Daftar Sponsor MotoGP Mandalika dari BUMN hingga Swasta

Persiapan MotoGP Mandalika sudah hampir 100 persen

Mataram, IDN Times - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) memastikan Sirkuit Mandalika siap balapan MotoGP 2023.

Persiapan balapan di Sirkuit Mandalika ini sudah hampir 100 persen pada Rabu 11 Oktober 2023. 

Direktur Operasi ITDC Troy Reza Warokka menyatakan, persiapan pre-event jelang balapan di Sirkuit Mandalika tak lepas dari dukungan pelbagai pihak, seperti pemerintah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), hingga perusahaan swasta.

1. Deretan nama BUMN dan perusahaan swasta sponsor MotoGP Mandalika 2023

Daftar Sponsor MotoGP Mandalika dari BUMN hingga SwastaTribun penonton kelas grandstand A depan Paddock Sirkuit Mandalika. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Troy menyebutkan dukungan muncul dari BUMN seperti Pertamina, BNI, Bank Mandiri, PLN, BTN, dan Taspen. Turut pula hadir dukungan swasta di antaranya, Aprilia, Astra Honda Motor (AHM), dan KYT.

Menurutnya, hal tersebut bukti dukungan pemerintah dan BUMN dalam menyukseskan balapan MotoGP Mandalika.

ITDC sebagai pengelola KEK Mandalika telah melakukan persiapan kawasan seperti pembangunan dan penyempurnaan infrastruktur. Jalan kawasan sepanjang 35 Km, kantong-kantong parkir 7.888 kapasitas mobil dan sepeda motor, gate kawasan, layanan transportasi dan pengaturan arus lalu lintas untuk memudahkan akses penonton event MotoGP 2023 yang dipastikan lebih baik dari event sebelumnya.

Selain itu, ITDC melengkapi fasilitas di kawasan Mandalika dengan membangun Masjid Al-Hakim, Kuta Lane dan bazar Mandalika yang merupakan salah satu wujud apresiasi bagi masyarakat untuk menampilkan produk-produk UMKM.

"Ke depan kami akan terus mengembangkan fasilitas pendukung di kawasan yang dapat menguatkan KEK Mandalika sebagai destinasi utama sport tourism di Indonesia," ujar Troy.

Baca Juga: Pembalap MotoGP Tanam Terumbu Karang dan Bersihkan Pantai Mandalika 

2. Persiapan hampir rampung 100 persen

Daftar Sponsor MotoGP Mandalika dari BUMN hingga SwastaDirektur Utama MGPA Priandhi Satria. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Direktur Utama MGPA Priandhi Satria mengatakan, persiapan balapan di Sirkuit Mandalika sudah hampir rampung 100 persen yang mencakup persiapan sirkuit, paddock, dan pit lane balapan.

Pelatihan marshal atau petugas yang membantu di dalam sirkuit saat balapan berlangsung juga terus dimatangkan. Dilakukan langsung oleh Federasi Olahraga Sepeda Motor Internasional (FIM) dan Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Pelatihan pada Senin 9 Oktober 2023 dengan melibatkan 35 marshal. Kemudian dilanjutkan hingga 12 Oktober 2023, atau sehari jelang sesi latihan bebas yang diikuti 380 marshal.

Presiden Direktur Dyandra&Co Daswar Marpaung menambahkan, persiapan area penunjang sudah hampir, seperti area parkir, panggung hiburan, dan tenda UMKM. Memastikan seluruh persiapan berjalan lancar demi kepuasan penonton di Sirkuit Mandalika. 

“Persiapan non race, termasuk untuk side event sudah hampir rampung. Jadi kami pastikan semuanya selesai saat para penonton mulai datang ke Sirkuit Mandalika sehingga mendapat pengalaman terbaik dalam ajang Indonesian GP 2023,” kata Daswar.

3. Pembalap menyapa masyarakat di Kota Mataram

Daftar Sponsor MotoGP Mandalika dari BUMN hingga SwastaParade pembalap di Kota Mataram, Rabu (11/10/2023). (IDN Times/Muhammad Naair)

Pada Rabu (11/10/2023), para pembalap Moto2 dan Moto3 menyapa masyarakat di Kota Mataram. Pembalap melakukan parade mulai dari Polda NTB sampai Kantor Gubernur NTB.

Adapun pembalap yang ikut parade antara lain Filip Salac dan Jeremy Alcoba dari QJMOTOR Gresini Moto2, Ai Ogura dan Somkiat Chantra dari IDEMITSU Honda Team Asia, Stefano Nepa dari Angeluss MTA Team, Daniel Holgado dari Red Bull KTM Tech3, Jaume Masia dari Leopard Racing, Jose Antonio Rueda dari Red Bull KTM Ajo, Collin Veijer dari Liqui Moly Husqvarna Intact GP, serta tak ketinggalan pembalap tuan rumah Mario Suryo Aji dari Honda Team Asia.

“Indonesian Grand Prix 2023 adalah momen bersejarah bagi Indonesia dan dunia balap motor. Kami sangat senang melihat antusiasme dari para penggemar yang telah menanti perhelatan ini, sekaligus menjadi momen apresiasi juga untuk masyarakat setempat yang sudah mendukung ajang Moto GP Mandalika sejak pertama digelar tahun lalu. Kita lihat para riders juga begitu senang dengan semangat yang diberikan masyarakat,” kata Priandhi.

Baca Juga: Cuaca Panas di Mandalika, Ini Permintaan Dorna dan FIM ke MGPA!

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya