Cuaca Normal, Penyeberangan di Pelabuhan Lembar Kembali Dibuka

ASDP Lembar tetap pantau perubahan kondisi cuaca

Lombok Barat, IDN Times - Penyeberangan lintas Lembar - Padangbai dan Lembar - Jangkar kembali dibuka, Kamis (14/3/2024). Layaran penyeberangan kapal penyeberangan di Pelabuhan Lembar Lombok Barat sempat ditutup sementara akibat cuaca buruk pada Rabu (13/3/2024).

General Manager Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Lembar Agus Djoko Triyanto menjelaskan layanan penyeberangan di Pelabuhan Lembar kembali dibuka pada Kamis (14/3/2024) pukul 07.55 WITA.

"Kita sekarang mengacu pada jadwal reguler. Hampir sudah normal, mengingat kondisi cuaca sudah kondusif," kata Djoko dikonfirmasi Kamis (14/3/2024).

1. Kondisi cuaca aman untuk pelayaran

Cuaca Normal, Penyeberangan di Pelabuhan Lembar Kembali DibukaGeneral Manager ASDP Cabang Lembar Agus Djoko Triyanto. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Djoko menyebutkan kecepatan angin di Selat Lombok saat ini berkisar antara 8 - 15 Knot dengan tinggi gelombang satu meter. Sehingga cukup aman untuk aktivitas pelayaran.

Meski kondisi cuaca sudah kondusif, tetapi pihaknya tetap mewaspadai adanya perubahan cuaca yang secara tiba-tiba dengan berkoordinasi dengan BMKG dan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) NTB.

"Kalau cuaca tidak kondusif, kita akan ikuti arahan dari BPTD untuk tidak berlayar," terangnya.

Baca Juga: Peringatan BMKG: Waspada Angin Kencang Melanda NTB 5 Hari Kedepan

2. Puluhan kapal tertunda keberangkatan akibat cuaca buruk

Cuaca Normal, Penyeberangan di Pelabuhan Lembar Kembali DibukaKapal menunggu jadwal sandar di Pelabuhan Lembar Lombok Barat. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ketua DPC Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) Lembar Firman Dandy mengatakan sebanyak 24 kapal yang tertunda keberangkatannya akibat cuaca buruk pada Rabu (13/3/2024).

Layanan penyeberangan yang ditutup sementara karena cuaca buruk pada Rabu (13/3/2024) adalah rute Lembar - Padangbai dan Lembar - Jangkar.

"Sekarang pelayaran sudah dibuka kembali. Namun tetap waspada, kondisi normal pun kita waspada. Apalagi dalam kondisi cuaca seperti ini tetap waspada," kata Firman.

Firman mengatakan operator pelayaran tetap memantau informasi kondisi cuaca dari BMKG, BPTD dan KSOP Lembar. "Jika kondisi cuaca berubah lagi, kita tunggu amannya bagaimana," tandas Firman.

3. Tinggi gelombang di perairan NTB

Cuaca Normal, Penyeberangan di Pelabuhan Lembar Kembali Dibukailustrasi ombak (IDN Times/Mardya)

BMKG Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid (ZAM) Lombok menyebutkan tinggi gelombang mencapai 4 - 6 meter di Samudra Hindia Selatan NTB. Kemudian, tinggi gelombang mencapai 2,5 - 4 meter di perairan Selat Lombok bagian selatan.

Selanjutnya, tinggi gelombang air laut mencapai 1,25 - 2,5 meter di perairan Selat Lombok bagian Utara, Selat Alas bagian utara dan selatan, perairan Utara Sumbawa serta Selat Sape bagian utara dan selatan.

Saat ini terdapat bibit siklon tropis 91S dan 94S di selatan Pulau Jawa. Akibat adanya bibit siklon tropis tersebut wilayah NTB terkena dampak tidak langsung yaitu angin kencang, meningkatnya tinggi gelombang di perairan NTB.

Serta potensi terjadinya hujan sedang hingga lebat disertai kilat dan petir. Kondisi ini diperkirakan mulai 13 - 17 Maret 2024.

Baca Juga: PON NTB-NTT 2028 Diperkirakan Menelan Anggaran Rp12,7 Triliun 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya