Makna Keris Pusaka Lombok yang Diberikan kepada Juara MotoGP Mandalika

Promosikan warisan budaya Indonesia ke tingkat internasional

Mataram, IDN Times - Tiga pembalap yang menjuarai MotoGP Mandalika 2023 dihadiahi keris pusaka Lombok oleh pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (15/10/2023). Penyerahan keris dilakukan Menteri BUMN Erick Thohir kepada juara MotoGP Mandalika 2023, Francesco Bagnaia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyerahkan hadiah keris kepada Maverick Vinales. Sementara Penjabat Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi menyerahkan hadiah keris kepada Fabio Quartararo.

1. Simbol ketangkasan pria Indonesia

Makna Keris Pusaka Lombok yang Diberikan kepada Juara MotoGP MandalikaKetua BPD NTB Baiq Ika Wahyu Wardhani. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB Baiq Ika Wahyu Wardhani, Senin (16/10/2023) menjelaskan Pemerintah Provinsi NTB melalui BPPD NTB berkolaborasi dengan MGPA, ITDC, Dorna Sports, dan Dyandra merangkul IKM lokal NTB, Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA), dan Paguyuban Keris Pasek NTB.

Paguyuban Keris Pasek NTB secara khusus membuat tiga buah keris untuk dihadiahkan kepada para peraih podium di balapan MotoGP Mandalika 2023. Ika menjelaskan alasan di balik pemilihan keris sebagai hadiah untuk para pembalap peraih podium 1, 2 dan 3 MotoGP Mandalika 2023.

"Karena keris merupakan simbol ketangkasan pria Indonesia, pelindung dan juga sebagai penjaga. Selain itu juga karena keris telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya berupa benda milik Indonesia," terang Ika.

Baca Juga: MotoGP Mandalika 2023 Dihadiri 102.929 Penonton

2. Aksesori wajib bagi pria Lombok

Makna Keris Pusaka Lombok yang Diberikan kepada Juara MotoGP MandalikaPembalap Aprilia Racing Maverick Vinales membuka keris hadiah bagi para juara MotoGP Mandalika 2023. (Dok. Istimewa)

Selain itu, bagi masyarakat Suku Sasak di Lombok, keris merupakan aksesori wajib bagi pria. Keris akan selalu menempel dalam balutan pakaian adat lengkap pria Suku Sasak.

Ika mengatakan Pemerintah Provinsi NTB berharap segala bentuk pertunjukan seni dan budaya yang ditampilkan di MotoGP 2023 dapat memperkuat citra IndonesianGP. Apalagi event ini sebagai sebuah event yang mampu menjembatani antara olahraga, seni budaya dan pariwisata.

3. Pertama kalinya juara MotoGP diberikan hadiah keris pusaka

Makna Keris Pusaka Lombok yang Diberikan kepada Juara MotoGP MandalikaFrancesco Bagnaia (motogp.com)

Perhelatan ajang balap MotoGP Mandalika telah sukses digelar pada Minggu, 15 Oktober 2023 dan melahirkan juara baru. Francesco Bagnaia, pembalap Ducati Lenovo Team asal Italia sukses menjadi juara baru MotoGP di Mandalika.

Kemenangan Pecco sangat menarik perhatian karena ia memulai balapan dari posisi 13 namun mampu melaju ke posisi 7 pada lap pertama, kemudian melesat ke posisi 3 pada lap ke-8 dan akhirnya menjadi juara dengan waktu 41 menit 20,293 detik. Juara kedua dan ketiga diraih oleh Maverick Vinales dan Fabio Quartararo.

Selain drama kemenangan Pecco yang menarik perhatian masyarakat luas. Ada lagi yang lebih menarik yaitu untuk pertama kalinya di dunia, dan hanya di Indonesia para juara MotoGP dihadiahi benda pusaka berupa keris. Hal ini merupakan bagian dari strategi Pemerintah Provinsi NTB dalam mempromosikan kekayaan warisan budaya nusantara ke tingkat internasional.

Baca Juga: Pertamina Operasikan SPBU Modular Selama MotoGP Mandalika 2023

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya