PD NWDI se-Pulau Lombok Minta Deklarasi Zul-Rohmi Jilid II Ditunda

Sudah bertemu tiga tokoh dari Lombok Tengah

Lombok Tengah, IDN Times - Pengurus Daerah Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (PD NWDI) se-Pulau Lombok meminta deklarasi Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB 2024-2029, Zulkieflimansyah - Sitti Rohmi Djalilah (Zul - Rohmi) jilid II ditunda.

Sebelumnya, Bakal Calon Gubernur NTB Zulkieflimansyah menyatakan deklarasi pasangan Zul - Rohmi jilid II akan dilaksanakan selesai lebaran. Ketua PD NWDI Lombok Tengah TGH. Habib Ziadi mengungkapkan telah dilakukan pertemuan dengan PD NWDI se- Pulau Lombok.

"Dan meminta deklarasi Zul-Rohmi jilid II untuk ditunda sampai ada keputusan organisasi," kata Habib Ziadi, Senin (15/4/2024) malam.

1. Bakal ada rapat khusus NWDI

PD NWDI se-Pulau Lombok Minta Deklarasi Zul-Rohmi Jilid II DitundaMantan Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah saat melakukan pencoblosan di Lombok Timur. (IDN Times/Ruhaili)

Ia menjelaskan sesuai tradisi di NWDI, pada waktunya akan ada rapat khusus terkait majunya Sitti Rohmi di Pilgub 2024. Apakah berpasangan dengan Zulkieflimansyah atau calon lainnya berdasarkan aspirasi masyarakat dan masukan dari seluruh pengurus PD NWDI di NTB.

"Kemungkinan besar keputusan akan diambil pada saat Musyawarah Wilayah PW NWDI NTB yang sedang dipersiapkan dalam waktu dekat ini," tutur Habib Ziadi.

Baca Juga: Lebaran Topat Pakai Mobil Pikap Masuk Mataram, Siap-siap Kena Tilang!

2. Lakukan penjajakan dengan tiga bakal calon gubernur

PD NWDI se-Pulau Lombok Minta Deklarasi Zul-Rohmi Jilid II DitundaPengurus PD NWDI Lombok Tengah menemui Bupati Lombok Tengah yang juga Ketua DPD Gerindra NTB Lalu Pathul Bahri. (dok. Istimewa)

Habib Ziadi menyebutkan telah melakukan penjajakan dengan tiga tokoh atau bakal calon gubernur yang berasal dari Lombok Tengah. Antara lain, Mantan Dubes Indonesia untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal, Penjabat Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi dan Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri.

Ketiganya merupakan putra terbaik Lombok Tengah dan memiliki kans untuk menang sangat terbuka lebar. Dari ketiga bakal calon gubernur tersebut, hanya Pathul Bahri yang sudah jelas punya kendaraan politik. Karena Bupati Lombok Tengah itu, saat ini menjadi Ketua DPD Gerindra NTB.

"Sementara dua lainnya masih melobi kendaraan dan proses masih berlangsung sampai akhir Mei nanti," tuturnya.

3. Belum ada keputusan Sitti Rohmi jadi bakal calon gubernur atau wakil gubernur

PD NWDI se-Pulau Lombok Minta Deklarasi Zul-Rohmi Jilid II DitundaPelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Zulkieflimansyah - Sitti Rohmi Djalilah di Istana Negara pada 19 September 2018. (dok. Sekretariat Kabinet)

Hingga saat ini, lanjut Habib Ziadi, belum ada keputusan apakah Sitti Rohmi Djalilah akan menjadi bakal calon gubernur atau wakil gubernur. Tetapi dia menegaskan PD NWDI akan mendukung calon dari Lombok Tengah yang berpasangan dengan Sitti Rohmi Djalilah.

"Intinya kami mendukung calon dari Lombok Tengah untuk Pilkada Gubernur yang akan di pasangkan dengan Hj. Sitti Rohmi Djalillah," ucapnya.

NWDI merupakan salah satu ormas Islam terbesar di Nusa Tenggara Barat (NTB). Saat ini, ormas NWDI dipimpin Tuan Guru Bajang (TGB) M. Zainul Majdi yang merupakan Gubernur NTB dua periode. Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo itu pernah menjabat Gubernur NTB periode 2008-2013 dan 2013-2018.

Sebelumnya, Eks Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengungkapkan sudah ada kesepakatan dengan mantan Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah kembali maju pada Pilgub 2024. Bang Zul mengatakan pasangan Zul-Rohmi jilid II akan deklarasi setelah lebaran.

Ketua DPP PKS itu menyebutkan hasil survei yang menginginkan pasangan Zul-Rohmi maju lagi pada periode kedua. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan, sekitar 85 sampai 86 persen masyarakat NTB menginginkan pasangan Zul-Rohmi jilid II.

"Jadi, pasangan Zul - Rohmi jilid II sudah jadi kesepakatan. Tapi tiba-tiba ada dinamika berubah, kita gak ngerti. Jadi harus siap sedia. Supaya jangan shock," kata Bang Zul.

Baca Juga: Ini Modus Kasus Eksploitasi Anak Jalanan yang Terjadi di Mataram 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya