Dilaporkan Hilang, Balita Ditemukan Selamat di Saluran Irigasi 

Korban ditemukan petugas pintu air

Lombok Tengah, IDN Times - Balita usia 2,5 tahun ditemukan selamat di saluran irigasi di Dusun Jales Bat Desa Jurang Jaler Kecamatan Praya Tengah Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (25/2/2023) pukul 17.00 Wita. Bocah bernama Ikhsan Ariyan ini sempat dilaporkan hilang selama dua hari ini ditemukan petugas pintu air bernama Jamal (50). 

Korban sendiri merupakan warga Dusun Mesir, Desa Monggas, Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah. 

Kapolsek Praya Tengah Inspektur Satu Agus Priyatno mengatakan, korban ditemukan di saluran irigasi sekunder Dasan Gelogor Dusun Jaler Bat Desa Jurang Jaler, Kecamatan Praya Tengah, Kabupaten Lombok.

"Mendapatkan informasi tentang hilangnya anak tersebut, semalam sempat kami cari menelusuri irigasi sekunder bersama anggota sampai pukul 03.00 Wita namun tidak ditemukan. Kemudian tadi pagi pukul 08.00 Wita, kami sisir kembali namun tetap tidak ditemukan juga," kata Agus.

1. Korban ditemukan di dalam saluran irigasi sambil menggigit batu

Dilaporkan Hilang, Balita Ditemukan Selamat di Saluran Irigasi Polisi menyerahkan korban ke orang tuanya. (dok. Polres Lombok Tengah)

Agus mengatakan, penemuan korban hilang saat Jamal seperti biasa melakukan pengecekan saluran irigasi sekunder pada Sabtu 24 Februari 2023 lalu. Di waktu itu, ia tanpa sengaja melihat seorang balita duduk sendirian di saluran irigasi sambil memegangi batu. 

Jamal merasa curiga kemudian menelepon saksi lainnya atas nama Ishak untuk memberitahu bahwa ada seorang anak laki-laki dalam kondisi lemas namun masih sadar. Jamal meminta rekannya ikut datang ke lokasi. 

Mereka berdua lantas membawa anak tersebut ke rumah orangtuanya. 

Baca Juga: Tabrakan Maut di Sumbawa Barat, Sopir dan 5 Penumpang Tewas 

2. Korban mengalami luka lecet

Dilaporkan Hilang, Balita Ditemukan Selamat di Saluran Irigasi Korban dibawa ke Puskesmas untuk dirawat. (dok. Polres Lombok Tengah)

Agus menyebutkan korban ditemukan dalam kondisi selamat, hanya ditemukan luka lecet di dengkul kiri, siku kiri dan luka lecet di bagian perut. Sehingga Kapolsek Praya Tengah menyarankan kepada orangtua korban untuk segera membawa anaknya ke Puskesmas Pengadang untuk mendapatkan perawatan.

Dari hasil pemeriksaan oleh petugas Puskesmas Pengadang, korban mengalami demam. Namun kondisi secara umum masih stabil dan harus dirawat terlebih dahulu sampai kondisinya membaik.

3. Korban diperkirakan berjalan kaki sepanjang 2 kilometer

Dilaporkan Hilang, Balita Ditemukan Selamat di Saluran Irigasi Korban mendapatkan perawatan di puskesmas. (dok. Polres Lombok Tengah)

Dari hasil interogasi petugas kepolisian sektor Praya Tengah kepada orangtua korban, anak tersebut diduga hilang selama 2 hari 1 malam. Saat ditemukan, korban dalam kondisi lemas.

Diperkirakan anak tersebut berjalan kaki dari rumah bibinya menuju lokasi orangtuanya bekerja. Namun karena tidak menemukan lokasi orang tuanya bekerja, korban terus berjalan hingga sampai di lokasi tempat ditemukan yang berjarak sekitar 2 kilometer

Baca Juga: Tiga Perempuan Muda di Lombok Ditangkap karena Kasus Narkoba 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya