Pemanasan Menuju MotoGP, Mobil Mewah Bakal Balapan di Mandalika

Ada balap mobil Porsche dan BMW

Lombok Tengah, IDN Times - Menjelang MotoGP Mandalika 2024, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menggelar ajang balap mobil mewah di Pertamina Mandalika International Circuit pada 31 Agustus hingga 1 September 2024. Event bertajuk Mandiri Mandalika Festival of Speed (MFoS) 2024 ini, total ada 70 kendaraan roda empat ikut.

Pada event MFoS 2024, ada balapan utama mobil-mobil premium dari Porsche dan BMW. Selain itu, ada kelas Time Attack yang akan dibagi untuk kategori mobil Eropa dan Jepang.

"Kami ingin ajang ini menjadi Road to MotoGP 2024. Festival ini akan menjadi satu rangkaian kegiatan pemanasan ajang MotoGP Mandalika 2024," kata Direktur Operasi InJourney Tourism Development Corporation (ITDC) Wenda Ramadya Nabiel di Mandalika, Jumat (30/8/2024) petang.

1. Sirkuit Mandalika dipenuhi event selama 256 hari pada 2024

Pemanasan Menuju MotoGP, Mobil Mewah Bakal Balapan di MandalikaBalap mobil Porsche Sprint Challenge di Sirkuit Mandalika. (dok. MGPA)

Wenda mengatakan dipenuhi berbagai event pada 2024. Ia menyebut selama 256 hari di tahun 2024, berbagai kegiatan otomotif digelar di Sirkuit Mandalika termasuk MFoS 2024. Berbagai event yang digelar membuat Sirkuit Mandalika semakin inklusif.

Dalam ajang MotoGP 2024, ITDC akan membuat sesuatu yang berbeda dari tahun sebelumnya. Sirkuit Mandalika bukan hanya menyajikan event balap tetapi juga festival musik yang menampilkan band legendaris Slank dan Gigi.

Baca Juga: Profil Cagub NTB Lalu Iqbal, Orang Praya yang Jadi Diplomat Kemlu

2. Event terakhir sebelum MotoGP 2024

Pemanasan Menuju MotoGP, Mobil Mewah Bakal Balapan di MandalikaBalap mobil Porsche Sprint Challenge di Sirkuit Mandalika. (dok. MGPA)

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria mengatakan MFoS 2024 merupakan event terakhir di bulan ini sebelum perhelatan MotoGP 2024 yang akan digelar 27 - 29 September mendatang. Perhelatan MFoS 2024 juga untuk memastikan kesiapan peralatan di dalam Sirkuit Mandalika jelang MotoGP 2024.

"MFoS ini adalah event terakhir kami mempersiapkan segala persiapan kami menyongsong MotoGP 2024," jelas Priandhi.

MFoS 2024 akan digelar sebanyak empat putaran tahun ini. Event ini mengkombinasikan antara atmosfer adrenalin motorsport di sirkuit dengan entertainment bagi pengunjung. Serta turut serta membesarkan potensi ekonomi kreatif lokal dalam sebuah festival menjadi konsep utama lahirnya MFoS 2024.

Priandhi menjelaskan MFoS menyajikan berbagai kegiatan motorsport, baik ajang kompetisi balap ataupun kegiatan lainnya yang menghadirkan unsur kecepatan yang akan dipadukan dengan sebuah festival.

Antara aktivitas pelaku ekonomi kreatif, pegiat seni serta komunitas lokal di luar lintasan balap. Lahirnya MFoS diharapkan menjadi ruang bagi pecinta kecepatan untuk unjuk gigi serta memberikan hiburan bagi penonton yang datang ke sirkuit.

3. Kejuaraan balap mobil setingkat nasional

Pemanasan Menuju MotoGP, Mobil Mewah Bakal Balapan di MandalikaBalap mobil Porsche Sprint Challenge di Sirkuit Mandalika. (dok. MGPA)

Ia menjelaskan MFoS merupakan kejuaraan setingkat nasional. Pada putaran pertama ini, juga ada pembalap liar negeri yang ikut berpartisipasi seperti dari Inggris, Polandia, Belanda, dan Jerman.

Beberapa mobil mewah, mulai dari balap Porsche Sprint Challenge Indonesia, One Make Race BMW M2 hingga Time-Attack komunitas mobil JDM, komunitas mobil eropa, Radical serta mobil imut Mini Cooper dari komunitas Mini Jaksel ikut berpartisipasi.

Priandhi menyebutkan akan ada total ada 70 kendaraan yang akan mengikuti kegiatan MFoS. Selain ada balapan utama mobil-mobil premium dari Porsche dan BMW, kami juga akan membuka kelas Time Attack yang akan dibagi untuk kategori mobil Eropa dan Jepang.

Dalam MFoS 2024, ada kejuaraan setingkat nasional, balapan dengan format Sprint, sebanyak 10 unit mobil Porsche dengan nama Porsche Sprint Challenge Indonesia (PSCI) musim 2024. Kemudian Kejuaraan Klub, balapan dengan format Sprint, sebanyak 6-8 mobil balap BMW M2 yang akan hadir untuk kali pertamanya di Indonesia, dengan promotor BERG Sport.

Selanjutnya, Kejuaraan Klub, balapan dengan format Time-Attack 40 unit berbagai jenis mobil komunitas Mini Jakarta Selatan, dengan promotor Mini Jaksel.

Kemudian, Kejuaraan Klub, balapan dengan format Time-Attack dari berbagai komunitas Time-Attack yang terdiri dari JDM (Japanese Domestic Market), dengan promotor JDM Run, Kendaraan Eropa, Kendaraan Radical, dengan promotor Nora serta kendaraan Toyota Agya GR dengan promotor MGPA.

“Event ini juga menjadi bagian dari rangkaian program Road to MotoGP yang akan digelar 27-29 September 2024 dalam membangun antusias masyarakat mendukung perhelatan akbar Pertamina Grand Prix of Indonesia. Putaran ke-15 gelaran MotoGP dipastikan menghadirkan persaingan seru dalam perebutan titel Juara Dunia MotoGP 2024," terangnya.

Baca Juga: Profil Calon Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Pernah Jadi Ketua BEM UI

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya