Pemprov Bantah Ada Agenda Politik pada Safari Syawal Pj Gubernur NTB

Pj Gubernur NTB gelar safari Syawal ke kabupaten/kota

Mataram, IDN Times - Safari Syawal yang dilakukan Penjabat (Pj) Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi ke kabupaten/kota pascalebaran dituding ada agenda politik. Bahkan, safari syawal ke Kabupaten Dompu dan Kota Bima, Pj Gubernur NTB diisukan akan melakukan deklarasi sebagai bakal calon gubernur, sementara statusnya masih sebagai aparatur sipil negara (ASN).

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri (Bakesbangpoldagri) NTB Ruslan Abdul Gani membantah tudingan tersebut. Ruslan menegaskan kunjungan Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi ke Dompu dan Kota Bima dalam rangka safari syawal.

"Kedatangan Pj Gubernur ini kan dalam rangka Safari Syawal, setelah sebelumnya banyak daerah yang tidak bisa dikunjungi saat Safari Ramadan," kata Ruslan, Kamis (18/4/2024).

1. Hadiri HUT Dompu hingga pantau anjloknya harga jagung

Pemprov Bantah Ada Agenda Politik pada Safari Syawal Pj Gubernur NTBPj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi mengenakan baju kuning saat menghadiri undangan DPP Partai Golkar di Jakarta, Sabtu (6/4/2024). (dok. Istimewa)

Ruslan menyebutkan sejumlah agenda kunjungan Pj Gubernur NTB ke Dompu. Antara lain, dalam rangka menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Dompu.

Selain itu, Pj Gubernur juga mau melihat bagaimana ketahanan ekonomi masyarakat. Pasalnya, terjadi anjloknya harga jagung di wilayah Kabupaten Bima dan Dompu.

"Kebetulan ini petani jagung yang dihadapkan dengan harga murah. Itu mau dilihat langsung di lapangan. Ini sebagai bentuk kepedulian kepada para petani. Sehingga tidak ada yang namanya mau deklarasi, tidak ada seperti itu," tegas Ruslan.

Baca Juga: Sosok Dokter Muda yang Hilang saat Memancing di Pantai Lancing Lombok

2. Koordinasi percepatan penurunan stunting dan pengendalian inflasi

Pemprov Bantah Ada Agenda Politik pada Safari Syawal Pj Gubernur NTBPj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi menyambangi Wali Kota Mataram Mohan Roliskana pada hari pertama masuk kerja usai libur lebaran. (IDN Times/Muhammad Nasir). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ruslan menjelaskan Presiden melalui Mendagri telah memerintahkan Pj Gubernur untuk turun ke kabupaten/kota untuk percepatan penurunan stunting, pengendalian inflasi dan menjaga daya beli masyarakat.

Hal inilah yang dikoordinasikan dengan Pemda kabupaten/kota dengan melakukan pengecekan langsung ke lapangan berkoordinasi dengan Bupati/Wali Kota.

"Begitu ada gejolak ekonomi ini khususnya pada petani, maka langsung turun lapangan. Tidak ada deklarasi atau agenda politik ke Dompu dan Kota Bima," jelas Ruslan.

3. Salah satu kandidat bakal calon Gubernur NTB

Pemprov Bantah Ada Agenda Politik pada Safari Syawal Pj Gubernur NTBPj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi mengawali safari syawal dengan mengunjungi Wali Kota Mataram Mohan Roliskana pada Selasa (16/4/2024). Berikutnya pada Rabu (17/4/2024), Gita berkunjung ke Lombok Barat dan Lombok Tengah bertemu bupati setempat.

Kemudian pada Kamis (18/4/2024), Gita berkunjung ke Kabupaten Dompu dan Kota Bima. Setelah itu, rencananya berkunjung ke Pemda Kabupaten Bima.

Saat ini, Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi menjadi salah satu kandidat bakal calon gubernur yang masuk radar Partai Golkar. Gita telah diundang DPP Partai Golkar dari unsur non kader menjadi bakal calon Gubernur NTB pada Pilgub 2024.

Namun, untuk mendapatkan tiket sebagai bakal calon gubernur pada Pilgub NTB 2024 ditentukan lewat hasil survei. Jika hasil survei bagus, maka Partai Golkar akan menetapkan menjadi bakal calon gubernur.

Gita sendiri mengaku siap mundur sebagai Pj Gubernur NTB apabila ditetapkan menjadi bakal calon gubernur pada Pilgub NTB 2024.

Baca Juga: Perahu Dihantam Ombak, Dokter Muda Hilang di Pantai Lancing Lombok

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya