Jadwal Lengkap Pendaftaran Tiga Pasangan Cagub dan Cawagub NTB 2024

Zul-Uhel dan Rohmi-Firin mendaftar di hari yang sama

Mataram, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai membuka pendaftaran pasangan Bakal Calon Gubernur (Cagub) dan Wakil Gubernur (Cawagub) NTB pada Selasa - Kamis, 27 - 29 Agustus 2024. KPU NTB membatasi jumlah massa yang mengantar bakal pasangan Cagub dan Cawagub ke Kantor KPU sebanyak 200 orang.

Tiga pasangan bakal Cagub dan Cawagub NTB 2024 telah meminta pembukaan akun Sistem Informasi Pencalonan (Silon) ke KPU NTB. Ketiganya adalah pasangan Zulkieflimansyah - Suhaili FT alias Zul - Uhel, pasangan Lalu Muhamad Iqbal - Indah Dhamayanti Putri alias Iqbal-Dinda dan pasangan Sitti Rohmi Djalilah - W. Musyafirin alias Rohmi-Firin.

Pasangan Zul-Uhel didukung koalisi parpol PKS, Demokrat dan Nasdem. Kemudian pasangan Iqbal-Dinda didukung koalisi parpol Gerindra, Golkar, PPP, PAN, PBB, Hanura, Gelora dan PSI. Sedangkan pasangan Rohmi-Firin didukung koalisi parpol PKB, PDIP dan Perindo.

"Konfirmasi Paslon per hari ini, pertama yang minta akun silon ada pasangan calon. Kemudian untuk secara resmi pemberitahuan untuk pendaftaran tiga pasangan calon," kata Komisioner KPU NTB Agus Hilman di Mataram, Senin (26/8/2024).

1. Jam pembukaan dan penutupan pendaftaran

Jadwal Lengkap Pendaftaran Tiga Pasangan Cagub dan Cawagub NTB 2024Baliho pasangan Zul-Suhaili di pintu masuk eks Bandara Selaparang saat gelaran MXGP Lombok 2024. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Hilman menyatakan KPU NTB sudah siap menerima pendaftaran bakal pasangan Cagub dan Cawagub NTB 2024. Untuk tanggal 27 dan 28 Agustus 2024, KPU NTB membuka pendaftaran pukul 08.00 - 16.00 WITA. Sedangkan pada hari terakhir, Kamis 29 Agustus 2024, KPU NTB membuka pendaftaran mulai pukul 08.00 hingga pukul 23.59 WITA.

"Berkaitan dengan batasan massa, karena kapasitas tempat terbatas, dan calon gubernur selalu membawa massa yang besar. Kapasitas massa yang kita sediakan hanya 200 orang setiap bakal pasangan calon," sebut Hilman.

Hilman menyebutkan pihaknya sudah menerima pemberitahuan untuk pendaftaran dari ketiga pasangan Cagub dan Cawagub NTB 2024. Dua pasangan calon akan mendaftar pada Rabu, 28 Agustus 2024.

Mereka adalah pasangan Zul-Uhel dan Rohmi-Firin yang akan mendaftar ke KPU NTB pada siang hari. Sedangkan pasangan Iqbal-Dinda akan mendaftar pada Kamis, 29 Agustus 2024.

Saat pendaftaran, harus dibayarkan Ketua dan Sekretaris partai pengusung pasangan Cagub dan Cawagub NTB 2024.

Baca Juga: Mengejutkan, NW Dukung SJP-TGF yang Diusung PKS pada Pilkada Lotim

2. Dua pasangan Cagub dan Cawagub NTB daftar tanggal 28 Agustus 2024

Jadwal Lengkap Pendaftaran Tiga Pasangan Cagub dan Cawagub NTB 2024Baliho pasangan Rohmi-Firin. (dok. Istimewa)

Sebanyak dua pasangan Cagub dan Cawagub NTB akan mendaftar di hari yang sama. Pasangan Rohmi-Firin dan Zul - Uhel akan mendaftar pada Rabu, 28 Agustus 2024.
Calon Wakil Gubernur NTB W. Musyafirin mengatakan pasangan Rohmi-Firin akan mendaftar pada hari kedua masa pendaftaran.

"Rohmi-Firin akan daftar ke KPU insyaallah hari Rabu, 28 Agustus 2024," kata Musyafirin.

Bupati Kabupaten Sumbawa Barat ini mengatakan pasangan Rohmi-Firin mengantongi 13 kursi di DPRD NTB. Sehingga sudah memenuhi persyaratan mendaftar ke KPU NTB.

"Koalisi partai politik sudah aman, pas 13 kursi," sebutnya.

Musyafirin merespons santai pertemuan kompetitornya Calon Gubernur NTB Zulkieflimansyah dengan Tuan Guru Bajang (TGB) M. Zainul Majdi. TGB merupakan adik dari Calon Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah.

Menurutnya, pertemuan Zulkieflimansyah dan TGB merupakan silaturahmi.

"Pilkada ini tidak boleh silaturahim menjadi putus. Silaturahmi tetap dijaga walau pun ada Pilkada," tegasnya.

Sementara, Calon Gubernur NTB Zulkieflimansyah menyatakan pasangan Zul-Uhel mengikuti arahan TGB supaya mendaftar ke KPU pada Rabu, 28 Agustus 2024.

Zulkieflimansyah mengatakan TGB memberikan arahan pada saat dirinya bertemu beberapa hari lalu.

"Berdasarkan arahan TGB, kami akan mendaftar pada tanggal 28 (Agustus) ini ke KPU,” kata Zulkieflimansyah.

3. Pasangan Iqbal-Dinda mendaftar di hari terakhir

Jadwal Lengkap Pendaftaran Tiga Pasangan Cagub dan Cawagub NTB 2024Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani menyerahkan surat rekomendasi Iqbal-Dinda saat menghadiri rapat konsolidasi DPD Gerindra NTB di Mandalika, Lombok Tengah, Rabu (17/7/2024). (dok. Istimewa)

Sedangkan pasangan Iqbal-Dinda akan mendaftar ke KPU pada hari terakhir yaitu Kamis, 29 Agustus 2024. Juru Bicara Pasangan Iqbal-Dinda, Farid Tolomundu mengatakan pasangan yang memiliki jargon NTB Mendunia ini akan mendaftar pada Kamis, 29 Agustus 2024 pukul 09.00 - 11.00 WITA.

Pada saat pendaftaran, pasangan Iqbal-Dinda akan diantar puluhan tuan guru dari Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Barat, Lombok Utara dan Kota Mataram. Selain itu, ada juga tokoh agama lainnya dan tokoh olahraga di NTB.

"Tim dan beberapa tokoh agama kumpul di Posko pukul 09.00 EITA. Sementara tim parade sudah mulai berkumpul di titik sekitar 300 meter sebelum Kantor KPU NTB. Dilakukan doa sebelum keberangkatan menuju KPU," jelas Farid.

Farid menjelaskan pasangan Iqbal-Dinda berangkat menuju Kantor KPU NTB menggunakan mobil dengan kap terbuka. Sementara tokoh agama naik 1 bus branding yang disumbangkan oleh relawan.

Sementara tim parade sudah bersiap di titik kumpul membuat barisan. Kandidat dan rombongan tiba di titik start parade dan bergabung dengan rombongan parade berjalan menuju Kantor KPU NTB.

Baca Juga: Kandidat Kantongi 262.378 Suara Parpol Bisa Maju Pilgub NTB 2024

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya