Konsumsi Naik, 41.600 Tabung LPG Subsidi Ditambah untuk Pulau Sumbawa

Konsumsi melonjak saat Ramadan

Mataram, IDN Times - PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus menambah pasokan 41.600 tabung LPG 3 Kg atau LPG subsidi di wilayah Pulau Sumbawa. Penambahan pasokan LPG subsidi lantaran adanya peningkatan konsumsi yang signifikan di kabupaten/kota yang ada di wilayah Pulau Sumbawa.

“Kenaikan konsumsi LPG 3 Kg tersebut disebabkan oleh permintaan yang meningkat di masyarakat pada masa libur hari raya keagamaan, bulan Ramadan dan musim tanam yang terjadi dalam waktu yang berdekatan,” kata Area Manager Communication Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Ahad Rahedi, Jumat (15/3/2024).

1. Peningkatan konsumsi juga terjadi di sektor bisnis UMKM

Konsumsi Naik, 41.600 Tabung LPG Subsidi Ditambah untuk Pulau SumbawaArea Manager Communication Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Ahad Rahedi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Selain permintaan yang meningkat di masyarakat, kata Ahad, konsumsi LPG 3 Kg juga mengalami peningkatan di sektor bisnis UMKM. Karena penjualan dan produksinya turut meningkat pada bulan Ramadan.

Peningkatan konsumsi terbanyak terdapat di kota dan kabupaten Bima, Kabupaten Dompu, Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat.

Dikatakan, Pertamina telah melakukan pendistribusian LPG dengan fokus di wilayah yang mengalami kekurangan dan melaksanakan monitoring stok di agen dan pangkalan resmi secara berkala.

Baca Juga: Siap-siap! Pemprov NTB Dapat Jatah 500 Formasi CPNS dan PPPK 2024

2. Harga LPG 3 Kg ditemukan melebihi HET

Konsumsi Naik, 41.600 Tabung LPG Subsidi Ditambah untuk Pulau SumbawaIlustrasi LPG. (IDN Times/Holy Kartika)

Ahad menyatakan koordinasi terus dilakukan Pertamina dengan Pemda setempat. Salah satunya melalui kegiatan inspeksi mendadak (sidak) LPG ke lapangan.

Dimana, dalam sidak tersebut masih banyak ditemukan harga LPG yang melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah pada level pengecer.

"Untuk di pangkalan resmi Pertamina sendiri harga LPG 3 kg subsidi masih sesuai dengan HET yang ditetapkan pemerintah yaitu Rp18.500," sebutnya.

3. Tambah pasokan 41.600 tabung LPG 3 Kg di Pulau Sumbawa

Konsumsi Naik, 41.600 Tabung LPG Subsidi Ditambah untuk Pulau SumbawaIlustrasi LPG. (Dok. Istimewa)

Untuk memastikan kebutuhan masyarkat terpenuhi pada bulan Ramadan, Pertamina menambah pasokan atau extra dropping yang disalurkan secara bertahap dengan total sebanyak 41.600 tabung LPG 3 Kg untuk wilayah Pulau Sumbawa.

Dengan rincian pada 18 Februari 2024 sebanyak 8.400 tabung LPG 3 Kg untuk untuk penyaluran di wilayah Kabupaten Dompu 2.800 tabung, Kota Bima 1.680 tabung dan Kabupaten Bima sebanyak 3.920 tabung.

Kemudian pada 9 Maret 2024, Pertamina kembali menambah penyaluran sebanyak 16.600 tabung LPG 3 Kg untuk Pulau Sumbawa. Dengan alokasi Kabupaten Sumbawa Barat 1.680 tabung, Kabupaten Sumbawa 5.960 tabung, Kabupaten Dompu 3.360 tabung, Kota Bima 1.680 tabung dan Kabupaten Bima 3.920 tabung.

Penambahan pasokan LPG subsidi 3 Kg juga dijadwalkan pada 15 - 17 Maret sebanhak 16.600 tabung atau sekitar 51 persen dari konsumsi harian normal.

Dengan pembagian sebanyak 1.680 tabung untuk wilayah Kabupaten Sumbawa Barat, 5.400 tabung untuk Kabupaten Sumbawa, 1.680 tabung untuk Kabuapten Dompu, 2.240 tabung untuk Kota Bima dan sejumlah 5.600 tabung untuk Kabuapten Bima.

Ahad mengatakan pendistribusian tambahan pasokan LPG 3 Kg berjalan normal, mulai dari Fuel Terminal ke Agen Pertamina sampai dengan pangkalan resmi. Pihaknya terus berupaya untuk memastikan penyaluran tepat sasaran, dan mengimbau warga untuk membeli LPG di pangkalan resmi Pertamina menggunakan KTP mengikuti edaran pemerintah guna menyukseskan program subsidi tepat LPG 3 kg serta meminimalisir kekurangan stok.

Baca Juga: Tak Mampu Bayar Lahan Rp253 Miliar, NTB Pilih Kerja Sama dengan ITDC

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya