Jadwal Race MotoGP Mandalika Hari Terakhir

Marini, Vinales dan Aleix Espargaro start di posisi terdepan

Lombok Tengah, IDN Times - Juara MotoGP Mandalika akan ditentukan pada hari ini, Minggu (15/10/2023). Para rider MotoGP akan kembali beradu kecepatan di balapan utama setelah menyelesaikan sprint race, Sabtu (14/10/2023) sore kemarin.

Balapan utama MotoGP Mandalika 2023 akan dihadiri langsung Presiden Joko 'Jokowi' Widodo bersama lima menteri Kabinet Indonesia Maju. Jokowi juga direncanakan menyerahkan medali kepada para juara MotoGP Mandalika 2023.

1. Jadwal lengkap MotoGP Mandalika, Minggu 15 Oktober 2023

Jadwal Race MotoGP Mandalika Hari TerakhirPenonton MotoGP Mandalika di hari kedua, Sabtu (14/10/2023) memadati area depan paddock. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Selain balapan utama untuk kelas MotoGP, pada hari ini juga merupakan race untuk kelas Moto2 dan Moto3. Bahkan untuk Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) merupakan race 2.

Hari terakhir IndonesianGP 2023 akan dimulai dengan race Idemitsu Asia Talent Cup dan disusul oleh pemanasan kelas MotoGP. Para riders MotoGP pun akan melakukan Rider Fan Parade untuk menyapa para penggemar sebelum bertanding.

Selanjutnya, akan berlangsung race kelas Moto3 pada pukul 12.00 WITA dan diikuti oleh race kelas Moto2 pada pukul 13.15 WITA. Ada pun, kelas MotoGP akan memulai race pada pukul 15.00 WITA.

Berikut jadwal lengkap race MotoGP Mandalika pada hari terakhir, Minggu (15/10/2023), sebagai berikut:

  • 09.30 - 10.00 Moto2 & Moto3 Herowalk
  • 09.45 Balapan IATC 2
    10.40 - 10.50 Pemanasan MotoGP
  • 11.00 Parade Penggemar Pembalap MotoGP
  • 11.00 - 11.30 Pitwalk
  • 11.20 - 11.50 MotoGP Herowalk
  • 12.00 Balapan Moto3
  • 13.15 Balapan Moto2
  • 14.00 - 14.25 MotoEX2
  • 14.51 Menyanyikan Lagu Kebangsaan
  • 15.00 Balapan MotoGP

Pada race MotoGP hari ini, urutan start akan sesuai dengan hasil sesi kualifikasi 2 (Q2) atau sama dengan starting grid saat sprint race. Luca Marini akan berada di pole position disusul Vinales dan Aleix Espargaro di posisi dua dan ketiga.

Baca Juga: Presiden Jokowi Dipastikan Nonton MotoGP Mandalika 2023 Hari Terakhir

2. Kejutan MotoGP Mandalika hari kedua

Jadwal Race MotoGP Mandalika Hari TerakhirPembalap Prima Pramac Racing Jorge Martin (motogp.com)

Pertamina Grand Prix of Indonesia atau Indonesian GP 2023 pada hari kedua, Sabtu (14/10/2023) berjalan lancar. Berbagai kejutan hadir mulai dari sesi kualifikasi hingga sprint race di kelas MotoGP.

Rider MotoGP asal Spanyol dari tim Prima Pramac Racing, Jorge Martin, berhasil mendapatkan podium pertama dengan catatan waktu 19 menit 49,711 detik. Martin yang memulai start di posisi enam tampil percaya diri sejak awal race dan konsisten sejak merebut posisi satu di lintasan.

Berada di podium kedua, pembalap Italia dari Mooney VR46 Racing Team, Luca Marini, dengan selisih 1,131 detik dari Martin. Adapun adik dari legenda MotoGP sekaligus juara dunia 9 kali, Valentino Rossi, itu mengawali race dari pole position.

Rider senegara dan satu tim Marini, Marco Bezzecchi, mengamankan podium ketiga dengan selisih waktu 2,081 detik. Mengawali sprint race dari posisi sembilan, Bezzecchi yang masih mengalami cedera di bahu tampil impresif dan berhasil menyalip pembalap Spanyol dari tim Aprilia Racing, Maverick Vinales, di lap terakhir.

Sementara itu, nasib sial menimpa rider Spanyol dari Repsol Honda Team, Marc Marquez, yang gagal finis setelah terjatuh di tikungan ke-11. Insiden juga terjadi pada rider Spanyol dari Aprilia Racing, Aleix Espargaro, dan rider Afrika Selatan dari Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder.

Keduanya bersinggungan di lintasan pada lap ke-6 sehingga Espargaro tak mampu menyelesaikan balapan. Ada pun Binder masih mampu finis dengan selisih waktu 43,090 detik. Dengan hasil sprint race ini, Martin yang sebelumnya berada di posisi kedua klasemen sementara pembalap MotoGP musim ini, kini memimpin dengan 328 poin.

Martin menggeser rider Ducati Lenovo Team sekaligus juara dunia MotoGP 2022, Francesco Bagnaia. Pada sprint race, pembalap asal Italia tersebut hanya mampu finis di posisi enam dengan akumulasi poin 321. Sementara Itu, Bezzecchi memantapkan posisinya di peringkat ketiga dengan 272 poin.

3. Dirut MGPA: rider jatuh bukan disebabkan lintasan sirkuit

Jadwal Race MotoGP Mandalika Hari TerakhirIlustrasi Marc Marquez mengalami kecelakaan. (motogp.com)

Sementara itu, Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria mengatakan hari kedua IndonesianGP 2023 di Sirkuit Mandalika berjalan dengan sangat lancar. Seluruh aspek terkait balapan mampu menghadirkan tontonan menarik mulai dari kualifikasi hingga sprint race.

Priandhi mengatakan sejumlah riders mengaku puas dengan lintasan Sirkuit Mandalika dan kualitasnya meningkat dibandingkan dengan event yang sama tahun lalu.

“Setidaknya 3 pembalap yang saya temui setelah sprint race semuanya menyatakan lintasan sangat bagus dan berbeda dengan tahun lalu. Mereka juga bilang beberapa insiden jatuhnya pembalap bukan disebabkan oleh lintasan sirkuit,” tutur Priandhi.

Menurutnya, ajang sprint race pada hari kedua MotoGP Mandalika 2023 menjadi gambaran kualitas balapan di hari ketiga. Pasalnya, para pembalap di kelas paling bergengsi MotoGP, telah memacu motornya habis-habisan dalam 13 lap dan semuanya berjalan berjalan dengan baik.

Baca Juga: Tak Lanjutkan Balapan, Marc Marquez dan Aleix Espargaro Kecelakaan

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya