Pemda NTB Buka 1.696 Lowongan CPNS, Cek Formasi dan Syaratnya!

BKD NTB perkirakan jumlah pelamar CPNS hingga 10 ribu orang

Mataram, IDN Times - Pemerintah Daerah (Pemda) di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) resmi mengumumkan seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024. Pemprov NTB dan 9 Pemda Kabupaten/Kota membuka sebanyak 1.696 lowongan CPNS untuk formasi tenaga kesehatan dan tenaga teknis.

Dari 10 Pemda Kabupaten/Kota di NTB, hanya Kabupaten Lombok Tengah yang tidak membuka seleksi CPNS 2024. Pemda Lombok Tengah hanya mendapatkan formasi untuk seleksi penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 1.665 formasi.

Dalam rekrutmen CPNS 2024, usia pelamar maksimal 35 tahun, kecuali untuk jabatan dokter spesialis dan peneliti sampai 40 tahun. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi NTB memperkirakan jumlah pelamar CPNS tahun ini mencapai 10.000 orang.

"Jadi, Lombok Tengah saja yang tidak terima CPNS tenaga kesehatan dan CPNS tenaga teknis. Mereka terima semuanya PPPK," kata Pelaksana Tugas BKD Provinsi NTB Yusron Hadi dikonfirmasi IDN Times di Mataram, Senin (19/8/2024).

1. Rincian formasi CPNS yang dibuka Pemprov NTB dan 9 Pemda Kabupaten/Kota

Pemda NTB Buka 1.696 Lowongan CPNS, Cek Formasi dan Syaratnya!ilustrasi pelaksanaan tes CPNS (setkab.go.id)

Yusron merincikan formasi CPNS yang dibuka Pemprov NTB dan 9 Pemda Kabupaten/Kota pada tahun 2024 ini. Sebanyak 1.696 formasi CPNS itu terdiri dari 465 formasi tenaga kesehatan dan 1.231 formasi tenaga teknis. Ada pun rinciannya untuk masing-masing Pemda, antara lain:

  1. Pemprov NTB sebanyak 140 formasi, terdiri dari 70 formasi tenaga kesehatan dan 70 formasi tenaga teknis
  2. Kota Mataram sebanyak 93 formasi, terdiri dari 13 formasi tenaga kesehatan dan 80 formasi tenaga teknis.
  3. Lombok Barat sebanyak 80 formasi, semuanya untuk tenaga teknis
  4. Lombok Timur sebanyak 100 formasi, terdiri dari 60 formasi tenaga kesehatan dan 40 formasi tenaga teknis.
  5. Lombok Utara sebanyak 60 formasi, terdiri dari 30 formasi tenaga kesehatan dan 30 formasi tenaga teknis
  6. Sumbawa sebanyak 275 formasi, terdiri dari 100 formasi tenaga kesehatan dan 175 formasi tenaga teknis
  7. Sumbawa Barat sebanyak 200 formasi, semuanya untuk tenaga teknis
  8. Dompu sebanyak 500 formasi, terdiri dari 100 formasi tenaga kesehatan dan 400 formasi tenaga teknis
  9. Bima sebanyak 100 formasi, terdiri dari 56 formasi tenaga kesehatan dan 44 formasi tenaga teknis
  10. Kota Bima sebanyak 148 formasi, terdiri dari 36 formasi tenaga kesehatan dan 112 formasi tenaga teknis.

Baca Juga: Pj Gubernur NTB Kumpulkan Forkopimda Selesaikan Kasus Tambang Ilegal

2. Usia pelamar CPNS maksimal 35 tahun

Pemda NTB Buka 1.696 Lowongan CPNS, Cek Formasi dan Syaratnya!Ilustrasi tes cpns (Medsos.id)

Yusron menyebutkan lima prosedur dalam pendaftaran CPNS 2024. Pertama, pelamar wajib memiliki alamat email yang aktif. Kedua, membuat akun secara daring terlebih dahulu menggunakan NIK yang terintegrasi dengan data Dukcapil.

Ketiga, pelamar yang telah memiliki akun melakukan proses pendaftaran sesuai dengan tahapan pada lamnan SSCASN Keempat, pelamar memilih jabatan dilamar sesuai dengan kualifikasi pendidikan/akademik. Kelima, pelamar mengunggah scan dokumen persyaratan.

Sedangkan persyaratan umum dalam seleksi CPNS 2024, adalah Warga Negara Indonesia. Kemudian usia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun pada saat melamar.

Namun dikecualikan bagi pelamar untuk jabatan dokter dan dokter gigi dengan kualifikasi pendidikan dokter spesialis dan dokter gigi spesialis, dokter pendidik klinis dan dosen, peneliti, dan perekayasa dengan kualifikasi pendidikan doktor dapat melamar dengan batas usia paling tinggi 40 tahun pada saat melamar.

Selain itu, pelamar CPNS tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih.

Kemudian tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, PPPK, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

Persyaratan lainnya, tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia. Selanjutnya, tiidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.

Memiliki kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan persyaratan jabatan. Selain itu, memiliki kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikasi keahlian tertentu yang masih berlaku dari lembaga profesi yang berwenang untuk jabatan yang mempersyaratkan.

Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah dan persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

3. Pendaftar diperkirakan 10 ribu orang

Pemda NTB Buka 1.696 Lowongan CPNS, Cek Formasi dan Syaratnya!Ilustrasi pelaksanaan ujian CPNS (suara.com/Iman Firmansyah)

Yusron memperkirakan jumlah pelamar CPNS Pemprov NTB tahun ini sebanyak 10 ribu orang. Karena pada seleksi sebelumnya jumlah lamar lebih dari 9.000 orang.

"Pendaftaran mulai 20 Agustus. Kita perkirakan mencapai 10 ribu pendaftar karena tidak ada penerimaan CPNS selama dua tahun terakhir," ungkapnya.

Dalam rekrutmen CPNS 2024, tambah Yusron, ada formasi yang khusus diberikan untuk penyandang disabilitas sebesar 2 persen. Selain itu, ada juga formasi untuk lulusan cumlaude sesuai kebutuhan.

"Aturan pusatnya 2 persen untuk disabilitas, kalau cumlaude sesuai kebutuhan. Kita pilih formasi yang bagus seperti tenaga kesehatan dan teknologi informasi," tandasnya.

Baca Juga: Rekrutmen ASN 2024, Nasib 3.407 Honorer Tendik Pemprov NTB Tak Jelas

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya