Mendagri Ungkap Alasan Jokowi Tunjuk Hassanudin Jadi Pj Gubernur NTB

Mendagri lantik Hassanudin jadi Pj Gubernur NTB

Mataram, IDN Times - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik Mayjen TNI (Purn) Hassanudin sebagai Penjabat (Pj) Gubernur NTB menggantikan Lalu Gita Ariadi di Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta, Senin (24/6/2024). Hassanudin sebelumnya menjabat sebagai Pj Gubernur Sumatera Utara.

Pada kesempatan tersebut, Mendagri Tito Karnavian membeberkan alasan atau perimbangan Presiden Joko 'Jokowi' Widodo menunjuk Hassanudin sebagai Pj Gubernur NTB. Selain itu, Tito juga mengungkapkan alasan penggantian Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi.

Baca Juga: Amankan Tiket Pilgub NTB, Rohmi-Firin segera Rampungkan Koalisi Parpol

1. Pertimbangan penunjukan Hassanudin sebagai Pj Gubernur NTB

Mendagri Ungkap Alasan Jokowi Tunjuk Hassanudin Jadi Pj Gubernur NTBPj Gubernur NTB Mayjen TNI (Purn) Hassanudin Pengganti Lalu Gita Ariadi yang akan dilantik pada Senin (24/6/2024). (dok. Istimewa)

Tito menjelaskan dipilihnya Hassanudin sebagai Pj Gubernur NTB yang baru karena beberapa pertimbangan. Di antaranya, Pemerintah Provinsi NTB, hanya Sekertaris Daerah yang bisa menjabat sebagai Pj Gubernur.

Sementara jabatan tersebut telah diampu oleh Pj Gubernur NTB sebelumnya, Lalu Gita Ariadi.
Karena itu, setelah melapor kepada Presiden Jokowi dan melakukan seleksi serta berbagai pertimbangan lainnya maka Hassanudin dipilih sebagai Pj Gubernur NTB yang baru.

"Pertimbangan pertama beliau adalah staf ahli pejabat pusat di Menko Polhukam, sering memberi arahan kepada daerah termasuk melakukan supervisi," jelas Tito.

Baca Juga: Sosok Pj Gubernur NTB Hassanudin Pengganti Lalu Gita Ariadi 

2. Diperlukan pengganti yang berpengalaman terjun ke daerah

Mendagri Ungkap Alasan Jokowi Tunjuk Hassanudin Jadi Pj Gubernur NTBPj Gubernur Sumut Hassanudin pimpin apel, Selasa (16/4/2024) (Dok. IDN Times)

Dengan pengalaman Hassanudin yang sering terjun langsung ke daerah tersebut, menjadi modal utama sebagai pengganti Pj Gubernur NTB. Sehingga dapat mencegah terjadinya misinformasi.

Selain itu, Provinsi NTB juga akan diadakan beberapa event besar. Salah satunya peresmian smelter besar milik PT Amman Mineral di Kabupaten Sumbawa Barat. Sehingga diperlukan seorang pengganti Pj Gubernur NTB yang berpengalaman telah terjun ke daerah tersebut.

3. Lalu Gita Ariadi mengajukan langsung pengunduran diri

Mendagri Ungkap Alasan Jokowi Tunjuk Hassanudin Jadi Pj Gubernur NTBPj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Mantan Kapolri ini mengucapkan terima kepada Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi, yang telah mengabdi selama sembilan bulan dalam memimpin Provinsi NTB.

Tito mengungkapkan Pj Gubernur NTB sebelumnya Lalu Gita Ariadi telah mengajukan permohonan langsung untuk mengundurkan diri dan mengikuti pesta demokrasi Pilkada 2024.

"Pak Lalu langsung menyampaikan keinginannya kepada saya untuk mendapatkan ruang yang lebih luas (untuk berkampanye)," jelas Tito.

Baca Juga: Lalu Gita Ariadi Ungkap Alasan Diganti sebagai Pj Gubernur NTB 

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya