KM Vision Global Tenggelam, 13 Kru Selamat Dibawa ke Pelabuhan Bima

8 korban masih hilang dan dalam proses pencarian

Mataram, IDN Times - Kapal Motor (KM) Vision Global rute Tuban Jawa Timur menuju Maumere, Nusa Tenggara Timur (NTT) tenggelam di selatan Pulau Sepanjang Kabupaten Sumenep Jawa Timur pada Selasa (19/12/2023).

Sebanyak 13 kru KM Vision Global berhasil diselamatkan, sedangkan 8 orang masih hilang dan dalam proses pencarian. Sementara, 13 kru yang berhasil diselamatkan selanjutnya dibawa ke Pelabuhan Bima, NTB.

"13 kru kapal ini berhasil diselamatkan oleh KM Niki Mila Utama, sementara delapan orang lainnya belum ditemukan," kata Kepala Kantor SAR Mataram Lalu Wahyu Efendi di Mataram, Kamis (21/12/2023).

1. Korban selamat dibawa ke Pelabuhan Bima

KM Vision Global Tenggelam, 13 Kru Selamat Dibawa ke Pelabuhan BimaKru KM Vision Global yang berhasil diselamatkan. (Dok. SAR Mataram)

Wahyu mengatakan sebanyak 13 korban yang berhasil diselamatkan ditemukan di dalam liferaft pada pukul 23.51 WITA. Liferaft adalah sebutan untuk perahu karet dengan tenda pelindung dan dilengkapi obat-obatan, perbekalan makanan dan minuman untuk keadaan darurat

Selanjutnya, 13 kru KM Vision Global yang berhasil diselamatkan dibawa ke Pelabuhan Bima. "Tiba di Pelabuhan Bima kemarin, pukul 23.00 WITA, selanjutnya dilakukan pendataan korban selamat di KSOP Bima," terang Wahyu.

Baca Juga: 577 Honorer Pemprov NTB Lulus PPPK Teknis dan Nakes, Cek Rinciannya!

2. Kantor SAR Mataram kerahkan kapal RB 220 lakukan pencarian korban hilang

KM Vision Global Tenggelam, 13 Kru Selamat Dibawa ke Pelabuhan BimaKru KM Vision Global yang selamat dibawa ke Pelabuhan Bima NTB. (dok. SAR Mataram)

Wahyu menjelaskan Kantor SAR Mataram mengerahkan personel dan kapal Rescue Boat (RB) 220 Mataram. Pengerahan personel dan kapal RB 220 Mataram untuk membantu Kantor SAR Surabaya.

Kantor SAR Mataram membantu Kantor SAR Surabaya dalam melaksanakan operasi SAR terhadap sisa korban yang belum ditemukan. "Pengendalian operasi SAR dari Kantor SAR Surabaya," jelas Wahyu.

3. Identitas korban yang selamat

KM Vision Global Tenggelam, 13 Kru Selamat Dibawa ke Pelabuhan BimaPersonel SAR Mataram saat melakukan pencarian terhadap korban yang masih hilang. (dok. SAR Mataram)

Wahyu menyebutkan identitas 13 kru KM Vision Global yang berhasil diselamatkan. Adapun data korban yang selamat antara lain Cross Victory Siridaeng, Anesta Dermawan Eka, Alfian Yusuf, Mohommad Solihan.

Kemudian Marcelo Cristian Manuel, M. Fajar Ekoardi, Holilar Rohman, Bintang Fajar, Fajara Wicaksono, Wisnu Adhi Wardana, Hasan Ibrahim, Achmad Zuhairi Septyan, dan Muhammad Taufik.

Baca Juga: Ancaman Bencana Hidrometeorologi, Pendakian Rinjani Ditutup 3 Bulan

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya