Comscore Tracker

Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Dimulai 4 Maret 2022

PT. PP lakukan setting alat cold missing machine

Lombok Tengah, IDN Times - PT. Pembangunan Perumahan (PP) didampingi konsultan yang ditunjuk oleh PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) telah melakukan persiapan untuk pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika sejak Kamis (24/2/2022).

"(Pengaspalan ulang) dimulai 4 Maret. Pekerjaan persiapan sudah dimulai tanggal 24 Februari yang lalu," kata Managing Director The Mandalika, Bram Subiandoro dikonfirmasi IDN Times, Sabtu (26/2/2022).

1. Setting alat Cold Milling Machine dan percobaan pengelupasan permukaan lintasan

Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Dimulai 4 Maret 2022Setting alat cold missing machine (Dok.ITDC)

Sementara itu, Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria dalam keterangan yang diterima IDN Times mengatakan PT. PP, konsultan yang ditunjuk ITDC dan MGPA telah melakukan setting cold milling machine. Selain itu, pihaknya juga melakukan percobaan untuk pengelupasan permukaan lintasan dengan ketebalan tertentu pada Kamis (24/2/2022).

Setting Cold Milling Machine ini sangat diperlukan. Sehingga dalam proses pengelupasan permukaan lintasan dapat dilakukan dengan kedalaman yang telah ditentukan dan konsisten berlangsung sepanjang permukaan lintasan dari tikungan 16 hingga tikungan 5,5.

Baca Juga: TGB : Seharusnya yang Diatur Bukan Hanya Pengeras Suara di Masjid

2. Pengelupasan permukaan lintasan tunggu proses setting mesin disetujui para pihak

Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Dimulai 4 Maret 2022Seorang pedagang asongan di Bukit Pantai Seger Kuta Mandalika menjajakan barang dagangannya dengan latar belakang tikungan 10 Sirkuit Mandalika (IDN Times/Muhammad Nasir)

Priandhi mengatakan bahwa setelah proses setting Cold Milling Machine ini disetujui para pihak, maka PT. PP akan melakukan pengelupasan permukaan lintasan yang dibagi dalam beberapa section atau bagian.

Sementara itu, kata Priandhi, tim lain sedang mempersiapkan bahan baku untuk melapisi permukaan lintasan yang telah dikelupas. Dan juga akan mempersiapkan setting alat-alat berat untuk melakukan pengaspalan ulang permukaan lintasan Sirkuit Mandalika dari tikungan 16 hingga tikungan 5,5.

3. Benahi sejumlah fasilitas pendukung Sirkuit Mandalika

Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Dimulai 4 Maret 2022Pengerjaan Tribune penonton di tikungan 16 Sirkuit Mandalika (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sementara itu, usai tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika yang berlangsung 11 - 13 Februari lalu, ITDC selaku pengelola kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika tengah fokus untuk mempersiapkan fasilitas pendukung Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022. ITDC membenahi sejumlah fasilitas penting seperti race control dan bangunan-bangunan kantor untuk operasional Grand Prix agar nanti siap digunakan.

ITDC juga tengah menyiapkan tribune penonton antara lain, Hospitality Suites VIP Village, tribun Grandstand dan Royal Box. Royal Box atau kategori VIP Premiere Class merupakan kelas tertinggi untuk menonton yang akan dipersiapkan khusus untuk jajaran VIP seperti Presiden RI, Para Menteri, VIP Swasta dan Sponsor.

Di tengah Sirkuit juga sedang ada pekerjaan pembuatan Grandstand yang ditargetkan selesai pada bulan Maret minggu kedua dengan total 50 ribu tempat duduk. Tempat duduk untuk tribune yang disiapkan ini diimpor langsung dari Jepang, Perancis dan China.

Sedangkan untuk akses mobilitas, Kementerian PUPR tengah melakukan sejumlah pekerjaan beautifikasi dan pembangunan jalan ruas Kuta – Keruak. Jalan dari Simpang Sunggung menuju Sirkuit juga mendapat perbaikan dan beautifikasi karena akan menjadi jalur utama kedatangan, termasuk Pembalap, Logistik dan Penonton menuju Sirkuit.

Sampai 17 Februari 2022, progres pengerjaan Premium Grandstand yang terdiri dari 22.056 kursi sudah mencapai 72,58 persen. Sedangkan, untuk Standard Grandstand yang terdiri dari 28.578 kursi saat ini pengerjaannya sudah mencapai 70,40 persen.
Untuk pengerjaan masing-masing Grandstand sedang dikejar penyelesaiannya. Seperti proses pemasangan membran, stok material kursi dan scafolding, erection pipa canopy, pemasangan kursi, pemasangan platform, pemasangan scafolding, cek dan service membran.

Baca Juga: Beli Tiket MotoGP, Warga NTB Dapat Diskon 10 Persen

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya