Dishub NTB Prediksi Jumlah Pemudik Mencapai 3 Juta Orang

Dishub NTB siapkan mudik gratis

Mataram, IDN Times - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi NTB memprediksi jumlah pemudik pada lebaran 2024 mencapai 2,5 juta sampai 3 juta orang. Prediksi itu mengacu pada data tahun sebelumnya, jumlah pemudik di kisaran 2,5 juta sampai 3 juta orang.

"Tahun lalu kita di angka 2,5 juta sampai 3 juta pergerakan orang. Mungkin tahun ini sekitar itu, 2,5 juta sampai 3 juta orang ditambah wisatawan yang berlibur ke NTB," kata Kepala Dishub NTB Lalu Moh. Faozal dikonfirmasi di Mataram, Senin (25/3/2024).

1. Asal pemudik terbanyak

Dishub NTB Prediksi Jumlah Pemudik Mencapai 3 Juta OrangKepala Dishub NTB Lalu Moh. Faozal. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Faozal menjelaskan mudik lebaran bukan saja pulang ke kampung halaman bertemu keluarga. Tetapi pemudik yang datang ke NTB juga merupakan wisatawan yang datang untuk berlibur.

Ada pun asal pemudik terbanyak, kata Faozal, sebagain besar dari Pulau Jawa. Begitu juga dari Lombok ke Pulau Jawa, juga banyak warga yang biasanya pulang mudik lebaran.

Faozal menjelaskan bagi pemudik dari Pulau Jawa ke Lombok, telah tersedia berbagai moda transportasi. Seperti moda transportasi laut dan udara.

Untuk moda transportasi laut, saat ini ada rute pelayaran Surabaya - Lombok, Jangkar - Lombok dan Tanjungwangi - Lombok.

Baca Juga: Bawaslu NTB Antisipasi Penyebaran Hoaks saat Pilkada Serentak 2024 

2. Segera gelar rakor persiapan angkutan mudik lebaran

Dishub NTB Prediksi Jumlah Pemudik Mencapai 3 Juta OrangIlustrasi penumpang pesawat. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Mantan Kepala Dinas Pariwisata NTB ini menambahkan pihaknya segera akan menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan stakeholders terkait mengenai kesiapan moda transportasi angkutan lebaran 2024.

Dari rakor tersebut, akan diketahui estimasi pergerakan orang masuk dan keluar NTB selama arus mudik dan balik lebaran 2024.

"Hari Rabu saya akan rakor persiapan keseluruhan moda transportasi lebaran. Setelah itu baru kita menghitung apakah perlu ada extra flight, penambahan kapal, bus dan lainnya. Kita melihat estimasi kebutuhan dulu," kata Faozal.

3. Siapkan mudik gratis

Dishub NTB Prediksi Jumlah Pemudik Mencapai 3 Juta Orangilustrasi peron stasiun kereta api (KA). (dok. KAI)

Faozal menyebutkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan mudik gratis untuk 300 kursi rute pelayaran dari Pelabuhan Lembar Lombok Barat menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Mudik gratis ini akan menggunakan KM Kirana 7 milik PT Dharma Lautan Utama (DLU).

Selain itu, Pemprov NTB melalui Dishub akan menyiapkan mudik gratis untuk wilayah NTB. "Mudik gratis dalam daerah kita usahakan ada. Tahun lalu kita fasilitasi 3-4 bus ke Pulau Sumbawa," sebut Faozal.

Baca Juga: 9 Wisatawan Asing Terserang Penyakit DBD di Gili Air Lombok Utara

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya