Lombok Writers Festival Dibuka, Gubernur Ingin Jadi Agenda Tahunan

Kesempatan bagi penulis millenial untuk promosikan NTB

Lombok Utara, IDN Times - Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr H Zulkieflimansyah resmi membuka event Lombok Writers Festival (LWF) 2022 by IDN Times di Pearl of Trawangan Resort, Gili Trawangan Lombok Utara, Rabu (9/3/2022) siang. Gubernur didampingi Editor-in-Chief IDN Times Uni Lubis saat pembukaan LWF 2022 yang merupakan event off air pertama IDN Times dua tahun sejak pandemik COVID-19.

LWF 2022 by IDN Times menghadirkan serangkaian kegiatan yang meliputi Workshop, Talk show dan Kompetisi Menulis. Rangkaian kegiatan tersebut akan mendiskusikan berbagai topik, seperti Jurnalistik, Culinary Storyteller, Travel Writing, Creative Writing, SEO Optimization dan beberapa topik menarik lainnya.

Kegiatan ini menghadirkan beberapa narasumber. Selain Tim IDN Times, ada pula Kevindra Soemantri (Culinary Creator, Restaurant Observer & Food Author) dan Trinity (Travel Writer & Blogger). Melalui Kompetisi Menulis dengan tema #EksplorAsikNTB, Lombok Writers Festival 2022 by IDN Times ingin mengajak peserta acara untuk mempromosikan NTB dari berbagai sudut pandang.

1. Seratus peserta ikut LWF 2022 di Gili Trawangan

Lombok Writers Festival Dibuka, Gubernur Ingin Jadi Agenda TahunanPeserta Lombok Writers Festival 2022 di Gili Trawangan foto bersama Gubernur NTB dan Editor in Chief IDN Times. (IDN Times/Linggauni)

Editor-in-Chief IDN Times Uni Lubis atas nama IDN Times dan IDN Media berterima kasih atas kehadiran dan support dari Gubernur NTB Zulkieflimansyah. Dikatakan, ide Lombok Writers Festival tercetus saat Gubernur NTB Zulkieflimansyah berkunjung ke kantor IDN Media di Jakarta pada bulan Oktober 2021.

"Kita mempersiapkan acara ini dengan intensif selama tiga bulan terakhir," terang Uni Lubis.

Hadir juga saat pembukaan LWF 2022 sejumlah kepala OPD lingkup Pemprov NTB. Seperti Kepala Diskominfotik NTB, Najamuddin Amy, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) NTB, Samsul Rizal, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB Yusron Hadi, dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB, Julmansyah.

Uni Lubis menyebutkan dalam gelaran LWF 2022, diikuti 100 peserta dari NTB. Mereka akan belajar tentang menulis selama dua hari, 9 - 10 Maret 2022 dengan menghadirkan para pembicara Lombok Writers Festival.

"Mudah-mudahan betah, kapan lagi belajar sambil menikmati keindahan (Gili Trawangan). Gak semua orang dapat kesempatan seperti kalian," kata Uni Lubis.

LWF 2022 ini juga disaksikan secara langsung di channel YouTube IDN Times. Ribuan member IDN Times Community turut menyaksikan secara online.

2. Acara off air pertama IDN Media setelah 2 tahun pandemik

Lombok Writers Festival Dibuka, Gubernur Ingin Jadi Agenda TahunanEditor in Chief IDN Times Uni Lubis saat memberikan sambutan pada Lombok Writers Festival 2022 di Gili Trawangan, Rabu (9/3/2022). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Uni mengatakan LWF 2022 yang dilaaksanakan di Gili Trawangan merupakan acara off air pertama IDN Media setelah dua tahun pandemik COVID-19. Sehingga, acara LWF 2022 menjadi cukup spesial bagi IDN Media, khususnya IDN Times. Semua tim IDN Media terlibat dalam menyukseskan acara LWF 2022.

Uni Lubis menjelaskan perbedaan IDN Times dengan media digital lainnya di Indonesia. Berdasarkan data Dewan Pers, ada 43 ribu media digital atau media online di Indonesia. Namun, hanya IDN Times yang punya Community Writers dengan anggota lebih dari 48 ribu register member Millenial dan Gen Z yang ada di Indonesia, termasuk di NTB.

Setiap bulan, ada 10 ribu penulis aktif di platform IDN Times. Artinya setiap bulan mereka mengirim tiga sampai empat tulisan di platform IDN Times.

"Dan yang membedakan juga dengan platform yang lainnya adalah passionate dari para editor untuk melatih adik-adik untuk bisa terus menulis apa saja," imbuhnya.

3. Promosikan NTB lewat tulisan

Lombok Writers Festival Dibuka, Gubernur Ingin Jadi Agenda TahunanSalah satu venue Lombok Writers Festival 2022 by IDN Times di Gili Trawangan (IDN Times/Ernia Karina)

Uni Lubis menambahkan LWF 2022 merupakan kesempatan untuk terus belajar. Jika pembalap Tim Repsol Honda Marc Marquez men-tweet satu atau dua kali di media sosialnya tentang NTB. Begitu selesai MotoGP Mandalika, maka tak lagi memposting tentang NTB. Tetapi para peserta yang ikut LWF 2022, akan terus menerus menulis tentang kehidupan mereka sehari-hari sebagai warga NTB, baik tentang pariwisata, kuliner dan budaya.

"Jadi ini adalah investasi yang berkekanjutan, literasi publik yang berkelanjutan," katanya.

Ia berharap LWF 2022, bukan pertama dan terakhir. IDN Media berkomitmen apabila ini diteruskan akan ajang digelar setiap tahun. "Adik-adik akan belajar selama dua hari ini. Termasuk membuat artikel kalian dibaca paling tinggi di laman google. Jadi, yuk belajar bareng. Kita empowering NTB true writing. Karena prinsip dari IDN Time Community Writer's adalah empowering Indonesian true writing," tandasnya.

4. Gubernur berharap jadi acara rutin di Gili Trawangan

Lombok Writers Festival Dibuka, Gubernur Ingin Jadi Agenda TahunanGubernur Provinsi NTB Dr H Zulkieflimansyah saat memberikan sambutan pada LWF 2022 di Gili Trawangan (IDN Times)

Sementara itu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengaku senang ide mengadakan Lombok Writers Festival pada tahun 2021 lalu menjadi kenyataan. Ia berharap LWF menjadi ajang rutin yang digelar setiap tahun.

"Mudah-mudahan kalau tahun ini 100 peserta, bisa menjadi acara rutin di Gili Trawangan, tahun depan menjadi 500 peserta," harapnya.

Gubernur berharap tahun-tahun berikutnya ribuan anak NTB dapat dilatih menjadi penulis yang mampu menghidangkan banyak peristiwa tentang NTB. "Mudah-mudahan bukan hanya tahun ini. Bisa menjadi agenda rutin," harapnya.

Baca Juga: Lombok Writers Festival 2022 by IDN Times Diselenggarakan di Gili

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya