Pembalap MXGP Bakal Diarak Pakai Sepeda Ontel hingga Gendang Beleq

Diikuti 50 pembalap dunia kelas MX2 dan MXGP

Mataram, IDN Times - Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menggelar parade pembalap MXGP 2024 dari Islamic Center menuju Teras Udayana. Asisten I Sekretariat Daerah Kota Mataram Lalu Martawang mengatakan pada pembalap MX2 dan MXGP akan diarak menggunakan sepeda ontel hingga gendang beleq.

Kegiatan itu dilakukan untuk memeriahkan event kejuaraan dunia balap motocross atau Motocross Grand Prix (MXGP) 2024 yang digelar dua seri di Sirkuit Selaparang, Eks Bandara Selaparang, Kota Mataram pada 28 - 30 Juni dan 5 - 7 Juli 2024.

“Nanti para pembalap akan diarak dengan sepeda ontel serta mobil antik hingga gendang beleq dari Islamic Center menuju Teras Udayana," kata Martawang usai rapat koordinasi dengan PT Samota Enduro Gemilang (SEG), Kamis (13/6/2024).

1. Forum Camat diperintahkan menyukseskan parade pembalap MXGP

Pembalap MXGP Bakal Diarak Pakai Sepeda Ontel hingga Gendang BeleqAsisten I Setda Kota Mataram Lalu Martawang. (dok. Istimewa)

Sesuai arahan Wali Kota Mataram Mohan Roliskana, kata Martawang, Forum Camat Kota Mataram telah diperintahkan untuk memastikan kelancaran dan kesuksesan acara parade pembalap MXGP tersebut. Martawang juga menegaskan kepada seluruh stakeholder terkait agar fokus dengan tugas masing-masing.

Sebelum dan sesudah event berlangsung, semua bisa terkendali dengan baik. Mulai dari penanganan sampah hingga keamanan parkir, serta rekrutmen tenaga kerja dalam event tersebut diprioritaskan untuk warga Kota Mataram. Supaya kemanfaatan dari event MXGP Lombok 2024 bisa dirasakan oleh masyarakat setempat.

“Event ini harus bisa memberikan kemanfaatan bagi masyarakat Kota Mataram secara khusus, serta masyarakat NTB secara umumnya," ujar Martawang.

Baca Juga: Bulog Diminta Serap 80 Ribu Ton Jagung di NTB, Rp5 Ribu Perkilo

2. Liburan sambil menonton MXGP

Pembalap MXGP Bakal Diarak Pakai Sepeda Ontel hingga Gendang BeleqDirektur PT Samota Enduro Gemilang Diaz Rahmah Irhani. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Direktur PT Samota Enduro Gemilang (SEG) Diaz Rahmah Irhani mengatakan event MXGP Lombok 2024 akan diramaikan sejumlah bintang tamu atau artis nasional. Sehingga wisatawan yang berkunjung ke Kota Mataram, tidak sekedar liburan. Tetapi juga dapat menonton aksi para pembalap motocross dunia.

“Dengan adanya event ini, otomatis mempromosikan pariwisata di Indonesia khususnya di pulau Lombok..Selain itu, jika ada komunitas binaan yang ada di NTB khususnya Kota Mataram, kami selalu terbuka untuk berkolaborasi demi kesuksesan event MXGP ini," kata Diaz.

3. Diikuti 50 pembalap motocross dunia

Pembalap MXGP Bakal Diarak Pakai Sepeda Ontel hingga Gendang BeleqPenonton MXGP Lombok 2023 di Sirkuit Selaparang. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Gelaran MXGP Lombok 2024, digelar dua seri di Sirkuit Selaparang Kota Mataram. Seri pertama akan digelar pada 28 - 30 Juni 2024, sedangkan seri kedua pada 5 - 7 Juli 2024.

Event MXGP Lombok 2024 terdiri dari dua kelas yang diikuti 50 pembalap dunia. Terdiri dari kelas MXGP diikuti 26 pembalap dan kelas MX2 diikuti 24 pembalap.

Baca Juga: NTB Siapkan Teknologi Modifikasi Cuaca Atasi Karhutla

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya