Disnakertrans NTB Bakal Rekrut Ratusan Pekerja Skill Tujuan Eropa

Syarat berusia 40 tahun dan bisa bahasa Inggris

Mataram, IDN Times - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) bekerja sama dengan Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) akan menggelar job fair pada 17 Januari 2023. Ratusan pekerja skill itu akan ditempatkan ke sejumlah negara di Eropa.

"Besok tanggal 17 Januari, saya kerja sama dengan salah satu P3MI mengadakan job fair di Disnakertrans NTB tujuan Eropa. Ini tenaga kerja formal," kata Kepala Disnakertrans Provinsi NTB I Gede Putu Aryadi di Mataram, Selasa (16/1/2024).

1. Buka rekrutmen ratusan orang

Disnakertrans NTB Bakal Rekrut Ratusan Pekerja Skill Tujuan EropaKepala Disnakertrans NTB I Gede Putu Aryadi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Aryadi mengatakan gaji pekerja skill yang akan dikirim ke Eropa cukup menggiurkan. Tetapi Aryadi tak menyebutkan angkanya. Tetapi yang jelas, salah satu persyaratan untuk bekerja di Eropa adalah calon pekerja harus menguasai bahasa Inggris.

"Penempatannya ada tujuh negara di Eropa. Lumayan banyak butuhnya. Job fair pertama ini ratusan orang. Tapi dia harus betul-betul memenuhi syarat. Makanya saya akan periksa," terang Aryadi.

Baca Juga: Utang Rp260 Miliar Bikin Pemprov NTB Gak Bisa Tidur Nyenyak 

2. Bekerja di sektor perhotelan dan ritel

Disnakertrans NTB Bakal Rekrut Ratusan Pekerja Skill Tujuan EropaMenteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, meresmikan Gedung Workshop Pelatihan Pariwisata Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Surakarta. Pembangunan workshop ini bertujuan untuk menyiapkan SDM terampil di bidang pariwisata dan perhotelan. (Dok. Kemnaker)

Aryadi mengungkapkan tenaga kerja skill yang akan dikirim ke Eropa untuk beberapa sektor keahlian. Seperti sektor perhotelan, ritel dan lainnya.

"Tapi syaratnya yang ingin melamar, dia harus menguasai bahasa Inggris. Kalau umur tak boleh lebih dari 40 tahun. Ini pekerja formal. Skillnya yang dilihat," terangnya.

Aryadi menyebutkan gaji yang akan diperoleh calon pekerja tujuan penempatan Eropa cukup lumayan besar. "Gambaran gajinya, nanti di kontrak. Tapi lumayan besar," ucap mantan Kepala Diskominfotik NTB ini.

3. Puluhan ribu warga NTB bekerja ke luar negeri pada 2023

Disnakertrans NTB Bakal Rekrut Ratusan Pekerja Skill Tujuan EropaPetugas BP3MI NTB mendata calon TKW yang menjadi korban TPPO di Lampung. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) NTB menyebutkan NTB merupakan provinsi dengan urutan keempat terbanyak di Indonesia yang mengirim Pekerja Migran Indonesia (PMI). Pada tahun 2023, tercatat sebayak 26.893 warga NTB dikirim bekerja ke luar negeri.

Sedangkan pada 2022, sebanyak 17.255 warga NTB yang dikirim bekerja ke luar negeri. Selain itu, pelayanan penanganan permasalahan PMI tercatat sebanyak 1.044 Orang dan data pelayanan pemulangan tercatat sebanyak 29.116 Orang.

Baca Juga: Pengedar Sabu di Mataram Ditangkap Bersama Perempuan Open BO  

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya