Dompu Kembali Diguncang Gempa Magnitudo 4,1

Sebelumnya Dompu diguncang gempa magnitudo 5,2

Mataram, IDN Times - Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali diguncang gempa dengan magnitudo 4,1 pada Senin, 8 April 2024 pukul 10.50.53 WITA. Sebelumnya pada Minggu malam (7/4/2024), wilayah Kabupaten Dompu diguncang gempa magnitudo 5,2.

Kepala Stasiun Geofisika Mataram Ardhianto Septiadhi menjelaskan hasil analisis gempa magnitudo 4,1 yang mengguncang wilayah Dompu pada Senin (8/4/2024). Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,63° LS; 118,39° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 13 km Barat Daya Dompu, NTB pada kedalaman 117 km.

1. Penyebab terjadinya gempa

Dompu Kembali Diguncang Gempa Magnitudo 4,1ilustrasi lempeng tektonik di Indonesia (en.wikipedia.org)

Ardhi mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa menengah. Gempa ini akibat adanya deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi ke bawah lempeng Eurasia.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik,"jelas Ardhi.

Baca Juga: Jadwal Kapal Rute Lombok - Situbondo pada Senin 8 April 2024

2. Belum ada laporan dampak kerusakan

Dompu Kembali Diguncang Gempa Magnitudo 4,1Kepala Stasiun Geofisika Mataram Ardhianto Septiadhi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Berdasarkan laporan masyarakat, dampak gempa bumi tersebut berupa gunangan yang dirasakan di wilayah Dompu II MMI. Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Berdasarkan hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempa bumi tektonik menunjukkan tidak berpotensi tsunami. Hingga Senin, 8 April 2024 pukul 11.13 WITA, kata Ardhi, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

3. Diguncang gempa magnitudo 5,2

Dompu Kembali Diguncang Gempa Magnitudo 4,1ilustrasi gempa (iStockphoto.com/Getty images)

Ardhi meminta masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya. Masyarakat juga diimbau agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Selain itu, periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, atau tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.

Sehari sebelumnya, pada Minggu 7 April 2024 pukul 22.57.19 WITA wilayah Pantai Selatan Bima, tepatnya di Kabupaten Dompu diguncang gempa tektonik magnitudo 5,2. Episenter gempa terletak pada koordinat 9.09° LS ; 118,56° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 62 Km arah Tenggara Dompu, NTB pada kedalaman 10 km.

Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser. Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Bima, Dompu dan Sumbawa dengan skala intensitas III MMI.

Baca Juga: Sukses Pesona Khazanah Ramadan, Perputaran Rp3 Miliar di IC NTB

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya