Lobar Gelar Lebaran Topat 17 April, Dipusatkan di Pantai Tanjung Bias

Dimeriahkan artis lokal Erni Ayuningsih dan Jhon Kursi Roda

Lombok Barat, IDN Times - Pemda Lombok Barat (Lobar) akan menggelar Lebaran Topat pada Rabu, 17 April mendatang. Kepala Dinas Pariwisata Lobar Agus Gunawan, Jumat (12/4/2024) mengatakan event Lebaran Topat tahun 2024 akan dipusatkan di Pantai Tanjung Bias, Desa Senteluk, Kecamatan Batulayar.

"Jika sebelumnya kita adakan di Pantai Duduk, untuk tahun ini kita pusatkan di Pantai Tanjung Bias," kata Agus.

1. Libatkan pelaku pariwisata

Lobar Gelar Lebaran Topat 17 April, Dipusatkan di Pantai Tanjung BiasPerayaan Lebaran Topat di Kota Mataram tahun 2023. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Agus menjelaskan event tahunan ini akan melibatkan masyarakat hingga pelaku usaha pariwisata di Kabupaten Lombok Barat. Asosisasi-asosiasi pariwisata seperti ASITA, ASPPI, PHRI dan HPI turut diundang untuk sama-sama mempromosikan tradisi Lebaran Topat.

"Selain melibatkan masyarakat secara langsung, kita juga mengajak teman-teman dari hotel dan restoran yang ada di kawasan Senggigi untuk ambil bagian," terangnya.

Keterlibatan banyak pihak dalam event ini, kata Agus merupakan salah satu upaya untuk membangun kolaborasi antar semua elemen masyarakat untuk memajukan kepariwisataan di Lombok Barat.

Baca Juga: Dampak Badai Tropis Olga, Hujan Lebat akan Guyur NTB 3 Hari Kedepan 

2. Ritual naik cidomo pawai gunungan topat

Lobar Gelar Lebaran Topat 17 April, Dipusatkan di Pantai Tanjung BiasTradisi naik cidomo ke Makam Batulayar pada perayaan Lebaran Topat di Lombok Barat. (dok. Dispar Lobar)

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dispar Lombok Barat Irman Sumantri menambahkan meskipun Lebaran Topat 2024 dipusatkan di Pantai Tanjung Bias. Tetapi semua ritual inti yang biasa dilakukan saat gelaran Lebaran Topat tetap dilaksanakan.

"Ritual adat seperti naik Cidomo, ambil air ke Lingkok Emas dan ziarah ke Makam Batulayar itu tetap terlaksana, nanti setelah dari Makam Batulayar baru kita kumpul roah bersama di Tanjung Bias," tutur Irman.

Selain ritual adat tersebut, ada juga pawai gunungan topat yang akan diikuti oleh pemuda dan masyarakat desa-desa yang ada di Kecamatan Batulayar.

3. Dimeriahkan artis-artis lokal Erni Ayuningsih dan Jhon Kursi Roda

Lobar Gelar Lebaran Topat 17 April, Dipusatkan di Pantai Tanjung BiasMasyarakat berebutan ketupat usai perayaan Lebaran Topat di Kota Mataram. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Selain itu, akan ada penampilan musik tradisional pepaosan. Setelah acara inti selesai, pada siang hari akan ada hiburan rakyat yang akan menampilkan artis-artis lokal Erni Ayuningsih yang terkenal dengan lagu Sasak Sambel Colet dan Jhon Kursi Roda. Mereka akan menghibur masyarakat dengan lagu-lagu Sasak Lombok yang datang menghadiri perayaan Lebaran Topat.

Pada gelaran event Lebaran Topat tahun ini, Pemda Lobar bekerja sama dengan Bea Cukai Mataram. Bea Cukai Mataram akan menyosialisasikan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCT) sebagai upaya pencegahan peredaran rokok ilegal di wilayah Lombok Barat.

Baca Juga: Jadwal Kapal Rute Lombok - Situbondo pada Jumat 12 April 2024

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya