NTB Peringkat Pertama Destinasi Wisata Ramah Muslim di Indonesia 

NTB optimistis target 2 juta kunjungan wisatawan tercapai

Mataram, IDN Times - Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) meraih penghargaan Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) tahun 2023. NTB meraih peringkat pertama sebagai destinasi pariwisata ramah Muslim.

"Provinsi NTB kembali menerima penghargaan IMTI Award, peringkat pertama dari 15 provinsi yang masuk nominasi di tahun 2023 ini," ungkap Kepala Dinas Pariwisata NTB Jamaluddin Maladi, Rabu (25/10/2023).

1. Penghargaan diterima Pj Gubernur NTB

NTB Peringkat Pertama Destinasi Wisata Ramah Muslim di Indonesia Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi menerima IMTI Award 2023 dari Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno. NTB berhasil meraih peringkat pertama destinasi ramah Muslim 2023.(dok. Dispar NTB)

Jamaluddin menjelaskan IMTI Award merupakan program yang dilaksanakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan Bank Indonesia, Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dan Perkumpulan Pariwisata Halal Indonesia (PPHI).

Penghargaan diterima langsung Penjabat (Pj) Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi yang diserahkan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno di JCC Senayan Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Jamaludin menjelaskan NTB diberikan penghargaan karena salah satu daerah yang mengembangkan pariwisata ramah Muslim untuk destinasi berkelanjutan.

Baca Juga: KPU NTB Menyatakan Foto Balon DPD RI Evi Apita Maya Penuhi Syarat 

2. Sasaran penilaian IMTI Award 2023

NTB Peringkat Pertama Destinasi Wisata Ramah Muslim di Indonesia Kepala Dinas Pariwisata NTB Jamaluddin Maladi. (dok. Dispar NTB)

Dikatakan, penilaian dilaksanakan pada bulan Juli lalu dengan tim juri inti sebanyak 2 orang dan 3 orang dari Kemenparekraf. Ada sejumlah destinasi yang menjadi sasaran penilaian, antara lain Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) Lombok, Hotel Svarga Senggigi Lombok Barat, Rumah Makan Taliwang Irama Kota Mataram, Taman Loang Baloq Kota Mataram dan Dinas Pariwisata NTB.

Tim juri menerima penjelasan terkait kebijakan, regulasi wisata halal dan konsep wisata halal. Yang menekankan pada produk wisata halal dan penyediaan pelayanan atau amenitas seperti tempat-tempat sarana ibadah yang bersih.

3. Optimis target kunjungan 2 juta wisatawan tercapai

NTB Peringkat Pertama Destinasi Wisata Ramah Muslim di Indonesia Sirkuit Mandalika tikungan 10 terlihat indah dari Bukit Pantai Seger Kuta Mandalika (IDN Times/Muhammad Nasir)

Dengan adanya penghargaan tersebut, NTB optimistis dapat mendongkrak kunjungan wisatawan, baik domestik dan mancanegara. Tahun 2023, NTB menargetkan sebanyak 2 juta kunjungan wisatawan.

"Target wisatawan tahun 2023 ini 2 juta orang. Insyallah bisa terpenuhi dengan penghargaan yang didapat oleh provinsi NTB ini. Pasti semakin positif untuk kemajuan pariwisata kita ke depannya," ucap Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2023 ini.

Daftar 15 daerah yang mendapatkan nominasi penghargaan IMTI Award 2023. Antara lain NTB, Aceh, Sumatera Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Riau, Kepulauan Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Banten dan Sumatera Selatan.

Baca Juga: Harga Bawang Anjlok, NTB Minta Tol Laut Sasar Pasar Indonesia Timur

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya