Pemprov Sayangkan Paskibraka Asal NTB Sempat Dilarang Pakai Jilbab

Amna Kayla asal NTB jadi Paskibraka Nasional 2024

Mataram, IDN Times - Pemprov Nusa Tenggara Barat (NTB) menyayangkan larangan berjilbab kepada paskibraka putri. Pada saat pengukuhan paskibraka nasional 2024, paskibraka putri diminta melepas jilbab.

Salah satu paskibraka putri tingkat nasional 2024 berasal dari Kabupaten Sumbawa Barat, NTB bernama Amna Kayla. Amna Kayla merupakan siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Sumbawa Barat.

"Ini menjadi pembahasan banyak pihak. Kita menyayangkan larangan pakai jilbab, ini menambah permasalahan diantara banyak permasalahan," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTB Lalu Gita Ariadi dikonfirmasi di Mataram, Kamis (15/8/2024).

1. Paskibraka NTB tetap boleh pakai jilbab pada upacara HUT RI ke-79

Pemprov Sayangkan Paskibraka Asal NTB Sempat Dilarang Pakai JilbabLP3HI gugat Presiden dan Kepala BPIP buntut larang Paskibraka pakai jilbab. (IDN Times/Larasati Rey)

Gita menegaskan paskibraka putri yang akan bertugas pada peringatan HUT RI ke-79 di Lapangan Bumi Gora, Kantor Gubernur NTB, Sabtu (17/8/2024) tetap boleh memakai jilbab. Ia meminta laporan apabila ada larangan bagi paskibraka putri memakai jilbab.

"Kalau yang di sini tetap berjalan seperti biasa. Mari maknai Bhineka Tunggal Ika sebaik-baiknya. Meskipun berbeda-beda tetap satu jua. Pakai jilbab atau tidak, merah putih tetap berkibar dengan gagah," jelas Gita.

Baca Juga: Penerimaan Pajak di NTB Tembus Rp4,99 Triliun hingga Juli 2024 

2. Amna Kayla diharapkan menjadi inspirasi generasi muda NTB

Pemprov Sayangkan Paskibraka Asal NTB Sempat Dilarang Pakai JilbabIlustrasi jilbab putih (pexels.com/Thirdman)

Amna Kayla dilepas Kepala Kanwil Kemenag NTB Zamroni Aziz pada 11 Juli 2024 lalu. Amna Kayla terpilih sebagai salah satu anggota Paskibraka Nasional, setelah melalui serangkaian seleksi ketat dan pelatihan intensif. Prestasi ini tidak hanya membanggakan bagi dirinya sendiri, tetapi juga bagi madrasah dan Kanwil Kemenag NTB.

Kepala Kanwil Kemenag NTB Zamroni Aziz memberikan dukungan penuh kepada Amna Kayla. Karena Amna bisa menjadi teladan bagi generasi muda di NTB. Sehingga diharapkan, Amna dapat menjalankan tugasnya dengan baik sebagai anggota Paskibraka Nasional dan membawa nama baik NTB di kancah nasional. Amna juga diharapkan tetap rendah hati dan belajar dengan tekun agar menjadi generasi andal di masa depan.

3. Amna Kayla akan berusaha memberikan yang terbaik

Pemprov Sayangkan Paskibraka Asal NTB Sempat Dilarang Pakai Jilbabilustrasi paskibra (unsplash.com/Mufid Majnun)

Amna Kayla berhasil menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Terpilih Tingkat Pusat 2024 berdasarkan surat Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Nomor 55/PE.00.04/06/2024 prihal Hasil Verifikasi Calon Paskibraka Tingkat Pusat Tahun 2024.

Siswi MAN 1 Sumbawa Barat ini menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah mendukung dan mendoakannya sehingga berhasil menjadi Paskibraka Nasional 2024. Pada saat pelepasan oleh Kepala Kanwil Kemenag NTB, Amna mengatakan akan berusaha memberikan yang terbaik sebagai anggota Paskibraka Nasional.

Baca Juga: Rekrutmen ASN 2024, Nasib 3.407 Honorer Tendik Pemprov NTB Tak Jelas

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya