NTB Serahkan Donasi Rp2 Miliar untuk Rakyat Palestina di Gaza

Dubes Palestina ceritakan kondisi terkini di Gaza

Mataram, IDN Times - Pemprov Nusa Tenggara Barat (NTB) menyerahkan donasi masyarakat sebesar Rp2 miliar lebih untuk rakyat Palestina di Gaza. Donasi masyarakat NTB itu diserahkan langsung Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi kepada Duta Besar Palestina untuk Indonesia Dr. Zuhair S.M. Al Shun di Kantor Gubernur NTB, Rabu (10/1/2024).

Donasi tersebut berasal dari masyarakat NTB, yang dikumpulkan dari Forum Majelis dan Aksi Solidaritas Akbar untuk Palestina. Donasi yang terkumpul sebesar Rp2.062.323.327. Kunjungan kerja Dubes Palestina untuk Indonesia tersebut bertujuan untuk memperkuat hubungan bilateral antara Palestina dan Provinsi NTB.

1. NTB berikan dukungan moral dan materil untuk Palestina

NTB Serahkan Donasi Rp2 Miliar untuk Rakyat Palestina di GazaKunjungan kerja Dubes Palestina untuk Indonesia Dr. Zuhair S.M. Al Shun di Kantor Gubernur NTB, Rabu (10/1/2024).

Gita mengatakan pemerintah dan masyarakat NTB berkomitmen mendorong kemerdekaan Palestina. Hal itu merupakan amanat UUD 1945, bahwa kemerdekaan adalah hal setiap bangsa. Secara historis, kata Gita, Palestina dan negara-negara Timur Tengah merupakan negara yang mendukung kemerdekaan Indonesia dari penjajah.

Pemerintah dan masyarakat NTB akan terus memberikan dukungan moral dan materil, dengan berbagai kegiatan konkret. Seperti kegiatan doa dan salat gaib, penggalangan dana di Forum Majelis dan Aksi Solidaritas Akbar yang digagas pemerintah dan berbagai elem masyarakat di NTB.

Kegiatan penggalangan donasi untuk rakyat Gaza Palestina akan terus dilanjutkan, seiring kondisi yang dialami Palestina. Pemerintah juga terus memantau, dan mendorong gencatan sejata hingga tahapan recovery di Gaza Palestina.

"Jangan ragukan komitmen kami, NTB akan tetap berada, seiring dan sejalan dengan napas bersama masyarakat Palestina," ucap Gita.

Baca Juga: Pj Gubernur Gita Ariadi Ungkap Alasan Penggantian Pj Sekda NTB

2. Dubes Palestina sampaikan kondisi di Gaza

NTB Serahkan Donasi Rp2 Miliar untuk Rakyat Palestina di GazaPj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sementara itu, Duta Besar Palestina untuk Indonesia Dr. Zuhair S.M. Al Shun menyampaikan kondisi di Gaza kepada Pj Gubernur NTB. Ia mengatakan serangan Israel terhadap rakyat Gaza Palestina masih berlangsung hingga saat ini.

"Ini merupakan sebuah kesempatan yang bagus untuk bertemu dengan gubernur, mendiskusikan tentang perasaan kami saat ini. Memberitahukan tentang isu atau tentang situasi terkini yang sedang terjadi di Palestina, lebih tepatnya Gaza. Mengenai serangan pembantaian atau genosida Israel kepada orang-orang Palestina," kata Zuhair.

3. Dukungan untuk Palestina merdeka

NTB Serahkan Donasi Rp2 Miliar untuk Rakyat Palestina di GazaDubes Palestina untuk Indonesia Dr. Zuhair S.M. Al Shun. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Zuhair berterima kasih kepada Indonesia yang terus menyuarakan Palestina merdeka. Dukungan dari Indonesia terus diharapkan supaya kemerdekaan Palestina benar-benar terwujud.

"Inilah diskusi kami hari ini. Selain itu juga membicarakan tentang Pulau Lombok yang atraktif, sangat indah, dengan atmosfer yang bagus. Insya Allah pulau ini akan terus berkembang dan berkembang di masa depan," ucap Zuhair.

Baca Juga: Ibnu Salim Resmi Dilantik Jadi Penjabat Sekda NTB

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya