Jubir Timnas AMIN Hadiri Kampanye Ganjar Pranowo di NTB

Ganjar serap aspirasi Milenial dan Gen Z di Kota Mataram

Mataram, IDN Times - Calon presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo berdialog dengan Millennial dan Gen Z di kafe Dapoer Sasak, Kota Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Sabtu 2 Desember 2023. Uniknya, di sela-sela kerumunan pendukung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD terlihat sosok yang tidak biasa. 

Turut hadir Juru Bicara (Jubir) Pasangan Capres dan Cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) Zulkieflimansyah dalam barisan warga pendukung Ganjar. Selain itu, turut hadir Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud TGB M Zainul Majdi, dan Ketua DPD PDI Perjuangan NTB Rachmat Hidayat.

Zulkieflimansyah menjelaskan soal kehadirannya pada acara kampanye dialogis Ganjar Pranowo ini. Mantan Gubernur NTB ini mengatakan dirinya hadir pada acara tersebut karena diundang.

"Malam ini diundang di acara Mas Ganjar di Mataram. Seperti reuni saja jadinya karena dulu pernah sama-sama jadi gubernur," kata pria yang akrab disapa Bang Zul ini.

1. Partai boleh beda tapi persahabatan harus tetap dijaga

Jubir Timnas AMIN Hadiri Kampanye Ganjar Pranowo di NTBCapres Ganjar Pranowo berdialog dengan Milenial dan Gen Z di Kota Mataram, Sabtu (2/12/2023) malam. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Bang Zul mengungkapkan dirinya sudah bersahabat cukup lama dengan Ganjar Pranowo sejak keduanya sama-sama menjadi Anggota DPR RI. Menurutnya, perbedaan dukungan di Pilpres 2024, tidak lantas membuat orang jadi bermusuhan.

"Partai boleh beda. Capres boleh beda, tapi persahabatan tetap harus dijaga," kata Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Bang Zul mengatakan, Tim Capres Ganjar Pranowo yang mengundang dirinya menghadiri acara di Dapoer Sasak sudah tahu betul bahwa ia merupakan Ketua DPP PKS dan Jubir Timnas AMIN. Walaupun dirinya dan PKS mendukung pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, jika diundang oleh Ganjar Pranowo, maka pasti akan datang.

"Mas Ganjar bukan orang lain bagi saya. Beliau sohib dan tetangga saya di Kalibata ketika sama-sama di DPR dulu. Jadi walaupun pilihan politik kami berbeda, itu semua tak akan memutus silaturahmi dan persahabatan kami," ucap Bang Zul.

Baca Juga: Gerindra Target Pertahankan Kemenangan Prabowo Subianto di NTB

2. Pro dan kontra hal yang biasa

Jubir Timnas AMIN Hadiri Kampanye Ganjar Pranowo di NTBMantan Gubernur NTB Zulkieflimansyah. (dok. Diskominfotik NTB)

Bang Zul mengaku kedatangannya dalam kampanye Ganjar Pranowo bisa jadi akan membawa pro kontra di antara masyarakat. Ia hanya menegaskan, Ganjar Pranowo berada di NTB adalah tamu sehingga keberadaannya pantas untuk dihormati. 

Menurutnya, Ganjar Pranowo bukan hanya sekadar capres dari PDIP, Perindo, PPP dan Hanura. Tetapi Ganjar Pranowo adalah calon presiden bagi semua. Kedatangan Ganjar Pranowo ke NTB dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan masukan untuk kepentingan daerah ke depannya

"Hal yang sama juga akan kita lakukan ketika Mas Anis dan Pak Prabowo datang. Mereka pemimpin-pemimpin kita dan mereka milik kita semua. Kalau di level nasional masih sulit. Ayo kita mulai dari daerah kita di NTB ini," ujar Bang Zul.

Menurutnya, perlu dihadirkan politik yang sejak, guyub penuh persahabatan dan kehangatan. Politik yang tidak terkotak-kotak oleh partai politik, suku dan agama.

"Partai dan calon boleh saja berbeda, tapi persahabatan dan persaudaraan kita tak boleh terganggu sama sekali," kata Gubernur NTB periode 2018 - 2023 ini.

3. Ganjar serap aspirasi Millennial dan Gen Z di Kota Mataram

Jubir Timnas AMIN Hadiri Kampanye Ganjar Pranowo di NTBCapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Kedatangan Capres Ganjar Pranowo ke Kota Mataram untuk menyerap aspirasi Millennial dan Gen Z di NTB terutama soal penyerapan lapangan kerja. 

"Rata-rata sama soal lapangan pekerjaan. Apakah kami nanti bisa mendapatkan lapangan pekerjaan. Ini menjadi PR yang saya kira akan merumuskan. Makanya saya sampaikan pada kawan-kawan, awas ya kita akan masuk bonus demografi. Inilah yang hari ini kita diskusikan," kata Ganjar usai dialog.

Ganjar mengatakan anak-anak muda punya banyak bakat dan talenta yang menginginkan mendapatkan saluran yang tepat. Selain itu, mantan Gubernur Jawa Tengah ini menyerap aspirasi dari anak-anak berkebutuhan khusus atau disabilitas.

"Kita mesti mulai mendorong sekolah-sekolah mulai bergerak agar menjadi sekolah inklusi. Sehingga nanti mereka yang berkebutuhan khusus bisa bersekolah dengan kawan-kawan yang lainnya dan kita satukan. Supaya bisa saling mengetahui apa yang menjadi kebutuhan masing-masing untuk menumbuhkan nilai kemanusiaan," ujarnya.

Baca Juga: Capres Ganjar Pranowo Disambut Teriakan, "Hidup Presiden 2024" di Bima

Topik:

  • Sri Wibisono
  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya