Pengaruh Siklon Tropis 96S, Cuaca Ekstrem Landa NTB Jelang Lebaran

Cuaca ekstrem berpotensi landa NTB pada 5-11 April 2024

Mataram, IDN Times - BMKG Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid (ZAM) Lombok mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem menjelang lebaran pada 5 - 11 April 2024.

Kepala Stasiun Meteorologi ZAM Lombok Satria Topan Primadi, Jumat (5/4/2024) menjelaskan analisis kondisi dinamika atmosfer menunjukkan aktifnya beberapa fenomena yang mendukung pembentukan awan hujan yang cukup intensif dalam beberapa waktu ke depan di wilayah NTB.

Hasil monitoring Pusat Peringatan Dini Siklon Tropis atau Tropical Cyclone Warning Centre (TCWC) Jakarta, terdapat adanya bibit siklon tropis 96S di Samudra Hindia selatan Pulau Sumba.

Dengan pusat sirkulasinya berada pada posisi sekitar 10.8 °LS 119.3 °BT dengan kecepatan angin maksimum 15 – 20 knots atau 28 – 37 km/jam. Angin 20 knot terutama terpantau di sebelah selatan sistem dengan tekanan udara minimum 1006 hPa.

1. Potensi siklon tropis 96S dan gelombang Rosby

Pengaruh Siklon Tropis 96S, Cuaca Ekstrem Landa NTB Jelang LebaranPohon tumbang akibat cuaca ekstrem di Lombok Timur, Minggu (11/2/2024). (dok. BPBD NTB)

Satria menambahkan potensi bibit siklon tropis 96S menjadi siklon tropis dalam 24 – 48 jam ke depan berpeluang rendah menjadi siklon tropis. Sedangkan dalam 48 – 72 jam ke depan berpeluang sedang hingga tinggi menjadi siklon tropis dengan arah gerak ke arah barat daya - selatan menjauhi wilayah Indonesia.

"Kondisi atmosfer juga menunjukkan aktifnya fenomena gelombang atmosfer Ekuatorial Rossby yang mendukung pembentukan awan hujan yang cukup intensif dalam beberapa waktu ke depan di wilayah NTB," terangnya.

Baca Juga: Hidupkan Lahan Kering, Kementan Sebar 5.100 Mesin Pompa Air di NTB

2. Hujan lebat dan gelombang tinggi melanda NTB

Pengaruh Siklon Tropis 96S, Cuaca Ekstrem Landa NTB Jelang LebaranIlustrasi gelombang tinggi (Dok BNPB)

Berdasarkan kondisi tersebut, kata Satria, BMKG memperkirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang untuk periode 5 - 11 April 2024 di wilayah NTB.

Antara lain Kota Mataram, Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, Kota Bima, dan Dompu pada pagi hingga dini hari.

Selain itu, potensi gelombang tinggi di wilayah perairan NTB pada tanggal 5-10 April 2024. Kategori tinggi gelombang sedang 1,25 – 2,5 meter di Selat Lombok bagian Selatan, Selat Alas bagian Selatan, dan Selat Sape bagian Selatan. Kemudian gelombang tinggi 2,5 - 4 meter di Samudera Hindia Selatan NTB.

3. BMKG keluarkan 6 rekomendasi

Pengaruh Siklon Tropis 96S, Cuaca Ekstrem Landa NTB Jelang Lebaranilustrasi hujan di jalanan (pexels.com/Genaro Servín)

Terkait potensi cuaca ekstrem tersebut, BMKG Stasiun Meteorologi ZAM Lombok mengeluarkan 6 rekomendasi. Pertama, memastikan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola sumber daya air siap untuk mengantisipasi peningkatan curah hujan.

Kedua, melakukan penataan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak melakukan pemotongan lereng atau penebangan pohon yang tidak terkontrol serta melakukan program penghijauan secara lebih masif.

Ketiga, melakukan pemangkasan dahan dan ranting pohon yang rapuh serta menguatkan tegakan/tiang agar tidak roboh tertiup angin kencang.

Keempat, .enggencarkan sosialisasi, edukasi, dan literasi secara lebih masif untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian Pemerintah Daerah, masyarakat serta pihak terkait dalam pencegahan/pengurangan risiko bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, pohon tumbang, banjir bandang, angin kencang, puting beliung dan gelombang tinggi.

Kelima, lebih mengintensifkan koordinasi, sinergi, dan komunikasi antar pihak terkait untuk kesiapsiagaan antisipasi bencana hidrometrorologi. Keenam, terus memonitor informasi perkembangan cuaca dan peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG, secara lebih rinci dan detail untuk tiap kecamatan di seluruh wilayah NTB.

4. Otoritas pelabuhan diminta perhatikan perubahan cuaca

Pengaruh Siklon Tropis 96S, Cuaca Ekstrem Landa NTB Jelang LebaranPj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Terpisah, Penjabat Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi mengingatkan otoritas pelabuhan untuk selalu memperhatikan kondisi cuaca selama arus mudik lebaran 2024.

Otoritas pelabuhan diminta terus berkoordinasi dengan BMKG terkait perubahan kondisi cuaca sehingga dapat dipastikan keselamatan penumpang kapal penyeberangan selama arus mudik lebaran 2024.

Gita berpesan agar keselamatan agar keselamatan perjalanan menjadi yang utama. "Setiap penumpang menjaga keselamatan diri dan pihak otoritas selalu memperhatikan cuaca dan berkoordinasi dengan BMKG," pintanya.

Baca Juga: 1.000 Ton Beras Impor Bakal Masuk Sumbawa, Johan: Mencekik Petani

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya