Pelajar Sumbawa Tewas saat Memancing Ikan di Bendungan Batu Bulan 

Jenazah korban ditemukan setelah dua hari pencarian

Sumbawa, IDN Times - Seorang pelajar tewas tenggelam saat memancing ikan di Bendungan Batu Bulan, Senin (25/12/2023) sekitar pukul 17.00 Wita. Korban diketahui bernama Hisib Hisbulah asal Dusun Tiu Batu, Desa Batu Rotok, Kecamatan Batu Lanteh, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kepala Kantor SAR Mataram Lalu Wahyu Efendi mengatakan, pihaknya menerima laporan korban tenggelam dari Kepala Desa Maman, Kecamatan Moyo, Hasmudin sesaat setelah kejadian.

"Hisib Hisbulah dikabarkan berangkat mancing ikan satu jam sebelumnya," kata Wahyu, Selasa (26/12/2023).

1. Korban ditemukan setelah dua hari pencarian

Pelajar Sumbawa Tewas saat Memancing Ikan di Bendungan Batu Bulan Proses evakuasi jenazah pelajar Sumbawa yang tenggelam di Bendungan Batu Bulan. (dok. SAR Mataram)

Wahyu menjelaskan personel dari Pos SAR Sumbawa dikerahkan untuk mencari korban. Petugas dilengkapi peralatan berupa kendaraan operasional, perahu karet, alat selam, aqua eye, alat komunikasi, dan lainnya.

"Korban ditemukan pada hari kedua pencarian dalam keadaan meninggal dunia," terang Wahyu.

Baca Juga: Jadwal Kapal Rute Lombok - Situbondo pada Selasa 26 Desember 2023

2. Korban ditemukan di dasar bendungan

Pelajar Sumbawa Tewas saat Memancing Ikan di Bendungan Batu Bulan Lokasi tempat ditemukannya pelajar yang tenggelam di Bendungan Batu Bulan Sumbawa. (dok. SAR Mataram)

Setelah dilakukan penyelaman, korban ditemukan di dasar bendungan, masih di sekitar lokasi tenggelam pada pukul 09.56 WITA. Selanjutnya, jenazah korban dievakuasi dan dibawa ke rumah duka.

Proses pencarian korban melibatkan BPBD Sumbawa, lembaga Sumbawa Grow Up (komunitas selam), Komunitas Forum Pecinta Alam Sumbawa, Polsek Moyu Hulu, Babinsa Moyo Hulu, Pramuka Sumbawa, dan unsur terkait lainnya.

3. Peristiwa korban tenggelam di Bendungan Batu Bulan

Pelajar Sumbawa Tewas saat Memancing Ikan di Bendungan Batu Bulan Tim SAR gabungan saat melakukan pencarian. (dok. SAR Mataram)

Sebelumnya, pada Kamis (9/2/2023) lalu, seorang pemuda dilaporkan juga tewas tenggelam di Bendungan Batu Bulan. Korban atas nama Mikel Mongo (18) merupakan pekerja harian lepas asal Desa Wali Ete, Kecamatan Wewewa Barat, Sumba Barat, NTT.

Saat itu, korban berdomisili di Kelurahan Samapuin, Kecamatan Sumbawa. Sebelum kejadian, korban mendatangi dua rekannya yang juga pekerja harian lepas di Bendungan Batu Bulan yang sedang memancing di pinggir bendungan.

Kepada mereka, korban hendak mandi di lokasi kejadian. Rekan-rekan korban sempat mengingatkan agar tidak berenang ke lokasi tersebut, namun peringatan mereka tidak langsung diindahkan oleh korban. 

Pihak bendungan memang sudah memasang papan larangan berenang. Korban pun langsung berenang dan menyelam hingga akhirnya diketahui tidak muncul lagi ke permukaan. 

Baca Juga: Jadwal Kapal Rute Lombok - Bali pada Selasa 26 Desember 2023

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya