Distlutkan NTB: Sempadan Pantai Tak Boleh Dikuasai Perorangan 

Bupati/walikota diminta tetapkan garis sempadan pantai

Mataram, IDN Times - Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menegaskan daerah sempadan pantai tidak boleh dikuasai oleh perorangan. Sempadan pantai boleh disertifikatkan Pemda, tetapi tidak boleh dibangun bangunan permanen.

"Kalau sempadan pantai itu tidak boleh ada bangunan permanen apalagi dimiliki orang. Karena sempadan pantai itu hak negara, mau disertifikatkan oleh daerah silakan saja tapi tidak boleh digunakan untuk pembangunan bangunan permanen," kata Kepala Dislutkan NTB Muslim dikonfirmasi di Mataram, Selasa (6/6/2023).

1. Belum ada Pemda kabupaten/kota di NTB yang menetapkan sempadan pantai

Distlutkan NTB: Sempadan Pantai Tak Boleh Dikuasai Perorangan Kepala Dislutkan NTB Muslim. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Terkait kasus yang terjadi di Pantai Duduk, Desa Batulayar, Lombok Barat mengenai sempadan pantai yang disertifikatkan oleh oknum pengusaha, Muslim tidak berani mengatakan itu menyalahi aturan. Karena di NTB, belum ada satupun Pemda kabupaten/kota yang sudah menetapkan garis sempadan pantai. Padahal dalam Perpres No. 51 Tahun 2016, Pemda kabupaten/kota diminta menetapkan garis sempadan pantai yang dimasukkan dalam Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 21 Tahun 2018, kata Muslim, garis sempadan pantai menyesuaikan dengan kondisi di masing-masing wilayah. Sehingga tidak lagi dipatok garis sempadan pantai 100 meter dari titik pasang tertinggi ke arah darat berdasarkan Perpres No. 51 Tahun 2016.

Menurutnya, semakin cepat Pemda kabupaten/kota menetapkan garis sempadan pantai maka potensi gesekan sosial di lapangan akan bisa ditekan. Seperti kasus yang terjadi di Pantai Duduk Lombok Barat dan Lombok Tengah, hal tersebut akibat belum ditetapkannya garis sempadan pantai oleh Pemda.

"Seharusnya, kabupaten/kota cepat hadir dengan situasi seperti ini supaya tidak terjadi gesekan sosial," ujarnya.

Baca Juga: Sempadan Pantai Dibuatkan Sertifikat, Warga Demo Kantor Gubernur NTB 

2. Gubernur telah terbitkan surat edaran ke Bupati/Walikota se- NTB

Distlutkan NTB: Sempadan Pantai Tak Boleh Dikuasai Perorangan Aksi demonstrasi puluhan warga Dusun Batu Bolong Desa Batulayar Lombok Barat di depan Kantor Gubernur NTB, Senin (5/6/2023). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Muslim mengungkapkan Gubernur NTB Zulkieflimansyah telah mengeluarkan surat edaran ke Bupati/Walikota pada Januari 2022 supaya segera menetapkan garis sempadan pantai. Kemudian dimasukkan dalam Revisi RTRW kabupaten/kota. Namun, hingga saat ini belum ada Bupati/Walikota menindaklanjuti surat edaran tersebut.

"Kenapa ini diperlukan mengeluarkan surat edaran karena ada potensi di wilayah pesisir ini ke depannya semakin susah nelayan untuk parkir perahunya. Karena ada kecenderungan para pemilik lahan dekat dengan lokasi sempadan pantai itu dikhawatirkan akan mencampur kawasan dia dengan sempadan pantai. Nah, ini yang terjadi keributan antar daerah selama ini contohnya di Batulayar dan Lombok Tengah," tuturnya.

3. Pemda kabupaten/kota perlu koordinasi dengan BPN

Distlutkan NTB: Sempadan Pantai Tak Boleh Dikuasai Perorangan Aksi demonstrasi warga Dusun Batu Bolong Desa Batulayar Lombok Barat di depan kantor Gubernur NTB, Senin (5/6/2023). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Muslim menyarankan Pemda Kabupaten/Kota perlu melakukan pemetaan dan berkoordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN). Apabila ada kawasan sempadan pantai yang terlanjur sudah disertifikatkan oleh perorangan, maka bisa dibatalkan.

Ia memberikan contoh seperti kasus yang terjadi di Pantai Amahami Kota Bima. Dimana, kawasan pantai disertifikatkan oleh perorangan dan menyalahi ketentuan. "Kayak kasus di Amahami, BPN memberikan alternatif tanah itu tidak sesuai aturan, itu bisa digugat dibatalkan," terangnya.

Sebelumnya, sekitar 50 warga Dusun Batu Bolong Desa Batulayar Lombok Barat menggelar unjuk rasa di depan Kantor Gubernur NTB, Senin (5/6/2023). Warga mendesak Gubernur mengambil alih persoalan klaim lahan oleh perorangan di Pantai Duduk Desa Batulayar.

Sebanyak 7 pedagang yang punya lapak di Pantai Duduk divonis penjara 14 hari atas kasus penggergahan lahan. Satu di antara pedagang tersebut adalah ibu hamil 6 bulan. Warga meminta Bupati Lombok Barat dan Gubernur NTB mengecek lokasi. Karena lokasi yang dipermasalahkan merupakan daerah sempadan pantai.

Baca Juga: Satu CJH NTB Asal Lotim Tertunda Keberangkatan karena Suspek Hipotema 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya