebut wilayah NTB terkena dampak tidak langsung yaitu angin kencang, meningkatnya tinggi gelombang di perairan NTB, serta potensi terjadinya hujan sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah NTB," kata Aprilia.

1. Waspada angin kencang pada pagi hingga dini hari

Peringatan BMKG: Waspada Angin Kencang Melanda NTB 5 Hari KedepanPohon tumbang akibat angin kencang yang melanda Lombok Barat. (dok. BPBD Lombok Barat)

Aprilia menjelaskan wilayah NTB saat ini berada pada puncak musim penghujan, disertai aktifnya gelombang atmosfer di wilayah NTB menambah tingginya potensi pertumbuhan awan konvektif. Untuk itu masyarakat perlu mewaspadai terjadinya hujan lebat dan angin kencang pada pagi hingga dini hari.

"Waspadai tinggi gelombang yang mencapai di atas 2 meter di Selat Lombok bagian utara dan selatan, Samudra Hindia selatan NTB, Selat Alas bagian utara dan selatan, dan Selat Sape bagIan utara dan selatan," ujarnya mengingatkan.

Baca Juga: PON NTB-NTT 2028 Diperkirakan Menelan Anggaran Rp12,7 Triliun 

2. Warga Lombok Utara pingsan tertimpa pohon tumbang

Peringatan BMKG: Waspada Angin Kencang Melanda NTB 5 Hari KedepanIlustrasi menebang pohon (IDN Times/Istimewa).

Angin kencang yang menerjang wilayah NTB menyebabkan pohon tumbang di Lombok Utara. Seorang pengendara sepeda motor tertimpa pohon tumbang pada bagian kepala. Menyebabkan pengendara sepeda motor atas nama Rino Ismunandar Putra (25) pingsan dan dilarikan ke RSUD Tanjung Lombok Utara dalam kondisi tidak sadarkan diri.

Rino tertimpa pohon tumbang di Dusun Teluk Dalem, Desa Medana, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, pada Rabu (13/3/2024) sekitar pukul 09.25 WITA. Korban tertimpa pohon kelapa yang tumbang saat mengendarai motor Yamaha Vixion nomor polisi DR 6927 CC.

Korban tertimpa pohon tumbang saat sedang dalam perjalanan dari Kecamatan Tanjung menuju Kecamatan Pemenang. Pohon kelapa yang tumbang langsung mengenai kepala korban, yang berusaha menghindar namun tidak berhasil.

Pihak kepolisian dibantu warga setempat dengan cepat membantu korban, yang langsung dibawa ke RSUD Tanjung untuk mendapatkan penanganan medis.

Saat dibawa ke RSUD Tanjung, korban tidak sadarkan diri. Berdasarkan keterangan dokter, korban mengalami luka serius di kepala serta luka lecet di wajah dan tangan.

Kapolsek Tanjung AKP Remanto mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi bahaya pohon tumbang, terutama selama musim hujan. Kasus ini masih dalam penyelidikan lebih lanjut dan pihak kepolisian setempat telah mengambil langkah-langkah untuk menghindari kejadian serupa.

3. Tiga warga tertimpa pohon tumbang di Kota Mataram

Peringatan BMKG: Waspada Angin Kencang Melanda NTB 5 Hari KedepanPohon tumbang akibat angin kencang di Kota Mataram. (dok. Istimewa)

Sementara di Kota Mataram, tiga warga tertimpa pohon tumbang di depan SMPN 14 Mataram, Jalan Brawijaya Lingkungan Seganteng Karang Bangket, Kelurahan Cakranegara Selatan, Rabu (13/3/2024)

Kapolsek Sandubaya Polresta Mataram Kompol Imam Maladi mengatakan pada kejadian tersebut menimpa tiga orang warga dan dua unit sepeda motor. Adapun identitas korban antara lain pengendara sepeda motor Vario inisial M (46) tahun bersama istrinya inisial R (45) mengalami sakit pada pinggang dan perut.

Kemudian korban pengendara sepeda motor Beat inisial YA yang mengalami luka sobek pada kaki kanan dan luka pada bagian pipi. Ketiga korban dilarikan ke Puskesmas Cakranegara.

Baca Juga: Dapat 2,15 Juta Suara, Prabowo-Gibran Menang Telak di NTB

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya