NTB Belum Bayar Hosting Fee, ITDC Pastikan MotoGP 2024 Tetap Jalan

Pj Gubernur NTB instruksikan kepala OPD dukung MotoGP 2024

Mataram, IDN Times - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau InJourney Tourism Development Corporation (ITDC) memastikan perhelatan MotoGP Mandalika 2024 tetap berjalan sesuai jadwal pada 27 - 29 September mendatang.

Meskipun belum ada kejelasan kontribusi Pemprov NTB dan lima Pemda kabupaten/kota di Pulau Lombok, namun dipastikan akan tetap digelar karena MotoGP Mandalika membawa nama bangsa dan negara.

"Kita pastikan MotoGP bisa berjalan dengan baik dan kita sama-sama berusaha. Tapi kami mengapresiasi Pj Gubernur NTB, paling tidak secara moral mendukung pelaksanaan MotoGP Mandalika 2024," kata Direktur Operasi ITDC Troy Warokka dikonfirmasi usai Rapat Koordinasi Persiapan MotoGP 2024 di Kantor Bank NTB Syariah, Kamis (29/8/2024) sore.

1. Pj Gubernur NTB pimpin rapat koordinasi lintas sektoral

NTB Belum Bayar Hosting Fee, ITDC Pastikan MotoGP 2024 Tetap JalanPj Gubernur NTB Hassanudin saat meninjau proyek smelter AMMAN di Kabupaten Sumbawa Barat, Kamis (1/8/2024). (dok. Pemprov NTB)

Pj Gubernur NTB Hassanudin memimpin langsung Rapat Koordinasi Persiapan MotoGP Mandalika 2024. Pemprov NTB menghadirkan berbagai stakeholder terkait, baik aparat kepolisian, TNI, pelaku wisata, dan kepala organisasi perangkat daerah Pemprov NTB dan kabupaten/kota.

Troy menjelaskan terkait kontribusi Pemprov NTB dan Pemda kabupaten/kota dalam membayar hosting fee MotoGP 2024, masih banyak proses diskusi yang harus dilakukan. Pihaknya sudah menyampaikan kepada Pj Gubernur NTB terkait instruksi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang meminta Pemda ikut berkontribusi membayar hosting fee MotoGP 2024.

"Memang harus ada banyak hal yang didiskusikan kembali. Karena ini bukan masalah pengeluaran uangnya. Tapi ada proses, mekanisme yang di dalamnya harus dilakukan oleh Pemprov NTB, sedangkan posisinya kami menunggu," jelas Troy.

Baca Juga: Pendaftaran Cakada, Bawaslu NTB Temukan Keterlibatan ASN dan Kades

2. Pj Gubernur NTB instruksikan kepala OPD dukung pelaksanaan MotoGP 2024

NTB Belum Bayar Hosting Fee, ITDC Pastikan MotoGP 2024 Tetap JalanMotoGP Mandalika 2023. (IDN Times/Linggauni)

Troy menjelaskan dalam rapat koordinasi tersebut, Pj Gubernur NTB Hassanudin menginstruksikan seluruh Kepala OPD lingkup Pemprov NTB untuk mendukung pelaksanaan MotoGP Mandalika 2024. Menurutnya, pelaksanaan MotoGP 2024, bukan hanya soal hosting fee tetapi jauh lebih penting dukungan dari seluruh OPD Pemprov NTB.

"Kita baru pertama kali rapat dengan Pj Gubernur. Tapi dengan sekian jam rapat, langkahnya cukup taktis," kata Troy 

Mengenai harga hotel yang tinggi, Pj Gubernur NTB langsung menginstruksikan Kepala Dinas Pariwisata NTB untuk ditindaklanjuti.

"Ada langkah konkret yang dilakukan Pj Gubernur mengenai isu harga akomodasi yang tinggi," tuturnya.

3. Persentase besaran dukungan hosting fee belum jelas

NTB Belum Bayar Hosting Fee, ITDC Pastikan MotoGP 2024 Tetap JalanIlustrasi uang rupiah (Pinterest/Kpop Squad Media).

Terkait kontribusi mengenai pembayaran hosting fee, Troy mengatakan bahwa memang persentase yang dibebankan kepada Pemda masih belum jelas. Sehingga perlu proses diskusi lagi dengan berbagai stakeholders terkait.

ITDC juga telah menyampaikan kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengenai pembayaran hosting fee MotoGP 2024. "Saya tidak tahu apakah Wonderful Indonesia kembali mendukung MotoGP atau tidak, saat ini masih dalam proses," tandasnya.

Diketahui, pada penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022, hosting fee sepenuhnya ditanggung Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi (Kemenparekraf) sebesar Rp174,6 miliar.

Kemudian pada MotoGP Mandalika 2023, ITDC dan Kemenparekraf membayar hosting fee sebesar Rp 176,8 miliar. Dengan rincian ITDC sebesar Rp98 miliar dan Kemenparekraf Rp78,8 miliar. Sedangkan pada tahun 2024, biaya hosting fee mencapai Rp 231,29 miliar.

Baca Juga: Diusung 10 Parpol, Iqbal-Dinda Jalan Kaki 1,7 Km Daftar ke KPU NTB

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya