Pencarian WNA Rusia yang Hilang di Gunung Rinjani Masih Nihil

Tim SAR lakukan pencarian dari udara menggunakan drone

Mataram, IDN Times - Pencarian warga negara asing (WNA) asal Rusia bernama Mordovina Alexandra (44) yang diduga hilang saat mendaki Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) masih nihil.

Tim SAR gabungan telah melakukan pencarian terhadap korban sejak Jumat (13/9/2024), namun hingga Minggu (15/9/2024), pencarian terhadap korban belum membuahkan hasil.

"Sejak hari Jumat (13/9) kami lakukan penyisiran di jalur pendakian Senaru Lombok Utara," kata Kepala Kantor SAR Mataram Lalu Wahyu Efendi.

1. Korban tidak berada di penginapannya sejak 30 Agustus 2024

Pencarian WNA Rusia yang Hilang di Gunung Rinjani Masih NihilTim gabungan diterjunkan mencari WNA Rusia yang hilang saat melakukan pendakian ke Gunung Rinjani Lombok, NTB. (dok. Istimewa)

Wahyu menjelaskan Kantor SAR Mataram mengerahkan personel untuk melakukan pencarian terhadap WNA Rusia yang diduga hilang saat mendaki Gunung Rinjani. Dikatakan, korban sudah tidak berada di penginapannya di Senaru Lombok Utara sejak 30 Agustus 2024.

"Hingga saat ini, pencarian masih diupayakan secara maksimal bersama dengan BTNGR, TNI, Polri, porter, rekan korban, dan pihak terkait lainnya," jelas Wahyu.

Baca Juga: 4 Marshal dari NTB Dikirim Bertugas di Kejuaraan ARRC Sepang Malaysia

2. Pencarian juga menggunakan drone

Pencarian WNA Rusia yang Hilang di Gunung Rinjani Masih Nihililustrasi drone (pexels.com/Inmortal Producciones)

Selain menyisir jalur pendakian Senaru, Tim SAR gabungan juga melakukan pencarian dari udara dengan menggunakan drone thermal. Wahyu menyebut ada dua titik yang dilakukan pemantauan melalui udara, yaitu sekitaran Puncak Sangkareang dan Lembah Santong, Gunung Rinjani.

"Setelah dilakukan pengecekan di beberapa lokasi yang dicurigai, belum ditemukan tanda-tanda keberadaan korban," tandasnya.

3. Kronologi hilangnya WNA Rusia

Pencarian WNA Rusia yang Hilang di Gunung Rinjani Masih Nihililustrasi jalur pendakian gunung rinjani (unsplash.com/heyeugene)

Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) mengerahkan guide dan porter untuk mencari WNA Rusia yang hilang di Gunung Rinjani. Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Balai TNGR Dwi Pangestu mengatakan telah dikerahkan tim gabungan untuk mencari korban.

Tim gabungan tersebut terdiri berbagai unsur termasuk tiga WNA Rusia bernama Luchsehev Ilya, Denis Kostenko dan Burdeev Igor serta satu orang WNA Ukraina bernama Anna didampingi seorang guide dan empat orang porter.

Dwi mengungkapkan korban tidak terdata dalam aplikasi e-Rinjani melakukan pendakian ke Gunung Rinjani. Berdasarkan informasi awal yang diterima Balai TNGR, korban hilang di penginapannya di Senaru Lombok Utara. Korban datang sendirian menggunakan sepeda motor dan menginap di salah satu penginapan di Senaru Lombok Utara.

Korban tidak melakukan konfirmasi kepada pemilik penginapan bahwa dia akan mendaki Gunung Rinjani.

"Tapi pas jam 11 siang, kamarnya kosong, barang-barangnya sudah tidak ada," jelas Dwi.

Kuat dugaan korban melakukan pendakian ke Gunung Rinjani. Karena lokasi penginapan korban dekat jalur pendakian Senaru.

"Makanya kita perluas pencarian di Desa Senaru dan jalur terdekat Senaru. Jadi kita cari di titik-titik rawan, terus kita gali informasi," ucap Dwi.

Dwi menjelaskan aturan mendaki Gunung Rinjani bagi wisatawan asing. Mereka harus terdata di aplikasi e-Rinjani. Kemudian wajib menggunakan treking organizer, guide dan porter.

"Ini di data aplikasi e-Rinjani tidak ada. Tapi kita juga sudah ada tim yang mencari jalur terdekat Senaru. Kita cek jalur yang rawan seperti Pelawangan Senaru," tuturnya.

Baca Juga: Dikbud NTB Ajak Ribuan Guru dan Pelajar untuk Nonton MotoGP Mandalika

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya