Pemprov NTB Tegaskan Event MXGP Gak Pakai Uang Daerah

Pemprov siap beri penjelasan ke dewan

Mataram, IDN Times - Ketua Harian Persiapan MXGP Samota, dr. Lalu Herman Mahaputra menegaskan pelaksanaan event Motocross Grand Prix (MXGP) of Indonesia di Rocket Motor Circuit, Sumbawa, sama sekali tidak menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) NTB.

Pihaknya sebagai Pemda yang memberikan support dalam persiapan MXGP Samota siap dipanggil oleh Komisi IV DPRD NTB. Komisi IV DPRD NTB berencana akan memanggil Kepala Dinas PUPR NTB Ridwan Syah yang menjadi Komandan Lapangan Persiapan MXGP Samota.

1. Tidak gunakan APBD

Pemprov NTB Tegaskan Event MXGP Gak Pakai Uang Daerahilustrasi APBD (IDN Times/Aditya Pratama)

Herman Mahaputra mengatakan tahu betul bahwa event MXGP Samota sama sekali tidak menggunakan APBD NTB. Pelaksanaan event MXGP Samota dibiayai dari sponsorship dan event organizer (EO)

"Kalaupun Kadis PUPR ditunjuk sebagai Korlap MXGP Samota, wajar-wajar saja. Wong acaranya provinsi NTB. Memang salah? Kan nggak. Kecuali kita menggunakan dana APBD. Ini gak ada APBD sama sekali dan boleh dicek. Ini hanya meluruskan," kata Herman Mahaputra dikonfirmasi, Selasa (28/6/2022).

Baca Juga: Ukir Sejarah, Bandara Sumbawa Kini Bisa Didarati Pesawat Boeing 737 

2. Siap dipanggil dewan

Pemprov NTB Tegaskan Event MXGP Gak Pakai Uang DaerahPembalap MXGP menjalani sesi latihan bebas di Rocket Motor Circuit, Samota Sumbawa. Pembalap Honda Racing Team, Tim Gajser berhasil menjadi yang tercepat. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Kalaupun DPRD NTB akan memanggil OPD terkait, Direktur RSUD Provinsi NTB mengatakan pihaknya siap. Pihaknya siap memberikan penjelasan kepada dewan terkait dengan pelaksanaan MXGP Samota.

"Kalaupun teman-teman dewan memanggil saya pikir wajar. Bisa saja memanggil untuk memberikan apresiasi selamat, kan kita gak tahu. Kita tak boleh negative thinking. Kalaupun kita dipanggil sama dewan kita akan datang dan siap menjelaskan," katanya.

Pria yang menjabat Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) NTB ini menjelaskan bahwa pelaksanaan MXGP Sanota sepenuhnya dikelola oleh EO yaitu Rocket Motor Company. Pemda hanya mensupport agar event internasional itu berjalan sukses.

"Wajarlah kalau EO mencari margin di situ, gak masalah. Tapi yang penting menurut saya mari bersyukur. Awalnya semua meragukan event ini tapi bisa berjalan sukses. Ini juga sukses bukan hanya membawa nama NTB tapi Indonesia. Mari jangan saling menyalahkan," ujarnya.

3. MXGP Samota Sukses, NTB Dapat Jatah Dua Seri

Pemprov NTB Tegaskan Event MXGP Gak Pakai Uang DaerahPembalap HRC Team, Tim Gajser saat tampil di MXGP Samota, Minggu (26/6/2022). (mxgp.com)

Dokter Jack - sapaan akrab Direktur RSUD NTB ini mengatakan menyelenggarakan MXGP Samota 2022 berjalan dengan sukses. Infront Moto Racing sebagai penyelenggara MXGP akan menggelar dua seri MXGP di NTB mulai tahun depan. Seri pertama akan digelar di Sirkuit Samota dan seri kedua di Lombok.

Untuk gelaran MXGP di Lombok, ada dua lokasi yang menjadi alternatif yaitu Sirkuit Lantan Batukliang Utara Lombok Tengah dan Kawasan Mandalika, Kuta Lombok Tengah.
Sirkuit Samota telah berhasil menggelar MXGP 2022 seri ke-12. Dimana, pembalap Honda Racing Corporation (HRC) Team, Tim Gajser menjadi juaranya. Kemenangannya di Sirkuit Samota semakin mengokohkan posisi Gajser di klasemen sementara MXGP 2022 dengan torehan 535 poin.

Baca Juga: Harga Tiket Pesawat ke Lombok Naik 'Gila-gilaan' 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya