Kerja Sama NTB dan Jabar dalam Enam Sektor Pengembangan Daerah

Kerja sama menyeluruh di 6 instansi

Mataram, IDN Times - Pemprov Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Jawa Barat menjalin kerja sama meliputi 6 sektor pengembangan daerah. Kesepakatan kerja sama dipimpin Gubernur NTB Zulkieflimansyah yang bertemu langsung dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Bandung pada 23 Februari 2022. 

Zulkieflimansyah mengatakan, NTB harus berbenah diri mengingat mereka akan menjadi tuan rumah berbagai ajang internasional. Seperti balapan MotoGP, World Superbike (WSBK), dan Motocross Grand Prix (MXGP) tahun 2022 ini.

"Banyaknya event internasional seperti WSBK, MotoGP, nantinya juga akan dilaksanakan MXGP dan masih banyak event lainnya. Hal ini menjadikan Provinsi NTB harus terus berbenah dan belajar dari Jabar," katanya lewat keterangan pers, Kamis (24/2/2022)

1. NTB dan Jabar tandatangani 6 perjanjian kerja sama

Kerja Sama NTB dan Jabar dalam Enam Sektor Pengembangan DaerahGubernur NTB Zulkieflimansyah berbincang dengan Gubernur Jabar Ridwan Kamil disela-sela penandatanganan kerja sama antara kedua daerah (Dok. Diskominfotik NTB)

Sebanyak 6 perjanjian kerja sama ditandatangani di antaranya Dinas Perindustrian dan Perdagangan tentang Pembangunan dan Pengembangan Daerah Urusan Perindustrian dan Perdagangan.

Selanjutnya, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil tentang Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Kecil.

Selain itu, Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) tentang Peningkatan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Disusul Dinas Pariwisata dan Kebudayaan tentang Kerja Sama Pembangunan Daerah Bidang Pariwisata.

Serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tentang Kerja Sama Pembangunan Daerah Bidang Pendidikan.

Baca Juga: Tarif Penginapan di Lombok Mulai Rp150 Ribu hingga Rp8 Juta

2. Saatnya NTB berlari cepat

Kerja Sama NTB dan Jabar dalam Enam Sektor Pengembangan DaerahGubernur NTB Zulkieflimansyah (Dok. Diskominfotik NTB)

Dalam kesempatan itu, Zulkieflimansyah mengatakan, Provinsi NTB sudah saatnya berlari kencang dalam pembangunan. Salah satunya dengan belajar dengan raihan sudah dicapai provinsi lain, salah satunya dari Jabar. 

Kerja sama antara NTB dan Jabar menjadi langkah awal untuk perjalanan panjang ke depan. 

Sedangkan Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, perlunya memperbanyak kolaborasi dan mengurangi kompetisi. Karena NTB dan Jabar sama-sama dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Hal ini juga saya tujunkkan bagaimana Jabar dan NTB bisa bersinergi dalam berbagai bidang dan kolaborasi yang dilakukan harus terus berjalan," katanya.

3. Kerja sama hadapi event MotoGP

Kerja Sama NTB dan Jabar dalam Enam Sektor Pengembangan DaerahGubernur Jabar Ridwan Kamil (Dok. Diskominfotik NTB)

Ridwan pun mencontohkan dalam pagelaran balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika Lombok Tengah NTB pada pertengahan Maret mendatang. Jabar dan NTB, menurutnya sudah berkolaborasi dalam mempersiapkan produk-produk merchandise diperdagangkan dalam Sirkuit Mandalika.

"Banyak produk-produk merchandise MotoGP yang dijual oleh warga NTB dan diproduksi di Jabar," ungkap Kang Emil.

Di sisi lain, 15 barista NTB pun dapat meningkatkan kapasitas dengan belajar di Bandung. Kerja sama ini memberikan kesempatan kepada warga NTB dalam meningkatkan kemampuannya. 

Baca Juga: Wagub NTB Apresiasi Pembentukan Forum Jurnalis Perempuan Cabang NTB

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya