Direct Flight dari Lombok ke Makassar dan Labuan Bajo segera Dibuka

Permudah akses wisatawan ke Lombok

Mataram, IDN Times - Demi mempermudah akses wisatawan ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), maskapai penerbangan Lion Air akan segera membuka direct flight atau penerbangan langsung ke Bandara Internasional Lombok. Dua rute penerbangan domestik yang akan segera dibuka adalah Lombok - Makassar dan Lombok - Labuan Bajo.

"Lombok - Makassar, mudah-mudahan dalam bulan ini keluar izinnya. Kemudian juga Lombok - Bima - Labuan Bajo. Akan dilayani maskapai Lion Air," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB Lalu Moh. Faozal dikonfirmasi IDN Times di Mataram, Kamis (11/1/2024).

1. Menunggu izin dari Kemenhub

Direct Flight dari Lombok ke Makassar dan Labuan Bajo segera DibukaPotret maskapai Lion Air di Bandara Internasional Soekarno Hatta (unsplash.com/fasyahalim_)

Faozal menjelaskan pembukaan rute Lombok - Makassar dan Lombok - Labuan Bajo masih menunggu proses perizinan di Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Diharapkan izin dari Kemenhub bisa segera keluar pada bulan Januari ini.

Rencananya, rute Lombok - Makassar dan Lombok - Labuan Bajo akan dilayani dengan frekuensi penerbangan sekali dalam sehari pergi dan pulang (PP). Selain itu, kata Faozal, maskapai penerbangan Batik Air juga sedang menjajaki pembukaan rute internasional Lombok - Perth Australia.

Baca Juga: Rekrutmen 2,3 Juta ASN, NTB Bakal Buka Lowongan Lulusan SMP dan SMA

2. Lobi maskapai penerbangan

Direct Flight dari Lombok ke Makassar dan Labuan Bajo segera DibukaPj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sebelumnya, Penjabat Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi melobi sejumlah maskapai penerbangan usai perhelatan MotoGP Mandalika 2023 lalu. Terkait terbatasnya frekuensi dan rute penerbangan langsung ke Lombok.

Gita melobi bos PT Garuda Indonesia Airlines, Air Asia dan PT Lion Mentari Airlines (Lion Group). Ia meminta maskapai penerbangan nasional tersebut menambah frekuensi penerbangan dan membuka direct flight untuk rute domestik dan internasional.

Dalam pertemuan dengan pimpinan maskapai penerbangan itu, Gita mengusulkan penambahan frekuensi penerbangan sejumlah rute domestik dari Lombok. Antara lain rute Lombok - Denpasar, Lombok - Surabaya dan Lombok - Jakarta.

Selain itu, ia juga mengusulkan pembukaan rute baru, baik domestik dan internasional. Untuk rute domestik, ia mengusulkan pembukaan direct flight Lombok - Bandung Jawa Barat dan Lombok - Makassar.

Sedangkan untuk rute internasional, ia mengusulkan pembukaan direct flight Lombok - Perth, Australia Barat. Rute ini pernah dilayani maskapai Air Asia namun berhenti akibat pandemik COVID-19.

3. Jumlah penumpang di Bandara Internasional Lombok mencapai 2,3 juta pada 2023

Direct Flight dari Lombok ke Makassar dan Labuan Bajo segera DibukaIlustrasi penumpang di Bandara Internasional Lombok. (IDN Times/Muhammad Nasir)

PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok mencatat jumlah penumpang pada 2023 sebanyak 2.345.761 orang. Angka ini mengalami pertumbuhan sebesar 18,5 persen jika dibandingkan dengan jumlah pergerakan penumpang pada tahun 2022 yaitu sebanyak 1.979.767 orang.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Lombok Minggus E.T. Gandeguai menyebutkan jumlah pergerakan pesawat di tahun 2023 berjumlah 24.600 pergerakan, atau mengalami pertumbuhan sebesar 17,1 persen dibandingkan dengan jumlah pergerakan pesawat pada tahun 2022 dengan 21.015 pergerakan.

Pergerakan penumpang tahun 2023 di Bandara Internasional Lombok masih didominasi oleh rute domestik dengan proporsi 91 persen. Penumpang rute domestik tercatat 2,1 juta pergerakan penumpang, sedangkan rute internasional hanya ada 200 ribu pergerakan penumpang.

Baca Juga: Pembangunan Proyek Kereta Gantung Rinjani Senilai Rp6 Triliun Molor

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya