Jadi 'Pilot Project', Kuliah S2 di UIN Mataram Peroleh Dua Gelar  

UIN Mataram kerja sama dengan Universitas dari Malaysia

Mataram, IDN Times - Kementerian Agama (Kemenag) RI menetapkan Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi pilot project penyelenggara program Double Degree program studi pascasarjana di Indonesia Timur. Selain UIN Mataram, Kemenag RI juga menetapkan UIN Aceh, UIN Palembang dan UIN Bandung menjadi pilot project program double degree atau gelar ganda di Indonesia.

"Kita jadi pilihan itu untuk mewakili wilayah Indonesia Timur," kata Wakil Rektor I UIN Mataram, Prof Dr. Adi Padli, M.Ag di Mataram, Jumat (18/11/2022).

1. Alasan bekerja sama dengan Universiti Utara Malaysia

Jadi 'Pilot Project', Kuliah S2 di UIN Mataram Peroleh Dua Gelar  Wakil Rektor I UIn Mataram, Prof. Adi Fadli. (dok. UIN Mataram)

Dijelaskan, program double kesarjanaan atau gelar ganda ini dikhususkan bagi Program Studi Strata Dua (S2). Saat ini, UIN Mataram memiliki enam Prodi S2 yaitu Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Ekonomi Syariah, (ES), Hukum Keluarga Islam (HKI) dan Pendidikan Bahasa Arab (PBA).

Dalam menjalankan program double degree ini, UIN Mataram bekerja sama dengan Universiti Utara Malaysia (UUM).

"Di mana kurikulum yang cocok di sana, bisa konversi di UIN Mataram, itu yang kita lakukan,” tutur Prof Adi.

Baca Juga: Investasi Pengusaha Asal Swedia Dihalangi Preman di Lombok 

2. Mahasiswa kuliah di Malaysia selama setahun

Jadi 'Pilot Project', Kuliah S2 di UIN Mataram Peroleh Dua Gelar  Kampus UIN Mataram. (dok. UIN Mataram)

Program double degree direncanakan akan dimulai tahun 2023 mendatang. Sedangkan untuk rekrutmennya dilaksanakan tahun 2022 ini.

“Tahun depan pelaksanaanya. Januari atau Februari mereka sudah berangkat ke Malasyia selama satu tahun. Mereka mendapatkan dua gelar, dari Universitas Utara Malaysia dan UIN Mataram,” terangnya.

3. Mendapat dua gelar master

Jadi 'Pilot Project', Kuliah S2 di UIN Mataram Peroleh Dua Gelar  Google

Program double degree ini, kata Prof Adi, diperuntukkan bagi mahasiswa Pascasarjana yang sedang kuliah semester I 2022. Adapun syarat mahasiswa yang ikut program double degree ini akan dilihat kemampuan bahasa Inggris lewat tes TOEFL.

“Sebenarnya kita dijatah lima orang, tapi kita usulkan, kalau memang dia layak akan diterima, makanya per Prodi kita usulkan banyak saja. Paling tidak mereka mau belajar bahasa Inggris, kita support,” ujarnya.

Program double degree ini mahasiswa kuliah satu tahun di Malaysia, dan satu tahun UIN Mataram. Mereka mendapat dua gelar yaitu dari Universiti Utara Malaysia dan UIN Mataram. “Mulai awal tahun depan 2023, beasiswa full dibiayai, kuliahnya pakai bahasa Inggris,” tandas Prof Adi.

Baca Juga: Pin Resmi yang Dipakai Kepala Negara Delegasi G20 Buatan UMKM Lombok

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya