Harga Beras Meroket, 38.203 KK di Mataram Terima Bantuan Pangan

Bantuan pangan sempat tertunda karena Pemilu 2024

Mataram, IDN Times - Pemkot Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali menyalurkan bantuan pangan yang sempat tertunda akibat Pemilu 2024. Sebanyak 38.203 kepala keluarga (KK) atau keluarga penerima manfaat mendapatkan bantuan pangan berupa beras masing-masing sebanyak 10 kilogram. Saat ini, harga beras di pasar tembus Rp19 ribu per kilogram.

Kepala Bidang Distribusi Cadangan Pangan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Mataram Faisal Abdul Somad menjelaskan penyaluran bantuan pangan telah dimulai sejak Rabu (28/2/2024). Ia menjelaskan Bulog Divre NTB sudah menyalurkan ke masing-masing kelurahan yang ada di Kota Mataram.

"Jumlah sasarannya 38.203 penerima bantuan pangan. Masing-masing KPM (keluarga penerima manfaat) mendapatkan 10 kilogram," kata Faisal di Mataram, Jumat (1/3/2024).

1. Kurangi beban masyarakat kurang mampu

Harga Beras Meroket, 38.203 KK di Mataram Terima Bantuan PanganIlustrasi beras (ANTARA FOTO/Dhimas Budi Pratama)

Penyaluran bantuan pangan ini diharapkan dapat mengurangi beban masyarakat kurang mampu di tengah meroketnya harga beras di pasaran. Penyaluran bantuan pangan kepada puluhan ribu keluarga penerima manfaat ini diharapkan segera tuntas.

Pemkot Mataram menargetkan penyaluran bantuan pangan kepada semua keluarga penerima manfaat tuntas pada pekan ini.

“Pendistrbusian kita berharap pekan ini sudah selesai dan sudah diterima oleh masyarakat,” harapnya.

Baca Juga: Harga Beras Semakin Mahal, Masyarakat Geruduk Kantor Gubernur NTB

2. Cek kualitas beras sebelum disalurkan

Harga Beras Meroket, 38.203 KK di Mataram Terima Bantuan PanganIlustrasi beras di pasar tradisional di Kota Mataram. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Faisal menambahkan selama penyaluran bantuan pangan ini, belum ada masyarakat yang komplain terkait kualitas beras yang disalurkan. Karena beras yang disalurkan layak konsumsi dan tepat jumlah.

Karena sebelum beras disalurkan, terlebih dahulu dilakukan pengecekan. "Kita selama penyaluran beras ini sudah kita cek. Penyaluran tahap pertama juga tidak ada yang mengembalikan dan masyarakat juga berterima kasih,” tuturnya.

3. Penyaluran bantuan pangan direncanakan sampai Juni

Harga Beras Meroket, 38.203 KK di Mataram Terima Bantuan PanganPenyaluran bantuan pangan di Kota Mataram. (dok. Istimewa)

Terkait penyaluran bantuan pangan bulan berikutnya, Faisal mengatakan masih menunggu informasi selanjutnya dari Bulog NTB. Karena rencananya penyaluran bantuan pangan untuk masyarakat kurang mampu direncanakan sampai Juni mendatang.

“Nanti kita tunggu kebijakan dari pemerintah pusat. Sesuai dengan arahan presiden juga kan sampai bulan Juni tergantung situasi dan keadaan juga,” tandasnya.

Sebelumnya, Bulog Divre NTB menyebutkan sebanyak 643 ribu keluarga miskin atau masyarakat kurang mampu di NTB mendapatkan bantuan beras selama 6 bulan.

Masing-masing keluarga miskin mendapatkan bantuan beras sebanyak 10 kilogram per bulan, sejak Januari hingga Juni 2024.
Jumlah bantuan pangan itu setara dengan 6.430 ton per bulan. Penerimanya sesuai data Penyasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

Baca Juga: Peringatan BMKG, 63 Kecamatan di NTB Waspada Curah Hujan Tinggi

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya