Keren! Kampung Wisata Loang Baloq Mataram Juara I ADWI 2022 

Desa Wisata Buwun Sejati Lombok Barat meraih juara harapan 2

Mataram, IDN Times - Kampung Wisata Loang Baloq, Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) berhasil meraih juara I dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Selain itu, Desa Wisata Buwun Sejati, Kecamatan Narmada, Lombok Barat juga berhasil meraih juara harapan 2 ADWI 2022 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tersebut.

"Kampung Wisata Loang Baloq telah meraih juara 1 kategori suvenir di ajang ADWI 2022 dan Desa Wisata Buwun Sejati juara harapan 2 dalam kategori desa wisata rintisan," kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi NTB, Yusron Hadi, Minggu (30/10/2022) malam.

1. Bersaing dengan ribuan desa wisata di Indonesia

Keren! Kampung Wisata Loang Baloq Mataram Juara I ADWI 2022 Desa wisata Taman Loang Baloq di Kota Mataram (IDN Times/Muhammad Nasir)

Penganugerahan ADWI 2022 berlangsung di Ballroom Susilo Sudirman Kantor Kemenparektaf RI, Minggu (30/10/2022) malam. Bagi juara I mendapatkan hadiah uang pembinaan Rp30 juta, juara II sebesar Rp 25 juta, juara III sebesar Rp20 juta, juara harapan I Rp15 juta dan juara harapan 2 mendapatkan Rp10 juta selain tropi dan piagam penghargaan.

Dua desa wisata yang berhasil meraih juara I dan harapan II dalam ADWI 2022, kata Yusron, setelah bersaing dengan ribuan desa wisata di seluruh Indonesia. Dikatakan, sebanyak 3.500 desa wisata yang mendaftar dalam ajang ADWI 2022. Dari jumlah tersebut, Kampung Wisata Loang Baloq dan Desa Wisata Buwun Sejati berhasil masuk 50 besar.

"Ada 11 kategori diperebutkan oleh 50 desa wisata yang masuk tahap akhir," tutur Yusron.

Baca Juga: 148,85 Ton Logistik WSBK 2022 Telah Tiba di Lombok 

2. Bangun semangat kemandirian untuk keberlanjutan desa wisata

Keren! Kampung Wisata Loang Baloq Mataram Juara I ADWI 2022 Wisata paralayang di Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq (Foto Istimewa)

Prestasi yang diraih dalam ajang ADWI 2022, kata Yusron, jauh lebih baik dibandingkan pada 2021. Dimana, pada ADWI 2021, empat desa wisata hanya mampu meraih juara harapan 1. Tahun ini, Kampung Wisata Loang Baloq mampu menjadi yang terbaik di Indonesia dengan meraih juara I ADWI 2022 kategori suvenir.

"Ini adalah bukti sinergi dalam membangun desa wisata modal terkuat yg bisa memberi hasil yang luar biasa. Semoga ini memacu desa wisata kita lainnya untuk terus berkembang dan mandiri maupun maju," harapnya.

Pemerintah memberikan stimulasi dan mendampingi desa wisata yang ada. Para pengelola desa wisata diminta terus menguatkan kerja tim dan membangun semangat kemandirian untuk keberlanjutan desa wisata.

3. Jadi barometer destinasi wisata di Kota Mataram

Keren! Kampung Wisata Loang Baloq Mataram Juara I ADWI 2022 Toilet di Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq kota Mataram yang disiapkan standar internasional. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram, Nizar Denny Cahyadi mengatakan Kampung Wisata Loang Baloq atau Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq merupakan salah satu ikon pariwisata kita di kota Mataram. Destinasi wisata itu diresmikan pada awal 2022 lalu.

Kampung Wisata Loang Baloq diharapkan tetap asri, indah, aman, bersih dan nyaman dikunjungi wisatawan. Selain itu, Kampung Wisata Loang Baloq juga menjadi barometer destinasi wisata di Kota Mataram.

Pada 2022 ini, Pemkot Mataram juga akan melakukan pembenahan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Pagutan. Di RTH Pagutan akan dibuat bencingah atau balai budaya yang akan dipergunakan untuk acara-acara kebudayaan, dan acara seremonial lainnya.

Baca Juga: Bangun Ekosistem Kendaraan Listrik, NTB Target Nol Emisi Karbon 2050

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya