Pembalap MXGP Kegirangan Naik Sepeda Ontel dan Cidomo di Sumbawa  

Kru dan pembalap diarak keliling Kota Sumbawa Besar

Sumbawa, IDN Times - Sebelum berlaga di kejuaraan dunia balap motocross atau Motocross Grand Prix (MXGP) Sumbawa, Sabtu dan Minggu, 24 - 25 Juni 2023, para pembalap dan kru diarak keliling Kota Sumbawa Besar, Kabupaten Sumbawa, NTB, Jumat (23/6/2023). Para kru dan pembalap dunia itu tampak kegirangan ditambah antusiasme masyarakat Sumbawa yang mengiringi mereka.

Para pembalap dan kru naik sepeda ontel dari Kantor Bupati Sumbawa menuju Istana Dalam Loka, Sumbawa. Selain itu, ada juga kru dan pembalap naik Cidomo.
"Saya diinformasikan oleh para pembalap yang punya lisensi Infront bahwa kegiatan ini sangat spektakuler dan mereka sangat senang sekali," kata Gubernur NTB Zulkieflimansyah disela-sela acara welcoming ceremony MXGP Sumbawa, Jumat (23/6/2023) sore.

Baca Juga: Hewan Kurban Masuk Banjarmasin Dijamin Kesehatannya

1. Gubernur yakin MXGP Lombok juga tak kalah meriah

Pembalap MXGP Kegirangan Naik Sepeda Ontel dan Cidomo di Sumbawa  Para pembalap MXGP naik sepeda ontel. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Melihat antusiasme masyarakat yang menyaksikan arak-arakan para kru dan pembalap MXGP di Sumbawa, ia yakin MXGP Lombok juga tak kalah spektakuler. Meskipun Sirkuit Selaparang Kota Mataram berbeda dengan Sirkuit Samota Sumbawa, tetapi ia yakin perhelatan kejuaraan dunia balap motocross pada 1 - 2 Juli di Lombok juga akan meriah.
"Setelah ini di Lombok dengan sirkuit yang agak berbeda. Tapi saya kira keramaiannya tak akan kurang apalagi ada konser Dewa 19 ikut meramaikan. Saya kira Mataram juga akan sangat spektakuler. Saya kira di Lombok juga akan banyak penintonnya, di sini juga banyak penontonnya," terangnya.

Baca Juga: 92,48 Persen Pekerja Informal di NTB Belum Terlindungi Jaminan Sosial 

2. Diharapkan menarik minat investor

Pembalap MXGP Kegirangan Naik Sepeda Ontel dan Cidomo di Sumbawa  Kru dan pembalap MXGP Sumbawa diarak pakai Cidomo. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sementara, Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB Baiq Ika Wahyu Wardani menjelaskan kegiatan arak-arakan kru dan pembalap merupakan rangkaian acara welcoming ceremony MXGP Sumbawa 2023. Ia melihat antusiasme para kru dan pembalap serta masyarakat cukup tinggi.

"Fasilitas yang kita siapkan bagi penonton MXGP berupa hotel di Sumbawa penuh, banyak rumah warga tersewa. Mudah-mudahan tahun depan kita akan membuat rangkaian acara yang semakin menarik lagi untuk menarik wisatawan tapi juga para investor ke Sumbawa terutama kelengkapan amenitas pariwisata," ujarnya.

3. Masyarakat diberikan akses selfie dengan pembalap

Pembalap MXGP Kegirangan Naik Sepeda Ontel dan Cidomo di Sumbawa  Gubernur NTB Zulkieflimansyah ikut arak-arakan kru dan pembalap MXGP Sumbawa 2023. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB Jamaluddin Maladi menambahkan bahwa kegiatan arak-arakan kru dan pembalap MXGP tahun ini cukup meriah. Apalagi, masyarakat diberikan akses berinteraksi dengan para pembalap untuk berfoto selfie.

"Pembalap senang diajak selfie, mudah-mudahan ini berdampak positif bagi pariwisata NTB khusunya Sumbawa. Karena mereka juga membawa tim kreatif dari luar negeri," tutur Jamaluddin.

MXGP Sumbawa 2023 diikuti sebanyak 45 pembalap dari 18 negara. Terdiri dari pembalap MXGP sebanyak 23 orang dan pembalap MX2 sebanyak 25 orang. Para pembalap dan kru sudah tiba di Sumbawa sejak Kamis, 22 Juni 2023.

Dalam perhelatan MXGP Sumbawa 2023, sebanyak 5 pembalap Indonesia juga ikut berlaga di kelas MX2. Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) NTB dr. Lalu Herman Mahaputra menyebutkan 5 pembalap Indonesia yang ikut tampil dalam ajang kejuaraan dunia balap motocross tersebut. Antara lain Delvintor Alvarizi dari JM Racing Astra Honda, Nuzul Ramzidan dari Astra Honda Racing Team, Diva Ismayana (Kawasaki), Hilman Maksum dan Nakami Vidi Makarim (KTM).

Topik:

  • Linggauni
  • Silfa Humairah Utami

Berita Terkini Lainnya