Habiskan Rp211 Miliar, Jokowi Resmikan Inpres Jalan Daerah di NTB

Tangani lima ruas jalan yang rusak parah pada 2023

Lombok Barat, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo meresmikan proyek Inpres Jalan Daerah Tahun 2023 di Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (2/5/2024).

Jokowi meresmikan lima ruas jalan sepanjang 40,6 kilometer yang dibangun dan diperbaiki lewat program Inpres Jalan Daerah 2023.

"Pembangunan dan perbaikan jalan di NTB pada tahun lalu telah dibangun dan diperbaiki lima ruas jalan di empat kabupaten. Yaitu Kabupaten Lombok Barat, Sumbawa Barat, Sumbawa dan Bima," kata Jokowi.

1. Habiskan anggaran Rp211 miliar

Habiskan Rp211 Miliar, Jokowi Resmikan Inpres Jalan Daerah di NTBRuas jalan Lembar - Pelabuhan Gili Mas Lombok Barat. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Jokowi menyebut anggaran yang dihabiskan untuk pembangunan dan perbaikan lima ruas jalan sepanjang 40,6 kilometer di NTB pada 2023 lalu sebesar Rp211 miliar. Dikatakan, anggaran sebesar itu tidaklah kecil.

"Kita harapkan dengan jalan ini, kecepatan logistik akan semakin baik, jalan-jalan menuju kawasan produktif baik itu kawasan pertanian, perkebunan, semuanya bisa ditunjang jalan yang baik," harapnya.

Baca Juga: Sapa Warga Mataram, Mentan Amran: Presiden Atensi Pertanian NTB

2. Kementerian PUPR siapkan anggaran Rp15 triliun tahun 2024

Habiskan Rp211 Miliar, Jokowi Resmikan Inpres Jalan Daerah di NTBPresiden Jokowi saat meresmikan proyek Inpres Jalan Daerah 2024 di Lombok Barat, Kamis (2/5/2024). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Dikonfirmasi terpisah, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebutkan tahun lalu NTB mendapatkan bantuan Inpres Jalan Daerah sebanyak lima ruas. Ia memastikan pada tahun 2024 ini, NTB akan mendapatkan jatah sebanyak 8 ruas.

Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran sebesar Rp15 triliun untuk proyek Inpres Jalan Daerah 2024. Anggaran sebesar itu dialokasikan untuk seluruh Indonesia.

Basuki menjelaskan jalan daerah yang ditangani lewat program Inpres Jalan Daerah 2023, jalannya standar nasional. Dengan lebar 7 meter seperti ruas jalan Pelabuhan Lembar - Pelabuhan Gili Mas Lombok Barat sepanjang 7,5 kilometer.

"Ini Inpres Jalan Daerah untuk jalan provinsi, kabupaten/kota yang rusak yang menghubungkan kawasan produksi, pertanian, wisata termasuk transportasi logistik di pelabuhan ini," terang Basuki.

3. Rincian lima ruas jalan yang ditangani lewat Inpres Jalan Daerah 2023 di NTB

Habiskan Rp211 Miliar, Jokowi Resmikan Inpres Jalan Daerah di NTBRuas jalan Lembar - Pelabuhan Gili Mas Lombok Barat yang ditangani lewat program Inpres Jalan Daerah 2023. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Adapun rincian lima ruas jalan provinsi yang ditangani lewat program Inpres Jalan Daerah di NTB pada tahun 2023. Antara lain:

  • Ruas Lembar - Sekotong - Pelanggan (Segmen Lembar - Gili Mas) Lombok Barat sepanjang 7,5 kilometer dengan biaya Rp87,11 miliar
  • Ruas Polamata - Jelanga Sumbawa Barat sepanjang 2,1 kilometer dengan biaya Rp15,74 miliar
  • Ruas Sabedo Dalem - Bukit Planing Sumbawa sepanjang 4,2 kilometer dengan biaya Rp22,75 miliar
  • Ruas Lenangguar - Teladan Sumbawa sepanjang 1,6 kilometer dengan biaya Rp9 miliar
  • Ruas Wilamaci - Karumbu - Sape Bima sepanjang 25,26 kilometer dengan biaya Rp77,24 miliar

Baca Juga: Jokowi Makan di Restoran Mie Gacoan, Warga Mataram Berebut Swafoto

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya