Dua Pelajar SMP Hanyut saat Mandi di Pantai Poto Batu Sumbawa Barat 

Kondisi korban masih kritis

Sumbawa Barat, IDN Times - Dua pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) 7 Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), hanyut saat mandi di Pantai Poto Batu Taliwang, Kamis (4/7/2024). Kedua korban terseret arus saat mandi di Pantai Poto Batu Taliwang bersama tiga orang teman-temannya, sekitar pukul 13.40 WITA.

Humas Kantor SAR Mataram I Gusti Lanang Wiswananda mengatakan kedua korban bernama Zaki Septiawan (14) dan Neo Firmansyah (14). Keduanya berasal dari Kelurahan Telaga Bertong Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat.

1. Lima pelajar SMP mandi di Pantai Poto Batu Taliwang

Dua Pelajar SMP Hanyut saat Mandi di Pantai Poto Batu Sumbawa Barat Ilustrasi tenggelam. (IDN Times/Agung Sedana)

Lanang mengatakan lima pelajar mandi bersama di ujung muara Pantai Poto Batu Taliwang pada Kamis (4/7/2024) sekitar pukul 13.00 WITA. Adapun identitas kelima pelajar tersebut adalah Neo Firmansyah, Zaki Septiawan, Dimas Arya Prayuda, Rafi Desta dan Zainul Fikri.

Saat mandi, korban bernama Neo Firmansyah hanyut terbawa arus sekitar pukul 13.40 WITA. Saat itu, rekan korban bernama Zaki Septiawan berupaya membantu tetapi ia juga ikut hanyut terseret arus.

Baca Juga: BPBD Sebut 581.932 Warga NTB Berpotensi Terdampak Kekeringan 

2. Kondisi korban kritis

Dua Pelajar SMP Hanyut saat Mandi di Pantai Poto Batu Sumbawa Barat Ilustrasi koma. (Dok. Hellosehat.com)

Setelah dicoba dilakukan upaya penyelematan, tiga anak yang selamat meminta bantuan kepada warga sekitar. Kemudian sekitar pukul 14.30 WITA, Wakapolres Sumbawa Barat, Kabag Ops, Kapolsek Taliwang dan anggota Polres Sumbawa Barat tiba di lokasi.

Selain itu, anggota Brimob juga turun ke lokasi untuk melakukan pencarian. Kedua korban berhasil diselamatkan. korban ditemukan pukul 16.00 WITA dan langsung dibawa ke rumah sakit.

"Petugas langsung melakukan upaya pencarian dengan menggunakan perahu nelayan. Kedua korban selamat tetapi kondisi masih kritis," kata Lanang.

3. Tentang Pantai Poto Batu

Dua Pelajar SMP Hanyut saat Mandi di Pantai Poto Batu Sumbawa Barat ilustrasi matahari terbenam (pexels.com/Pixabay)

Pantai Poto Batu berada di Jalan Raya Labuhan Lalar, Taliwang Sumbawa Barat. Pantai Poto Batu memiliki pemandangan yang indah dengan ombak dan pemandangan matahari tenggelam yang menarik.

Batu-batu karang berdiri kokoh memiliki susunan yang unik menyerupai susunan lantai batu berwarna hitam. Selain itu, sungai-sungai yang mengalir tenang dari Taliwang dan sekitarnya yang bermuara di Pantai Poto Batu sehingga menjadi daya tarik bagi masyarakat yang hobi memancing.

Meski indah, namun wisatawan diharapkan untuk berhati-hati saat berenang atau memancing. Bagi anak-anak atau remaja, harus dengan pengawasan orangtua.

Baca Juga: Berutang Rp500 Miliar, RSUD NTB Targetkan Pendapatan Rp1,2 Triliun

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya