Libur Lebaran, Ratusan Polisi Diterjunkan Jaga Objek Wisata di Mataram

Sasar objek wisata pesisir pantai di Mataram

Mataram, IDN Times - Polresta Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) menerjunkan ratusan personel untuk menjaga objek wisata selama libur lebaran.

Kapolresta Mataram melalui Kabag Ops Kompol I Gede Sumadra Kerthiawan menyebutkan sebanyak 141 personel disiagakan untuk mengamankan objek wisata di Kota Mataram dan sebagian di Lombok Barat yang masuk dalam wilayah hukum Polresta Mataram.

Sebanyak 141 personel kepolisian yang disiagakan berdasarkan Surat Perintah Nomor : Sprin / 850 / IV / Ops.1.3. / Polresta Mataram tanggal 11 April 2024 tentang Pengamanan Objek Wisata.

Sejumlah objek wisata diamankan untuk memberikan rasa aman dan kenyamanan kepada masyarakat yang melaksanakan libur lebaran.

"Sebanyak 141 personel terdiri dari gabungan fungsi Polresta Mataram dengan cara bertindak baik pengamanan terbuka dan tertutup," kata Sumadra di Mataram, Jumat (12/4/2024).

1. Koordinasi dengan pengelola objek wisata

Libur Lebaran, Ratusan Polisi Diterjunkan Jaga Objek Wisata di MataramPolisi berjaga di salah satu objek wisata. (dok. Istimewa)

Selain itu, polisi yang diterjunkan juga melakukan penjagaan dan pengaturan lalu lintas pada objek wisata yang banyak dikunjungi masyarakat pada saat libur lebaran.

Personel yang ditempatkan juga mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati terhadap barang bawaan serta memarkir kendaraan pada tempat yang mudah diawasi.

"Personel lakukan juga akan melakukan koordinasi dengan pihak obyek wisata yang mempunyai tanggung jawab saling bekerjasama bersama menjaga kondusivitas keamanan," terangnya.

Baca Juga: Stabilkan Harga, Pertamina Tambah Pasokan 253.440 LPG Subsidi di NTB

2. Sasar objek wisata di pesisir pantai

Libur Lebaran, Ratusan Polisi Diterjunkan Jaga Objek Wisata di MataramParalayang di Pantai Loang Baloq (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sementara itu, Unit Patroli Polsek Ampenan Polresta Mataram menyasar objek wisata pesisir pantai di Kecamatan Ampenan. Beberapa objek wisata seperti Pantai Bom atau Pantai Ampenan, Pantai Loang Baloq, Pantai Tanjung Karang dan Pantai Gading secara ketat dipantau Unit Patroli Polsek Ampenan.

Kapolsek Ampenan AKP Gede Sukarta mengatakan Unit Patroli Polsek Ampenan dipimpin Panit Patroli Ipda Romi Ramayadi bersama piket fungsi menyasar objek wisata pesisir pantai sebagai bentuk pengawasan perlindungan kepada masyarakat yang berlibur.

"Hal ini untuk menjamin masyarakat agar selalu meningkatkan kewaspadaannya terhadap tindak kejahatan dan barang bawaannya serta menjaga kebersihan di sepanjang pesisir pantai," kata Gede.

3. Orangtua diminta awasi anaknya yang berenang di pantai

Libur Lebaran, Ratusan Polisi Diterjunkan Jaga Objek Wisata di MataramArea parkir dan panggung hiburan taman wisata Loang Baloq (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ia meminta orangtua agar mengawasi anak-anaknya yang berenang di pantai. Selain itu, pengunjung objek wisata juga diminta memarkir kendaraan di lokasi yang sudah disediakan agar mudah dipantau.

Pengunjung diingatkan selalu mengunci setang kendaraan dan menggunakan kunci ganda serta tidak meninggalkan barang berharga di bagasi motor yang terbuka.

Gede menambahkan personel patroli Polsek Amoenan menyampaikan kepada pemilik kendaraan dan masyarakat agar segera melaporkan ke kantor polisi terdekat apabila terjadi gangguan kamtibmas.

Baca Juga: Lobar Gelar Lebaran Topat 17 April, Dipusatkan di Pantai Tanjung Bias

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya