Mendaki Secara Ilegal, WNA Rusia Hilang di Gunung Rinjani

Korban mendaki pada 30 Agustus 2024

Lombok Utara, IDN Times - Seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Rusia bernama Mordovina Alexandria (44) dilaporkan hilang saat melakukan pendakian ke Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Korban diketahui mendaki lewat pintu masuk pendakian Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara, pada 30 Agustus 2024 sekitar pukul 04.00 WITA.

"Warga Negara Rusia yang hilang atas nama Mordovina Alexandra, perempuan, 44 tahun. Dan yang bersangkutan diduga berangkat untuk melakukan pendakian secara ilegal ke Gunung Rinjani," kata Kapolres Lombok Utara AKBP Didik Putra Kuncoro melalui Kapolsek Bayan Iptu I Wayan Cipta Naya, Kamis (12/9/2024) siang.

1. Terjunkan tim lakukan pencarian

Mendaki Secara Ilegal, WNA Rusia Hilang di Gunung RinjaniGunung Rinjani (Dok. Yerin Shin)

Polisi mendapatkan laporan dari masyarakat mengenai adanya WNA Rusia yang hilang saat melakukan pendakian ke Gunung Rinjani. Menindak lanjuti laporan tersebut, polisi membentuk satu tim pencarian.

Pihaknya juga meminta Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) untuk melakukan pencarian. Karena lokasi hilangnya korban berada di wilayah TNGR.

"Adapun tim yang akan melakukan pencarian adalah dari pihak Polsek Bayan yaitu Bhabinkamtibmas Desa Senaru, Koramil Bayan yang diikuti oleh Bhabinsa Senaru," jelasnya.

Baca Juga: 4.388 Pelamar Perebutkan 118 Formasi CPNS Pemprov NTB 2024

2. Pencarian akan dilakukan selama empat hari

Mendaki Secara Ilegal, WNA Rusia Hilang di Gunung Rinjaniilustrasi jalur pendakian gunung rinjani (unsplash.com/heyeugene)

Kemudian tim juga berasal dari Balai TNGR dan tiga WNA Rusia bernama Luchsehev Ilya, Denis Kostenko dan Burdeev Igor serta satu orang WNA Ukraina bernama Anna didampingi seorang guide dan empat orang porter.

"Tim pencarian ini rencana akan melakukan pencarian selama empat hari mulai tanggal, 12 September hingga 15 September 2024," kata Wayan.

Tim berangkat melakukan pencarian ke Gunung Rinjani pada Kamis (12/9/2024) pukul 06.30 WITA. Dimulai dari Jejak Gawah pintu masuk menuju TNGR di Desa Senaru Lombok Utara. Pencarian akan dilakukan di beberapa titik yaitu Jalur Pendakian Senaru-Plawangan Senaru dengan radius sekitar 7 kilometer.

Kemudian Jalur Plawangan Senaru - Sangkareang dengan radius 2 kilometer. Selanjutnya, Jalur Plawangan Senaru - Batu Ceper dengan radius 2 kilometer dan Jalur Plawangan Senaru - Santong dengan radius 3 kilometer.

3. Korban mendaki pada 30 Agustus 2024

Mendaki Secara Ilegal, WNA Rusia Hilang di Gunung Rinjaniilustrasi jalur pendakian gunung rinjani (unsplash.com/casperwestera)

Wayan menjelaskan korban mendaki Gunung Rinjani pada 30 Agustus 2024 sekitar pukul 04.00 WITA. Dimana, korban sempat memberitahukan kepada rekan-rekannya melalui pesan WhatsApp bahwa dia mendaki Gunung Rinjani.

Wayan berharap WNA Rusia yang hilang di Gunung Rinjani segera ditemukan. Dia juga berharap kepada tim yang melakukan pencarian supaya berhati-hati serta tetap menjaga kekompakan dan komunikasi di lapangan.

"Jika dalam waktu 4 hari korban belum ditemukan, maka kami akan lakukan evaluasi, koordinasi dan komonikasi dengan pihak terkait untuk berkolaborasi dalam melakukan pencarian terhadap warga negara Rusia yang hilang," tandas Wayan.

Baca Juga: Cabor Dance Sport NTB Meraih Medali Emas di PON Aceh-Sumut 2024

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya