Comscore Tracker

Dua Minggu Jelang MXGP Samota, Kesiapan Listrik Capai 83,3 Persen 

PLN terjunkan 327 personel

Mataram, IDN Times - Dua minggu menjelang gelaran MXGP Samota di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), kesiapan PLN untuk mengalirkan listrik pada gelaran akbar tersebut telah mencapai 83,3 persen baik dari sisi jaringan maupun back up pembangkit. Beberapa pekerjaan sedang dilakukan secara bertahap yaitu kesiapan back up suplai dan juga jaringan di dalam venue.

General Manager PLN NTB Sudjarwo, Minggu (12/6/2022) menyampaikan untuk memenuhi kebutuhan listrik MXGP Samota, PLN membangun 2 jalur distribusi Jaringan Tegangan Menengah (JTM) masing masing sepanjang 0,5 km, 1 km Jaringan Tegangan Rendah (JTR) dan beberapa peralatan untuk melayani pelanggan dari tegangan 20 KV.

"Kebutuhan ini sesuai dengan hasil survey awal yang telah dilaksanakan oleh PLN di bulan Januari lalu, di mana penyelenggaraan event ini akan memerlukan daya sebesar 1,38 MVA," kata Sudjarwo.

1. Siapkan 6 UPS dan 5 genset jamin keandalan suplai listrik MXGP

Dua Minggu Jelang MXGP Samota, Kesiapan Listrik Capai 83,3 Persen Ilustrasi jaringan listrik (Dok. PLN NTB)

Untuk menjamin keandalan suplai kelistrikan selama gelaran MXGP Samota berlangsung, PLN menyiapkan 6 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) kapasitas total 760 kVA. Kemudiaan 8 Unit Gardu Bergerak (UGB) kapasitas total 1700 kVA.

PLN juga menyiapkan 5 buah genset kapasitas 1600 kVA yang didatangkan dari Taliwang Sumbawa Barat dan Kota Mataram. Sebagian besar dari peralatan ini, kata Sudjarwo sudah berada di lokasi. Sedangkan beberapa peralatan yang lain sedang disiapkan secara bertahap.

Baca Juga: 30 Ton Logistik MXGP Samota Tiba di Lombok pada 17 Juni 2022 

2. PLN siapkan 327 personel

Dua Minggu Jelang MXGP Samota, Kesiapan Listrik Capai 83,3 Persen Petugas PLN (Dok.IDNTimes/PLN)

Dari sisi jaringan, PLN juga telah melakukan pemeliharaan peralatan di Gardu Induk (GI) Sumbawa dan GI Labuhan. Kemudian rehabilitasi jaringan yang akan menyuplai listrik gelaran MXGP secara intensif.

Untuk kebutuhan personel, sebut Sudjarwo, PLN telah menyiapkan 327 orang. Ia mengatakan ratusan personel ini telah siap di Sumbawa yang akan siaga di 10 lokasi tersebar.

3. Daya mampu sistem Sumbawa

Dua Minggu Jelang MXGP Samota, Kesiapan Listrik Capai 83,3 Persen Ilustrasi Pembangunan PLTU (IDN Times/Dokumen)

Event berskala internasional ini direncanakan akan berlangsung di Rocket Motor Circuit Samota, Sumbawa, NTB. Kondisi Sistem Kelistrikan Sumbawa sendiri saat ini masih dalam posisi normal.

Total daya mampu sebesar 128,85 MW dengan beban puncak 113,32 MW. Sehingga masih terdapat cadangan daya sebesar 15,53 MW yang dapat dioptimalkan, baik untuk gelaran MXGP ataupun kebutuhan pendukung yang lain.

PLN telah sukses menghadirkan listrik tanpa kedip pada perhelatan internasional MotoGP Mandalika. Selanjutnya, PLN kembali bersiap untuk melistriki event internasional MXGP Samota. Hal ini, kata Sudjarwo menjawab permohonan dukungan ketersediaan pasokan listrik untuk gelaran MXGP Samota oleh Bupati Sumbawa, Mahmud Abdullah.

Sudjarwo menegaskan bahwa PLN siap mendukung semua event, baik nasional maupun internasional yang diselenggarakan di NTB. Baik event yang digelar di Pulau Lombok maupun Pulau Sumbawa. 

Baca Juga: Laka Laut di NTB, dari Kapal Pengangkut Material hingga Turis

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya