Jubir Timnas AMIN Satu TPS dengan Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud

Zulkieflimansyah dan TGB satu TPS di Mataram

Mataram, IDN Times - Juru Bicara (Jubir) Tim Nasional (Timnas) pemenangan Anies - Muhaimin (AMIN), Zulkieflimansyah (Bang Zul) dan Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar - Mahfud, TGH M Zainul Majdi (TGB) nyoblos pada Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang sama di Kota Mataram, Rabu (14/2/2024). Bang Zul datang lebih awal, kemudian disusul TGB.

Kedua mantan Gubernur NTB itu menggunakan hak pilihnya di TPS 01 Lingkungan Pusaka, Kelurahan Pejanggik, Kecamatan Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).

1. Nyoblos bersama istri

Jubir Timnas AMIN Satu TPS dengan Wakil Ketua TPN Ganjar-MahfudWakil Ketua TPN Ganjar, TGH M Zainul Majdi nyoblos bersama istrinya di Mataram pada Rabu (14/2/2024). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Pantauan IDN Times, Jubir Timnas AMIN Zulkieflimansyah datang lebih awal. Ia datang nyoblos bersama istrinya, Niken Saptarini Zulkieflimansyah dan anaknya Ibrahim. Bang Zul, sapaan akrab mantan Gubernur NTB ini, menggunakan hak pilih bersama istri dan anaknya sekitar pukul 08.00 WITA.

Kemudian Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud TGH. M Zainul Majdi yang biasa disapa TGB ini datang bersama istri ke TPS 01 Lingkungan Pusaka sekitar pukul 09.06 WITA. Karena banyaknya pemilih, TGB harus antre. Ia baru mendapatkan giliran menggunakan hak pilihnya sekitar pukul 10.13 WITA.

Baca Juga: 296 TPS di NTB Rawan Politik Uang, PPATK Awasi Transaksi Nontunai

2. Bang Zul komentari pemilu 2024

Jubir Timnas AMIN Satu TPS dengan Wakil Ketua TPN Ganjar-MahfudJubir Timnas AMIN, Zulkieflimansyah melakukan pencoblosan di Mataram, NTB pada Rabu (14/2/2024). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Dikonfirmasi usai menggunakan hak pilihnya, Bang Zul mengatakan kehadiran media sosial membuat Pemilu 2024 berbeda dibandingkan sebelumnya. Ia melihat kemeriahan Pemilu 2024 sudah terasa sejak dua hari lalu.

"Dengan hadirnya social media yang begitu masif, kemeriahan pemilu sekarang agak beda. Kemeriahannya sudah terasa sejak dua hari yang lalu. Jadi orang sudah gak tidur, ngopi-ngopi, membincangkan tentang moment of truth atau apa yang dilakukan hari ini," kata Bang Zul.

3. Beda pilihan dalam satu keluarga hal biasa

Jubir Timnas AMIN Satu TPS dengan Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfuddok.pribadi/Jocelyn Valencia

Ia melihat kesiapan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di masing-masing TPS sudah cukup luar biasa. Begitu juga aparat keamanan, menjalankan tugasnya dengan bagus. Gubernur NTB periode 2018-2023 ini berharap pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan tertib, aman, lancar dan damai.

Menurutnya, pelaksanaan Pemilu 2024 di NTB cukup baik. Masyarakat masih kompak meski ada tiga pilihan Capres dan Cawapres. "Dalam satu keluarga kadang beda pilihan hal yang biasa. Ini menunjukkan kematangan demokrasi yang lebih baik," ujarnya.

4. Masyarakat diimbau jangan terprovokasi berlebihan

Jubir Timnas AMIN Satu TPS dengan Wakil Ketua TPN Ganjar-MahfudWakil Ketua TPN Ganjar, TGH M Zainul Majdi nyoblos bersama istrinya di Mataram pada Rabu (14/2/2024). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Terkait dinamika yang terjadi pada masa tenang hingga menjelang pemungutan suara, seperti munculnya film Dirty Vote yang mengulas soal kecurangan Pilpres 2024, Bang Zul mengatakan masyarakat sudah dewasa. Masyarakat diminta tidak terprovokasi berlebihan.

"Tentu ada hal-hal seperti disampaikan dalam film atau apa, tapi sudah cukup dewasa masyarakat kita untuk tidak terprovokasi berlebihan," terangnya.

Kepada para pendukung pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 01, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Bang Zul meminta pendukung berpartisipasi dengan baik pada pemilu 2024. Selain itu, ia meminta pendukung menjaga ketertiban, sehingga itu yang ditunjukkan pada dunia bahwa masyarakat NTB sudah matang dalam berdemokrasi.

Baca Juga: KPU NTB Temukan 812 TPS Blank Spot dan Lemah Sinyal pada Pemilu 2024

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya